PROFIL

Daftar Mata Kuliah

UNIVERSITAS SANATA DHARMA
Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi
Program Studi : Pendidikan Matematika


SEMESTER GASAL

Semester I

No. Nama Matakuliah SKS/JP Prasyarat Deskripsi
1 Pendidikan Agama 2/2 - Mata kuliah pendidikan agama mengkaji paham keselamatan dan perayaan iman menurut agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu dan Budha. Setiap agama diyakini merupakan jalan keselamatan bagi para pemeluknya. Keyakinan seseorang akan keselamatan dalam agamanya tidak jarang disertai sikap menafikkan keselamatan dalam agama lain. Dengan perkuliahan ini diharapkan mahasiswa terbuka terhadap paham keselamatan dalam agama lain dan mampu menghargainya. Paham keselamatan dalam berbagai agama ini lebih mendesak lagi dibahas dalam konteks Indonesia yang plural dalam berbagai hal termasuk dalam hal agama. Di Indonesia, meskipun jarang diakui secara terbuka perbedaan agama sering memunculkan konflik antar umat.
Pengalaman keselamatan yang merupakan inti dari setiap agama itu terus menerus dipupuk dan dikembangkan melalui perayaan keagamaan. Perayaan keagamaan setiap agama di Indonesia merupakan fenomen unik yang senantiasa terbuka akan partisipasi bagi pemeluk agama yang lain. Dengan kajian perayaan keagamaan dalam setiap agama itu diharapkan mahasiswa semakin menemukan makna akan  partisipasinya  dalam mengikuti perayaan keagamaan baik agamanya sendiri maupun agama lain, sehingga mampu menghargai perayaan keagamaan dalam agama-agama. 
2 Pendidikan Pancasila 2/2 - Matakuliah ini diarahkan untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa, khususnya kesadaran diri mereka sebagai bangsa Indonesia yang  perlu menghayati dan mewujudkan nilai-nilai luhur bangsa yang telah disepakati bersama sebagai dasar kehidupan bersama, berbangsa, bernegara, serta bermasyarakat. Melalui kajian dari perspektif historis, yuridis dan filosofis, mahasiswa didampingi untuk membuktikan bahwa Pancasila adalah ideologi terbaik bagi bangsa Indonesia.
3 Bahasa Indonesia 3/3 - Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam membangun sikap positif terhadapa bahasa Indonesia dan mengenal arti kebersamaan dalam keragaman suku bangsa yang ada di Indonesia. Mengeksplorasi teks dalam kehidupan akademik. Memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam menjelajah dunia pustaka. Memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam mendesain proposal penelitian dan proposal kegiatan. Memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk dapat melaporkan hasil penelitian dan hasil kegiatan juga mengaktualisasi diri dalam artikel ilmiah 
4 Pengantar Pendidikan 2/2 - Mata ini merupakan mata kuliah kependidikan tingkat fakultas bagi mahasiswa FKIP tahun awal, yang diharapkan dapat memberikan dasar pemahaman tentang pendidikan, semangat sebagai calon pendidik dan kepedulian terhadap masalah pendidikan.
5 Logika dan Teori Himpunan 4/4 - Mata Kuliah Logika dan Teori Himpunan merupakan mata kuliah yang sangat fundamental dalam matematika. Mata kuliah ini akan melatih cara berpikir untuk memahami objek kajian matematika yang bersifat abstrak. Mata kuliah ini sangat penting dalam komunikasi sosial baik di kalangan ilmuwan dan dalam kehidupan sosial. Selain itu, Logika dan Teori Himpunan digunakan sebagai ilmu dasar dalam mempelajari ilmu-ilmu lain.
6 Aljabar dan Trigonometri 4/4 - Mata Kuliah ini merupakan pendalaman materi SMA beserta pengembangannya. Mata Pelajaran ini sangat penting merupakan prasarat untuk kalkulus deferensial. Aljabar berisikan Relasi dan Fungsi, Persamaan Kuadrat, Pertidaksamaan Kuadrat, Fungsi Kuadrat dan grafik, Fungsi pecah, Persamaan dan pertidaksamaan Irasional, Eksponen dan logaritma, Barisan dan deret, Suku banyak dan dalil sisa. Trigonometri memuat : Fungsi Trigonometri, Ukuran sudut, Rumus Trigonometri dalam segitiga, Identitas, Grafik Fungsi Trigonometri, Persamaan dasar Trigonometri. Selain materi diatas dibicarakan juga kerikil-kerikil tajamnya  sehingga para Mahasiswa setelah besok menjadi Guru akan dapat membelajarkan dengan baik. Diharapkan menjadi Guru yang profesional.
7 Geometri Bidang 3/3 - Mata kuliah ini bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam memahami  konsep-konsep, fakta-fakta, prinsip-prinsip, dan keterampilan-keterampilan dalam geometri bidang, khususnya tentang bangun-bangun datar. Selain itu, mata kuliah ini juga membantu mahasiswa dalam memahami dan menggunakan penalaran yang digunakan dalam geometri bidang, misalnya penalaran yang digunakan dalam penyusunan urutan logis menyangkut konsep-konsep yang tidak didefinisikan dan konsep-konsep yang didefinisikan, bagaimana hubungan antara konsep yang satu dengan yang lain, dan juga penalaran yang digunakan dalam penyusunan prinsip-prinsip dalam geometri  bidang, khususnya pernyataan-pernyataan pangkal (aksioma-aksioma) dan teorema-teorema, serta hubungan antara prinsip yang satu dengan prinsip yang lain. Pembelajaran yang digunakan dalam perkuliahan ini  akan mengacu pada Pedagogi Ignasian, yang komponen-komponennya adalah konteks, pengalaman, refleksi, aksi, dan evaluasi. Di dalam Rancangan Pembelajaran dalam Semester (RPS) ini akan dikemukakan unsur-unsur pokok dalam penerapan Pedagogi Ignasian pada materi Geomettri Bidang.


