Universitas Sanata Dharma

Fakultas Psikologi

Loading
HomeProfileBeritaAgendaFasilitasAkademikInfo AkademikDownloadKontak

BERITA KEGIATAN

PUNCAK DIES FAKULTAS PSIKOLOGI KE 22
F.PSI | 02 October 2018
PUNCAK DIES FAKULTAS PSIKOLOGI KE 22 :: Fakultas Psikologi USD Yogyakarta

Pada 20 September 2018, Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma (USD) melangsungkan acara puncak Dies Natalis ke-22. Dalam usianya yang ke-22 ini, Fakultas Psikologi memilih tema “Guyub Nglakoni Psikologi: Selaraskan Hati dan Gerak Memajukan Masyarakat”. Tema tersebut dipilih dengan harapan agar tercipta komunitas Psikologi yang menyatu, mampu saling berkerjasama, serta dapat menikmati suasana kedekatan antarwarganya.

Proses menuju puncak acara ini juga telah melewati rangkaian acara Senam Sehat, Seminar Perkembangan, Penulisan Buku, dan Lomba Infografik.  Acara Senam Sehat dilangsungkan pada tanggal 1 September 2018 pukul 07:00 WIB dan diperuntukkan bagi segenap anggota Fakultas Psikologi, baik dosen, karyawan, mahasiswa maupun alumni. Acara tersebut dihadiri kurang lebih sebanyak 350 orang. Setelah para peserta senam bersama, acara kemudian dilanjutkan dengan pembagian doorprize bagi peserta. Pada hari yang sama, acara seminar perkembangan dilangsungkan pukul 10:00 di SMPN 3 Depok dengan peserta sebanyak 94 orangtua/wali murid di beberapa sekolah sekitar Kampus III USD. Seminar perkembangan ini diisi oleh Agustin Widowati, M.Psi dan Diana Permatasari, M.Sc. serta dimoderatori oleh Ratri Sunar Astuti, M.Si. Selanjutnya, penulisan buku diperuntukkan bagi segenap dosen, alumni, dan mahasiswa Fakultas Psikologi USD. Sementara itu, Lomba Infografik diperuntukkan bagi segenap warga USD, baik dosen, karyawan maupun mahasiswa.

Seluruh kegiatan acara puncak ini dilangsungkan di ruang Drost Kampus III Universitas Sanata Dharma. Kenan dan Mega memandu selama jalannya acara. Acara dimulai dengan misa syukur yang dipimpin oleh  Romo Paulus Bambang Irawan, S.J., S.S., M.Hum., S.T.D. yang kini menjabat sebagai Wakil Rektor II USD. Setelah misa berakhir, pemandu acara kemudian mengajak segenap hadirin untuk bersama-sama menyanyikan lagu “Indonesia Raya”.

Acara dilanjutkan dengan sambutan Edward Theodorus, M. App., yang akrab disapa Pak Edo, selaku ketua panitia. Mengawali sambutannya,  Pak Edo berkisah tentang keguyuban yang terjadi dalam novel Lord of the Flies (1954) yang ditulis oleh William Goulding, seorang penulis kenamaan asal Inggris. Novel tersebut bercerita mengenai sekelompok anak laki-laki yang terdampar di suatu pulau tak berpenghuni. Demi menyelamatkan diri, sekelompok anak laki-laki tersebut kemudian saling berhadapan dengan ego masing-masing dan − tentu saja – dengan kawan-kawannya. Dalam perselisihan yang terjadi, muncullah super-ordinate goals yang kemudian mampu menjawab pesoalan bersama. Dengan demikian, momen keguyuban terjadi.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan Rekor USD, Johanes Eka Priyatma, M.Sc., Ph.D. Dalam sambutannya, Rektor USD menyampakan proficiat dan turut bangga kepada Fakultas Psikologi. Pak Eka menyampaikan bahwa, di tingkat universitas, Fakultas Psikologi menjadi fakultas yang paling diminati nomor dua bagi calon mahasiswa Uiversitas Sanata Dharma. Pak Eka juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh dosen yang banyak melakukan penelitian dan pengabdian untuk masyarakat sehingga membuat reputasi baik bagi universitas. Beliau juga mengusulkan Fakultas Psikologi untuk melakukan penelitian berdasarkan perkembangan teknologi transportasi dan teknologi informasi. Dalam perkembangan tersebut, Pak Eka menyampaikan betapa pentingnya mentalitas dan relasi antarmanusia terhadap kerja, produksi, dan karya. Psikologi idealnya memenuhi kebutuhan mentalitas manusia yakni bagaimana mempunyai, membangun, dan memanfaatkan relasi yang baik. Relasi ini, sebagaimana juga dalam persoalan hoaks, kemudian berpengaruh besar dalam produktivitas dan kualitas umat manusia. Di akhir sambutannya, beliau mengajak segenap anggota fakultas untuk membuat rencana strategis yang berangkat dari realitas yang ada dan bisa memberikan suatu dampak positif kepada fakultas, universitas, dan juga masyarakat sekitar.

