Universitas Sanata Dharma

Fakultas Psikologi

Loading
HomeProfileBeritaAgendaFasilitasAkademikInfo AkademikDownloadKontak

BERITA KEGIATAN

Kuliah Umum: Penelitian S1 Psikologi bersama Prof. Dr. Faturochman, M.A.
F.PSI | 03 October 2018
Kuliah Umum: Penelitian S1 Psikologi bersama Prof. Dr. Faturochman, M.A. :: Fakultas Psikologi USD Yogyakarta

Di Hari Kesaktian Pancasila yaitu Senin, 1 Oktober 2018, Fakultas Psikologi mengadakan kuliah umum  bertempat di Drost Kampus III Universitas Sanata Dharma. Kuliah Umum dengan Prof. Dr. Faturochman, M.A. dihadiri oleh sekitar 200 mahasiswa Fakultas Psikologi dari angkatan 2014, 2015, dan 2016. Pertemuan ini berbicara tentang penelitian S1 Psikologi. Perkuliahan berlangsung secara kondusif dan diiringi dengan berbagai proses tanya jawab dari para peserta.

Pak Agung Santoso, M. A sebagai moderator kuliah umum ini, mengawali sesi pembukaan dengan pertanyaan pengantar terkait pandangan mahasiswa mengenai skripsi dan bicara tentang berbagai kesulitannya. Beliau memandu peserta perkuliahan mulai fokus dan memikirkan tentang skripsi. Beberapa di antaranya mengungkapkan bahwa skripsi dianggap sebagai beban, sedangkan yang lain melihat sisi menyenangkan dari skripsi. Akan tetapi, secara umum mahasiswa  merasa kesulitan mencari dan memahami jurnal, menemukan relevansi dan urgensi dari topik yang dipilih, dll.

Pada pertemuan ini, Pak Fatur lebih banyak bicara mengenai cara membuat sebuah penelitian dengan baik dan cepat. Pertama-tama, Pak Fatur meyakinkan peserta perkuliahan bahwa menulis sebuah skripsi itu tidak sangat sulit. Beliau berbicara bahwa hanya terdapat dua hal penting yang harus dimiliki sebuah penelitian yang baik. Dua hal tersebut ialah relevan dan dapat berkontribusi secara ilmiah. Relevan berarti topik yang dimiliki bersifat aktual dan menjawab permasalahan yang up-to-date, sedangkan berkontribusi secara ilmiah berarti hasil penelitian tersebut sekurang-kurangnya dapat menyumbangkan pemikiran baru pada Dosen dan rekan-rekan mahasiswa di Fakultas Psikologi Sanata Dharma.

Di awal penelitian, seorang peneliti harus memiliki sebuah ide penelitian. Lalu, peneliti akan membangun kepedulian terhadap ide tersebut dan menentukan konsep dalam ilmu psikologi, serta area penelitian yang akan semakin mempertajam fokus dari penelitian.

Selanjutnya, peneliti perlu memulai untuk mengkonseptualisasikan permasalahan yang akan diangkat dalam penelitian. Apakah akan berbentuk deskripsi, komparasi, atau relasi dari dua atau lebih variabel. Konsep permasalahan ini berfungsi untuk memberikan informasi pentingnya topik yang akan diteliti, menentukan konteks penelitian, dan menjadi kerangka kerja dari penelitian. Terdapat tiga syarat yang perlu dipenuhi permasalahan penelitian yang baik adalah penting, didukung dari berbagai perspektif, dan dapat diteliti. Hindari melihat sebuah masalah dari sudut pandang moral sebab hal ini akan mempersulit peneliti membangun ketertarikan. Pengembangan penelitian dapat berbentuk survei (konvensional), eksperimen (intervensi), dan eksplorasi (deskripsi dan konstruksi). Penelitian eksploratif dapat berbentuk formatif maupun rekonstruktif.

Sebelum mengakhiri perkuliahan, Pak Fatur mengangkat sebuah skripsi untuk dibicarakan bersama para peserta. Judul dari skripsi ini adalah Trust Violation in Friendship oleh Dede Fitria Anastasia. Tulisan Dede bercerita mengenai pengalaman sehari-hari dalam berteman. Ia menyatakan bahwa 76.5% teman yang mempercayai temannya pernah merasakan dikhianati, baik dalam bentuk membuka rahasia, mengingkari janji, berbohong, menyerang dengan kata-kata, dan merebut hak temannya. Beberapa reaksi yang timbul dari pengkhianatan ini adalah kecewa, sedih, kesal, marah, dan benci. Setelah dikhianati, sebanyak 42% di antaranya memaafkan dan memperbaiki hubungan, 24% membiarkan dan tetap menjalin hubungan baik, dan 33% memburuk. Dengan memaparkan skripsi ini, Pak Fatur ingin menunjukkan sekali lagi bahwa menulis skripsi itu tidak sangat sulit. Menulis skripsi hanya perlu berawal dari sebuah kepedulian dan dikembangkan dalam penelitian.

---flora & gabby student staff  lab. psi---

Dosen
Lowongan Kerja
Kemahasiswaan
Info Alumni
Beasiswa
Gallery
hal. 1  2  3  4  5  ...  16
 
© 2019 - Fakultas Psikologi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami  |  2 user(s) online