Semester III

No. Nama Matakuliah SKS/JP Prasyarat Deskripsi
1 Manajemen Sekolah 4/4 - Mata  kuliah  Manajemen  Sekolah  merupakan  salah  satu  Mata  Kuliah  Keilmuan  dan Keterampilan (MKK). Mata kuliah ini bertujuan agar: mahasiswa sebagai  calon  guru memiliki pemahaman  tentang  Manajemen  Berbasis Sekolah (MBS) dan produk perundang-undangan lain yang berkaitan dengan pengelolaan rumah tangga sekolah di era otonomi sekolah; mahasiswa sebagai  calon  guru memiliki  pengalaman  tentang  bagaimana  pelaksanaan Standar Nasional Pendidikan diimplementasikan di sekolah-sekolah; dan mahasiswa sebagai calon guru mampu membandingkan antara konsep Standar Pelayanan Minimal (SPM) dengan kenyataan yang ada di sekolah-sekolah dan dapat merefleksikannya sebagai bekal ketika bekerja kelak.
2 Magang Manajemen Sekolah 1/2 - Mata kuliah ini memiliki tujuan sebagai berikut:
  • Mahasiswa—sebagaicalon guru—memiliki pengalaman tentang praktek Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan produk perundang-undangan lain yang berkaitan dengan pengelolaan rumah tangga sekolah di era otonomi sekolah.
  • Mahasiswa—sebagaicalon   guru—memilikipengalaman   tentang   bagaimana   pelaksanaan Standar Nasional Pendidikan diimplementasikan di sekolah-sekolah.
  • Mahasiswa—sebagaicalon guru—mampu membandingkan antara konsep Standar Pelayanan Minimal (SPM) dengan kenyataan yang ada di sekolah-sekolah dan dapat merefleksikannya sebagai bekal ketika bekerja kelak.
3 Media dan Teknologi dalam Pembelajaran Matematika 2/2 - Mata kuliah ini membekali mahasiswa agar menguasai berbagai inovasi metode dan media pembelajaran serta mampu memanfaatkan berbagai informasi yang ada melalui teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan matematika
4 Pembelajaran Matematika SMP 2/2 - Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan pembelajaran matematika yang diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran matematika di SMP. Bahan yang dipelajari dalam perkuliahan ini terdiri dari karakteristik pembelajaran matematika di SMP, materi-materi matematika di SMP, sekaligus menggunakan problem solving pada setiap materi SMP yang dibahas. Adapun materi matematika SMP yang dibahas meliputi: 1) Himpunan, 2) relasi dan fungsi, 3) Persamaan dan pertidaksamaan, 4) aritmatika sosial, 5) garis dan sudut, 6) segitiga dan segiempat, 7) perbandingan dan skala 8) Teorema Pythagoras, 9) lingkaran, 10) bangun ruang, 11) statistika dan peluang.
5 Teori Peluang 4/4 - Teori Peluang merupakan mata kuliah yang mempelajari mengenai dasar-dasar teori probabilitas seperti prinsip membilang, permutasi, kombinasi, percobaan, ruang sampel dan kejadian, peluang suatu kejadian, peubah acak diskret dan kontinu serta distribusi peluang diskret dan kontinu. Lebih lanjut pada mata kuliah ini juga akan mempelajari cara menganalisis permasalahan-permasalahan yang bersifat probabilistik dengan menggunakan teori-teori tersebut.  