Acara dilajutkan dengan Laporan Dekan yang disampaikan oleh Dr. Titk Kristiyani, M.Psi. Ibu Titik menyampaikan bahwa sebetulnya Fakultas Psikologi lahir pada tanggal 4 Juni 1996, namun karena jadwal perkuliahan pada bulan tersebut, maka pelaksanaan rangkaian acara Dies Natalis baru bisa dilaksanakan mulai September. Bagi Bu Titik, usia 22 adalah rentang usia masa dewasa dan menuntut adanya pencapaian produktivitas dan kematangan psikologis. Dalam laporannya, beliau menyampaikan bahwa ada beberapa tambahan staf pengajar yang berhasil menyelesaikan studi doktoral dan kembali berkarya di fakultas, mereka adalah Dr. M.L. Anatasari, Dr. Minto Istono, M.Si. dan Agung Santosa, Ph.D. Selain itu, ada dua staf pengajar baru  yakni Albertus Harimurti, M.Hum. dan Alice Whita Savira, M.Psi. Beliau juga manyampaikan bahwa per Agustus 2018, staf Tata Usaha dipimpin oleh Kepala Tata Usaha (KTU) baru, yakni Robertus Marsidiq. Selain itu, dalam usia yang ke-22 ini, Fakultas Psikologi hendaknya juga berterimakasih kepada Prof. Dr. A. Supratiknya, Dr. T. Priyo Widiyanto, Drs. H. Wahyudi, P. Eddy Suhartanto serta MB. Rohaniwati yang telah mengawal dan memperkembangkan Fakultas Psikologi sejak awal berdiri. Dekan juga melaporkan serta mengapresiasi seluruh mahasiswa, terkhusus mereka yang memberi sumbangan penghargaan baik secara akdemis maupun non-akademis. Isi laporan perkembangan tersebut diharapkan akan semakin meningkatkan peran serta Fakultas dalam masyarakat sebagaimana juga tertuang dalam Rencana Strategis (Renstra) Fakultas tahun 2015-2019. Harapannya, Fakultas Psikologi juga bisa segera membuka program pascasarjana .

Setelah Laporan Dekan selesai, buku hasil rangkaian Dies Natalis ke-22 kemudian secara simbolik diserahkan kepada Rektor USD. Buku berjudul “Mencari Peran Psikologi dalam Indonesia Masa Kini” ini diharapkan dapat memantik kehidupan akademik di Fakultas Psikologi. Sebagai informasi, buku ini berisi 20 tulisan dengan jumlah penulis 22 orang. Dua puluh dua penulis ini sebarannya demikian; 4 penulis dari staf pengajar, 3 orang mahasiswa aktif, dan 15 orang lainnya adalah alumni Fakultas Psikologi USD.

Setelah laporan dan penyerahan buku, pemandu acara kemudian memanggil Dr. Minto Istono, M.Si. untuk berpidato. Dalam pidato yang berjudul “Peran Hubungan Atasan Bawahan dan Voice Behavior terhadapInterpretasi Isu”, Pak Minto menyampaikan bahwa para pemimpin tidak dapat mengambil keputusan tanpa melalui proses penginterpretasian isu.  Beliau mencontohkan mengenai bagaimana tanggapan atau respon perguruan tinggi di Indonesia terkait Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Dengan menginterpretasi isu, maka beberapa perguruan tinggi akan mengambil langkah berupa membuat kelas-kelas internasional untuk mempersiapkan kompetisi sehat dalam MEA. Bagi universitas yang telah memperhatikan hal tersebut, maka interpretasi isu menghasilkan anggapan bahwa  MEA merupakan hal yang urgent dan penting.

