Universitas Sanata Dharma

Fakultas Psikologi

Loading
HomeProfileBeritaAgendaFasilitasAkademikInfo AkademikDownloadPuskalokaKontak

BERITA KEGIATAN

Pembukaan Dies Fakultas Psikologi XXVI: Bersama, Berkarya, dan Bertumbuh
F.PSI | 09 June 2022
Pembukaan Dies Fakultas Psikologi XXVI: Bersama, Berkarya, dan Bertumbuh :: Fakultas Psikologi USD Yogyakarta

    Acara dimulai dengan Misa Syukur yang dipimpin oleh Romo Ernest sebagai ungkapan rasa syukur berkaryanya Fakultas Psikologi selama 2 dekade terakhir. Misa juga diiringi lagu-lagu yang indah dengan suara yang merdu dari anggota paduan suara Fakultas Psikologi yakni “Angel Voice”. Misa Syukur berjalan dengan khusuk hingga selesai. Renungan yang dibawakan oleh Romo Ernest kepada seluruh umat yang hadir menekankan tentang “distraksi” yang mana kita harus dapat mengabaikan semua hal yang tidak penting dan mengganggu fokus utama kita. Selain itu, umat juga diajak untuk lebih bertanggung jawab dengan tugas yang harus dikerjakan atau dilakukan. 

     Setelah Misa Syukur selesai, acara dilanjutkan dengan Sambutan dari Pak Cahyo selaku Dekan Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Dalam sambutan tersebut, Pak Cahyo mengajak seluruh keluarga Fakultas Psikologi untuk menjadi bagian dan mengambil peran dalam perayaan Dies Natalis hingga puncak acara Dies Natalis. Selain itu Pak Cahyo juga menegaskan beberapa hal yang Ia kutip dari renungan Misa bahwa seluruh keluarga Fakultas Psikologi harus dapat menjadi saksi yang berani untuk mewartakan kebenaran bagi sesamanya. Selanjutnya, Pak Cahyo juga mengajak seluruh keluarga Fakultas Psikologi untuk menjadi keluarga yang saling memberi. Sebagai simbolis untuk membuka seluruh rangkaian acara yang akan dilaksanakan dalam rangka Dies Natalis Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Beliau membunyikan gong sebanyak tiga kali. Maka acara Dies Natalis Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma sudah resmi dibuka. 

     Acara berikutnya adalah memberikan bentuk apresiasi atau Purnakarya kepada salah satu Dosen Fakultas Psikologi yakni Dr. Tarsisius Priyo Widiyanto M.Si. yang sudah melayani dan berkarya selama 39 tahun di Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Acara ini pun dibuka dengan pemutaran video yang berisi perjalanan singkat selama Pak Priyo berkarya dan berdinamika dalam Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Setelah selesai pemutaran video, MC yang memimpin acara kemudian mengundang Pak Cahyo untuk memberikan satu dua kata sebagai pesan maupun kesan kepada Pak Priyo. Selanjutnya, Priyo bersama dengan istrinya diundang untuk menerima suatu ungkapan terima kasih atas jasa, usaha dan pengabdian Pak Priyo selama di Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta dalam bentuk sebuah gambar karikatur yang sudah dibingkai dengan rapi. Penyerahan gambar karikatur kepada Pak Priyo dilakukan oleh Pak Cahyo selaku Dekan Fakultas Psikologi. Selanjutnya, Pak Priyo pun diberikan kesempatan untuk menyampaikan pesan maupun kesan. Dalam kesempatan tersebut, Pak Priyo menyampaikan bahwa Pak Priyo akan memasuki masa Purnakaryanya dengan rasa bahagia. Analoginya seperti “hutan yang baru dan tentu akan ada bunga-bunga anggrek yang sangat indah di dalamnya”. Tidak hanya itu, Pak Priyo juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada rekan sejawatnya yang selama ini sudah selalu bersama-sama. Kepada seluruh Mahasiswa maupun Alumni, Pak Priyo pun turut mengucapkan terima kasih karena telah banyak mendapat pelajaran dan pengalaman baru yang membuat Beliau bisa merasakan gaya kehidupan anak muda pada saat ini. Setelah Pak Priyo memberikan sepatah dua kata, MC kemudian mengarahkan seluruh Dosen Fakultas Psikologi yang hadir untuk foto bersama-sama dengan Pak Priyo.

     Acara berikutnya yaitu sosialisasi mengenai Rangkaian Dies Natalis yang disampaikan oleh Bu Sita. Sosialisasi diawali dengan penyampaian latar belakang dari tema yang diusung dengan menekankan kebersamaan seluruh keluarga Fakultas Psikologi dalam berkarya dan saling bertumbuh. Bu Sita menyampaikan bahwa acara Dies Natalis ini dimulai pada hari ini (sabtu, 4 Juni 2022) dan akan berakhir di bulan Oktober. Seluruh rangkaian acara telah disusun oleh para panitia yang terdiri dari 7 rangkaian, antara lain Misa Pembukaan Dies Natalis, Alumni Tilik Kampus, Psikoedukasi untuk Sekitar, Mengabadikan yang Terabaikan, Workshop Menulis Skripsi, Jauh di Mata Dekat di Hati dan terakhir Puncak Acara Dies Natalis ke 26 tahun. 

     Setelah sosialisasi mengenai rangkaian acara Dies Natalis selesai, MC mengundang seluruh tamu yang hadir dalam acara Pembukaan Dies Natalis untuk foto bersama. Selanjutnya, seluruh tamu yang hadir di acara Pembukaan Dies Natalis diarahkan untuk menyantap jamuan makan siang yang telah disediakan oleh para panitia Dies Natalis. 

 

Dosen
Lowongan Kerja
Kemahasiswaan
Info Alumni
Beasiswa
Gallery
hal. 1  2  3  4  5  ...  17
 
© 2022 - Fakultas Psikologi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami  |  2 user(s) online