Materi yang diberikan melalui mata kuliah ini merupakan materi yang penting bagi mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah menengah atas terkait dengan materi peluang.
6 Geometri Analitik 4/4 Geometri Ruang Mata kuliah ini merupakan matakuliah matematika yang harus dikuasai mahasiswa untuk bekal penguasaan materi matematika di sekolah menengah. Secara umum, materi perkuliahan meliputi geometri analitik pada ruang berdimensi 2 dan berdimensi 3. Bagian awal pekuliahan akan dimulai dengan pengenalan sistem-sistem koordinat yang digunakan menentukan posisi suatu objek geometri dalam berbagai dimensi. Objek-objek geometri yang dipelajari dalam ruang dimensi 2 meliputi garis, lingkaran, parabola, ellips dan hiperbola. Sementara itu, dalam ruang berdimensi 3 juga akan dibahas tentang bidang, garis, bola, dan permukaan-permukaan dengan persamaan berderajat dua. Pada perkuliahan ini juga akan menggunakan software geometri dinamis (GeoGebra) untuk melengkapi keterampilan dalam merancang pembelajaran geometri pada tingkat sekolah.
7 Kalkulus Integral 4/4 Kalkulus Diferensial Mata kuliah Kalkulus Integral ini merupakan kelanjutan dari mata kuliah kalkulus diferensial. Pada mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu memahami konsep-konsep tentang integral dan mampu menyelesaikan masalah-masalah integral diantaranya yang berhubungan dengan luasan, volume benda putar, pengintegralan dengan metode substitusi dan parsial. Selain itu dibahas pula pengintegralan fungsi pecah rasional dan fungsi rasional.

Pelaksanaan kuliah menggunakan metode ceramah dan diskusi. Evaluasi pembelajaran dalam kuliah ini akan dilaksanakan dalam bentuk penugasan, UTS 1, UTS 2 dan UAS. Buku acuan yang digunakan diantaranya adalah Purcell, Calculus 9th Edition dan Kalkulus II yang ditulis oleh Supama dkk.


Semester V

No. Nama Mata Kuliah SKS/JP Prasyarat Deskripsi
1 Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling 2/2 - Mata kuliah Pengantar Bimbingan dan Konseling, merupakan mata kuliah keilmuan dan keterampilan. Mata kuliah ini mengembangkan pemahaman mahasiswa (calon guru mata pelajaran/bidang studi) tentang bimbingan dan konseling di sekolah dan peranan guru mata pelajaran/bidang studi  di dalam layanan bimbingan dan konseling di sekolah, penelitian, teknik pengumpulan data dan teknik analisis data, hingga penyusunan laporan PTK.
2 Dasar-dasar Penelitian Pendidikan Matematika 2/2 - Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang pengertian penelitian, penelitian pendidikan, dan penelitian pendidikan matematika, dan memberikan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar dan prinsip-prinsip dasar yang menyangkut penelitian dalam bidang pendidikan matematika, serta memberikan kemampuan untuk merencanakan penelitian dan melaksanakannya, khususnya untuk penelitian-penelitian yang sifatnya relatif sederhana. Mata kuliah ini diharapkan memberikan landasan bagi mata kuliah-mata kuliah penelitian yang akan diberikan dalam semester-semester yang lebih tinggi, yang sifatnya lebih spesifik, yaitu mata kuliah-mata kuliah Penelitian Kuantitatif Pendidikan Matematika, Penelitian Kualitatif Pendidikan Matematika, dan Penelitian Pengembangan Pendidikan Matematika. 