Pak Minto melakukan penelitian dengan subjek pemerintah daerah  dengan pertimbangan bahwa mereka memiliki kompleksitas dalam pengambilan keputusan, mereka memiliki atasan sekaligus bawahan. Pak Minto juga menyampaikan bahwa dengan adanya anggota organisasi yang mau melakukan ‘voice behavior’ maka informasi tersedia. Dengan tersedianya informasi, maka interpretasi isu bisa dilakukan dengan lebih matang. Oleh karena itu, fokus penelitian Pak Minto diarahkan pada perilaku untuk menyuarakan informasi dan ide serta bagaimana kemudian isu ditanggapi untuk mendapatkan suatu keputusan tindakan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan tarian yang disajikan oleh Unit Kegiatan Fakultas (UKF) Tari  Androgini. UKF ini menggarap tarian modern yang dibawakan oleh 6 orang mahasiswa Fakultas Psikologi. Setelah tarian berlangsung, pemotongan tumpeng syukur dilakukan oleh Dekan untuk diberikan kepada Rektor USD, Dr. T. Priyo Widiyanto, M.Si.,. Drs. H. Wahyudi, MB. Rohaniwati, serta perwakilan mahasiswa Maria Rosiana Sedjahtera. Selaku perwakilan fakultas, Dekan kemudian memberikan penghargaan atas kesetiaan berkarya kepada Dr. T. Priyo Widiyanto, M.Si., Drs. H. Wahyudi, Dr. Tjipto Susana, M.Si. dan MB. Rohaniwati. Sementara itu, Wakil Dekan, Ratri Sunar Astuti, M.Si, memberikan penghargaan bagi mahasiswa yang ikut dalam berbagai lomba atau kegiatan yang mengharumkan nama fakultas.

Selaku panitia Dies Natalis ke-22, A. Harimurti kemudian menyampaikan hasil Lomba Infografik. Juri dalam lomba ini adalah Bayu Wardhana (jurnalis) dan Olsy V. Arnof (seniman visual). Jumlah infografik yang terkumpul adalah 27 buah dengan sebaran peserta adalah dari Psikologi sebanyak 35 orang, Ilmu Religi & Budaya 3 orang, Pendidikan Biologi 3 orang, Manajemen 1 orang, dan PGSD 1 orang. Dari jumlah 43 orang tersebut, kesemuanya adalah mahasiswa. Pemenang pertama adalah Dewa Ayu Venny Ardhana (Psikologi) dengan judul “Bukan (Sekadar) Permainan Sabung Ayam”. Juara kedua diraih oleh Inosensia Swasti Adi Lumintasari (Psikologi), Kresentia Resty H.P. (Psikologi), dan Ailsa Metta Prajna Putri (Pendidikan Biologi) dengan judul infografik “Pikiran (Tidak) Dibuat di Otak”. Juara ketiga berhadil diraih oleh Bayu Widiantoro Pamungkas (Psikologi), Albertus Ivan Hasudungan (Psikologi), K. Catur Indra Priojeta (Psikologi), Renata Winning Sekarsari (Psikologi), dan Ni Putu Trisca Wisuda Putri (Psikologi) dengan judul infografik “Ada Apa Di Balik Ibu Rumah Tangga?”. Sementara itu, peraih juara favorit adalah Krisnanda Windhartoko (Psikologi) dengan judul “Kelindan Gerakan Sosial dan Identitas Sosial: Menelaah Bali Tolak Reklamasi”.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penampilan para dosen lewat vocal group. Para dosen membuka nyanyian dengan lagu berjudul “If We Hold On Together” yang dipopulerkan oleh Diana Ross. Dalam lagu kedua, para dosen menyayikan lagu berjudul “Jangkrik Genggong” yang dipopulerkan oleh penyayi tembang Jawa; Waljinah. Penampilan dari para dosen ini sontak membuat suasana semakin riuh. Penampilan inilah yang kemudain sekaligus menutup acara dan dilanjutkan dengan ramah-tamah.

----- Vino, Kornelia , Sawung , Albert Psi. USD-----            

Dosen
Lowongan Kerja
Kemahasiswaan
Info Alumni
Beasiswa
Gallery
hal. 1  2  3  4  5  ...  16
 
© 2019 - Fakultas Psikologi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami  |  1 user(s) online