Universitas Sanata Dharma

Fakultas Psikologi

Loading
HomeProfileBeritaAgendaFasilitasAkademikInfo AkademikDownloadPuskalokaKontak

BERITA KEGIATAN

Menjadi Manusia Merdeka yang Berkarya untuk Indonesia
F.PSI | 22 June 2020
 Menjadi Manusia Merdeka yang Berkarya untuk Indonesia :: Fakultas Psikologi USD Yogyakarta

Pada hari Jumat (13/5), Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma telah melangsungkan acara syukuan wisuda angkatan XL. Acara ini dilaksanakan di Lantai Ground Gedung Pusat Kampus III Paingan, Universitas Sanata Dharma mulai pukul 14.00 hingga 17.00 WIB. Syukuran wisuda ini dihadiri oleh 46 wisudawan/ wisudawati beserta anggota keluarganya, dosen dan mahasiswa Fakultas Psikologi, serta karyawan Universitas Sanata Dharma. Syukuran wisuda periode ini mengusung tema Menjadi Manusia Merdeka yang Berkarya untuk Indonesia

Acara dimulai dengan masuknya rombongan wisudawan/ wisudawati diiringi tarian dari unit kegiatan fakultas Androgini serta Paduan Suara Fakultas Angel Voice. Setelah wisudawan/ wisudawati memasuki tempat syukuran, kegiatan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Sanata Dharma. Acara dilanjutkan dengan sambutan Dekan Fakultas Psikologi oleh Dr. Y. Titik Kristiyani, M. Psi. Dalam sambutan ini, sempat disinggung tentang situasi lingkungan yang sedang tidak stabil akibat virus corona. Dekan mengajak seluruh tamu undangan untuk menyikapi kondisi ini dengan rendah hati dan saling menjaga kesehatan satu dengan yang lain melalui melakukan kontak fisik seminimal mungkin. Ucapan selamat serta doa restu juga disampaikan oleh Ibu Titik kepada seluruh wisudawan/ wisudawati yang telah menyelesaikan studi dan akan melanjutkan perjalanan kehidupan.

Dr. Y. Titik Kristiyani, M. Psi. juga menyampaikan tentang slogan “Kampus Merdeka” yang sering digaungkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, bahwa kemerdekaan di dunia nyata dilakukan untuk mengembangkan kompetensi di berbagai area sesuai dengan minat masing-masing. Hal ini menjadi tantangan tersendiri di tengah kemajuan teknologi dan internel, harapannya lulusan Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma untuk dapat benar-benar memiliki kemerdekaan untuk menentukan bidang mana yang ingin digeluti. Sambutan dari dekan diakhiri dengan ucapan terima kasih kepada orang tua yang bersedia memberikan dukungan dalam perjalanan pendidikan ini.

Acara syukuran dilanjutkan dengan pemberian tanda apresiasi sebagai tanda kelulusan kepada wisudawan/ wisudawati oleh masing-masing dosen pembimbing skripsi. Setelah itu, wisudawan/ wisudawati dapat memberikan tanda apresiasi kepada orang tua. Momen ini menjadi cukup mengharukan saat wisudawan/ wisudawati menghampiri keluarga dan mengucapkan beberapa hal yang ingin mereka sampaikan.

Sambutan dari wakil wisudawan/ wisudawati disampaikan oleh lulusan terbaik pada wisuda periode ini, yaitu Bernadeta Restu Widhi Rosari. Dalam sambutannya, Restu mengajak wisudawan/ wisudawati untuk menghargai diri sendiri atas segala proses dan usaha yang telah dilakukan selama ini. Melalui menghargai diri sendiri, manusia bisa mengerti apa yang sebenarnya ia inginkan, itulah hakikat yang sebenarnya dari kemerdekaan. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari wakil orang tua wisudawan/ wisudawati oleh Ibunda dari Ni Made Natasha Julia Pratiwi. Pada sambutan ini disampaikan rasa bangga dan bersyukur dari orang tua terhadap pencapaian wisudawan/ wisudawati hingga saat ini. Selain itu, wakil orang tua juga berpesan bahwa gelar tersebut merupakan salah satu bekal untuk terjun dalam kehidupan bermasyarakat yang lebih luas dan kompleks, tetapi yang lebih penting dari pada itu adalah pembelajaran yang telah diterima semasa kuliah sebagai salah satu dimensi untuk mengembangkan sumber daya manusia (SDM). Sambutan ini diakhiri dengan persembahan dua buah pantun.

Syukuran wisuda angkatan XL ini diakhiri dengan doa serta persembahan beberapa buah lagu dari UKF Seni Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma. Selanjutnya tamu undangan beranjak menuju Hall Selatan Kampus III, Universitas Sanata Dharma untuk menikmati makan siang. Selamat atas pencapainnya wisudawan/ wisudawati angkatan XLdan selamat melanjutkan perjalanan!

 

Puspa Pertiwi (Student Staf Laboratorium Psikologi)

Dosen
Lowongan Kerja
Kemahasiswaan
Info Alumni
Beasiswa
Gallery
hal. 1  2  3  4  5  ...  17
 
© 2020 - Fakultas Psikologi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami  |  2 user(s) online