Universitas Sanata Dharma

Fakultas Psikologi

Loading
HomeProfileBeritaAgendaFasilitasAkademikInfo AkademikDownloadPuskalokaKontak

BERITA KEGIATAN

Dosen & Karyawan Fak. Psikologi Belajar Membatik
F.PSI | 17 October 2017
Dosen & Karyawan Fak. Psikologi Belajar Membatik :: Fakultas Psikologi USD Yogyakarta

Kegiatan membatik Dosen dan Karyawan Fak Psikologi dilaksanakan pada Jumat 13 Oktober 2017 di Batik Seno Jl. Mantrijeron 3/801, Yogyakakarta. Dosen dan Karyawan Administrasi Fak. Psikologi berangkat dari Kampus Paingan pukul 08.00 WIB dan tiba di Batik Seno sekitar pukul 09.00 WIB. Peserta berjumlah 13 orang , disambut Ibu Melinda dari Batik Seno yang merupakan Alumni F. Psikologi Angkatan 2003. Setelah sambutan, peserta diajak melihat hasil karya, ruang kerja serta dikenalkan dengan para pendamping.

Kegiatan membatik dimulai dengan membuat pola pada selembar kain putih yang sudah dibingkai dengan ukuran sekitar 1x1 meter. Beberapa ide kreatif dari para peserta mulai bermunculan, seperti  gambar ikan, gambar anak , gambar keluarga, gambar bunga, gambar semar, dan ide lainnya. Pola digambar dengan menggunakan pensil, seperti ketika menggambar pada umumnya. Mengingat media yang digunakan adalah kain para peserta pun merasa cukup kesulitan. Pola yang telah digambar dilapisi dengan malam / lilin. Setelah melapisi pola dengan malam/lilin, kemudian kain dimasukkan ke dalam larutan pewarna pertama. Beberapa pilihan warna disediakan, seperti merah, biru, hijau , kuning , coklat dan warna lainnya.

Hasilnya adalah pola yang dilapisi malam atau lilin tidak akan terwarnai sedangkan latar pola yang tidak dilapisi malam lilin akan menjadi berwarna. Setelah dikeringkan, pemeberian malam / lilin yang kedua kali dan pemberian cat warna pun dilakukan untuk menghasilkan motif baru. Setelah proses pemberian lilin/ malam, kemudian kain dimasukkan lagi ke dalam larutan pewarna. Untuk menghasilkan karya yang lebih kompleks harus melalui beberpa kali tahap pemberian cat, pelapisan  dengan malam/ lilin, perendaman dalam larutan warna, serta pengeringan. Ditengah-tengah proses membatik Bapak Priyo hadir untuk menemani Dosen dan Karyawan dalam kegiatan membatik.

Sekitar pukul 12.30 WIB, semua peserta istirahat makan siang di lokasi yang berbeda sampai dengan pukul 14.00 WIB. Proses akhir membatik yaitu perendaman dengan air panas, pengeringan serta penghalusan dilakukan oleh karyawan Batik Seno. Setelah kembali ke Batik Seno karyawan membagikan hasil membatik kepada semua peserta. Sebelum pulang beberapa peserta pun berbelanja beberapa produk batik seno seperti kipas, pakaian, dan lainnya.

Melalui kegiatan ini, para peserta belajar banyak mengenai kesabaran dan ketelitian dalam bekerja. Melalui kesabaran dan ketelitian maka para peserta mampu menghasilkan batik dengan kualitas yang baik. Para peserta kembali ke Kampus Paingan pukul 15.30 WIB dengan perasaan gembira.

---Muji  Lab. Psi.---

Dosen
Lowongan Kerja
Kemahasiswaan
Info Alumni
Beasiswa
Gallery
hal. 1  ...  2  3  4  5  6  ... 17
 
© 2020 - Fakultas Psikologi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami  |  4 user(s) online