Universitas Sanata Dharma

Fakultas Psikologi

Loading
HomeProfileBeritaAgendaFasilitasAkademikInfo AkademikDownloadKontak

BERITA KEGIATAN

PUNCAK DIES NATALIS FAKULTAS PSIKOLOGI XXIII
F.PSI | 02 October 2019
PUNCAK DIES NATALIS FAKULTAS PSIKOLOGI XXIII :: Fakultas Psikologi USD Yogyakarta

Puncak acara Dies Natalis Fakultas Psikologi XXIII dengan tema “Komunika Kultura” dilaksanakan pada hari Rabu, 25 September 2019, di Drost, Gedung Utama, Kampus III Universitas Sanata Dharma. Acara puncak Dies Natalis ini dimulai pada pukul 09.00 WIB hingga 14.00 WIB. Tidak lupa, acara ini tentu dimeriahkan dengan kehadiran para dosen, staf karyawan, dan mahasiswa fakultas Psikologi dari angkatan 2019 hingga 2015. Selain itu, hadir juga beberapa tamu undangan yang telah diundang untuk ikut serta memeriahkan acara Puncak Dies Natalis ini.

Serangkaian acara diselenggarakan dalam puncak Dies Natalis Fakultas Psikologi XXIII. Acara dimulai dengan misa ekaristi guna mengucap syukur atas segala berkat dan rahmat yang melimpah untuk fakultas psikologi. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars Sanata Dharma. Kemudian, dilanjutkan dengan sambutan yang dilakukan oleh Bapak Johanes Eka Priyatma, M.Sc., Ph.D, selaku Rektor Universitas Sanata Dharma, dan Bapak Albertus Harimurti, S.Psi., M. Hum., selaku ketua acara.

Acara juga dimeriahkan dengan pidato fakultas, peluncuran “Jurnal Suksma”, dan pidato ilmiah. Pidato fakultas dilakukan oleh Ibu Dr. Titik Kristiyani, M.Psi., selaku Dekan Fakultas Psikologi. Dalam pidatonya, beliau menyampaikan prestasi yang dicapai oleh Fakultas Psikologi dalam hal peminatan para calon mahasiswa yang meningkat setiap tahunnya. Selain itu, hadir dan kembalinya tiga dosen yang telah menyelesaikan studi dengan kualifikasi gelar doktor. Ibu Titik menyampaikan bahwa tahun ini semangat yang diangkat oleh Fakultas Psikologi adalah pemantapan perwujudan kekhasan komunikasi dan budaya, Oleh sebab itu, tema “Komunika Kultura” Dies Natalis tahun ini diterapkan. Hal ini berhubungan dengan tujuan Fakultas Psikologi yang salah satunya untuk menghasilkan para professional helper sehingga komunikasi yang berkualitas dan efektif perlu dikuasai oleh mahasiswa. Komunikasi berkualitas dan efektif perlu diimbangi dengan konteks budaya dimana kita berada, maka kepekaan akan perbedaan budaya perlu dihadapi dalam mewujudkannya. Inilah semangat yang akan dibawa oleh Fakultas Psikologi, komunikasi dan budaya muncul sebagai kekhasan fakultas dan mewujudkan perkembangan komunikasi kontemporer. Tak lupa juga, prestasi atas banyaknya penelitian yang telah dilakukan oleh para dosen Psikologi pada tahun ini, seminar ilmiah yang dilakukan setiap bulan, keikutsertaan dua dosen Fakultas Psikologi pada seminar Sanata Dharma Berbagi, dan pengadaan beberapa workshop penelitian oleh beberapa dosen Fakultas Psikologi.

Selanjutnya, ada peluncuran “Jurnal Suksma” yang dilakukan oleh Bapak Dr. Y. Babtista Cahya Widiyanto, M. Si. Secara singkat, peluncuran jurnal ini ditujukan sebagai wahana komunikasi, pengetahuan, dan membentuk komunitas plural yang sehat. Acara dilanjutkan dengan pidato ilmiah yang disampaikan oleh Ibu Dr. Tjipto Susana. Dalam pidato ilmiah ini, beliau membahas mengenai Somatisasi, dengan harapan mahasiswa cukup akrab dengan gejala ini. Somatisasi yang diangkat pada pidato ini dilihat dari sudut pandang sosiokultural. Secara singkat, pidato ilmiah ini menjelaskan mengenai apa itu somatisasi, bagaimana bentuk atau gejala yang muncul, apa penyebabnya, siapa yang bisa mengalami somatisasi, dan bagaimana peneymbuhan atau mengatasinya. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan potong tumpeng dalam rangka merayakan ulang tahun Fakultas Psikologi yang dilakukan oleh Ibu Dr. Titik Kristiyani, M.Psi, selaku Dekan Fakultas Psikologi.

 Perayaan Dies Natalis dimeriahkan pula dengan pemberian penghargaan pada beberapa mahasiswa berprestasi. Ada sekitar 50 mahasiswa Fakultas Psikologi yang berprestasi pada tahun 2018/2019, dalam bidang akademik, seni, olahraga, dan keikutsertaan dalam konferensi nasional maupun internasional. Tidak lupa, acara ini dimeriahkan pula oleh penampilan dari grup tari fakultas Psikologi, yaitu Androgini. Dan untuk penutup rangkaian acara Dies Natalis ini, bapak dan ibu dosen memberikan kejutan dengan penampilan luar biasa di akhir acara. Kemudian, acara dilanjutkan dengan santap bersama. Semoga dengan semakin bertambahnya usia Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma, semakin bertambah pula prestasi yang dicapai, dan tidak lupa, semoga setiap tujuan yang telah direncanakan di Fakultas Psikologi ini dapat tercapai. Dirgahayu Fakultas Psikologi ke 23!!!

------- Natasha P & Yoheksi ( Student Staff Lab. Psi ) ------------

Dosen
Lowongan Kerja
Kemahasiswaan
Info Alumni
Beasiswa
Gallery
hal. 1  2  3  4  5  ...  16
 
© 2019 - Fakultas Psikologi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami  |  6 user(s) online