Pembelajaran yang digunakan dalam perkuliahan ini  akan mengacu pada Pedagogi Ignasian, yang komponen-komponennya adalah konteks, pengalaman, refleksi, aksi, dan evaluasi. Di dalam Rancangan Pembelajaran dalam Semester (RPS) ini akan dikemukakan unsur-unsur pokok dalam penerapan Pedagogi Ignasian pada mata kuliah Dasar-dasar Penelitian Pendidikan Matematika.
3 Etnomatematika 3/3 - Dalam mata kuliah ini dibahas hakekat, sejarah serta manfaat etnomatematika. Pembelajaran etnomatematika dalam mata kuliah ini bersumber dari kajian teori, penelitian pendahuluan mengenai sumber-sumber pengembangan etnomatematika baik yang berupa artefak dan karya sastra/budaya serta hasil-hasil penelitian dalam penggunaan etnomatematika dalam pembelajaran matematika.

Matakuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai keterkaitan antara budaya dengan matematika dan pendidikan matematika dan memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk menyusun suatu desain pembelajaran yang mengintegrasikan unsur-unsur budaya. Dalam matakuliah ini mahasiswa melakukan berbagai kegiatan pembelajaran yang meliputi presentasi, diskusi, observasi, dan melakukan refleksi atas materi dan pengalaman pembelajaran mereka.
4 Kalkulus Lanjut (Pilihan) 3/3 Kalkulus Integral Matakuliah ini wajib diambil oleh mahasiswa prodi Pendidikaan Matematika USD dengan beban 3 SKS. Dalam perkuliahan ini membekali mahasiswa mengenai konsep barisan dan deret bilangan serta sifat-sifatnya yang diperlukan dalam melakukan pembelajaran Matematika di sekolah menengah. Mahasiswa juga akan dibekali konsep fungsi peubah banyak, turunan dan integral fungsi peubah banyak serta aplikasinya sebagai pengembangan wawasan matematika yang dibutuhkan untuk mempersiapkan studi lanjut.
5 Metode Statistika (Pilihan) 3/3 Statistika Elementer Tujuan mata kuliah ini adalah membekali mahasiswa, sehingga mahasiswa mampu untuk (1) melakukan langkah-langkah penarikan kesimpulan tentang mean dan variansi dari satu atau dua populasi dengan menggunakan statistika parametrik dan non parametrik dengan menggunakan program SPSS, (2) melakukan langkah-langkah penarikan kesimpulan tentang mean dan variansi dari tiga/lebih populasi dengan statistika parametrik dan non parametrik, (3) melakukan langkah-langkah penarikan kesimpulan tentang mean dan variansi dari tiga/lebih populasi dengan statistika parametrik dan non parametrik dengan menggunakan program SPSS, (4) menemukan besar korelasi antara dua variabel dengan statistika parametrik dan non parametrik, (5) menemukan persamaan regresi dari satu varibel independen dan satu varibel dependen, (6) menemukan besar korelasi antara dua variabel dengan statistika parametrik dan non parametrik dengan menggunakan program SPSS, dan (7) menemukan persamaan regresi dari satu varibel independen dan satu varibel dependen dengan menggunakan program SPSS.
6 Pemrograman Komputer 2/2 - Mata kuliah ini memberi bekal kemampuan menyusun algoritma dan program komputer terstruktur,  serta mengaplikasikan kemampuan tersebut untuk kasus sederhana sehari-hari.
7 Desain Pembelajaran Matematika 4/4 - Mata kuliah ini mengkaji teori dan prinsip desain pembelajaran matematika SMP, SMA dan SMK yang mencakup kajian tentang pendekatan, model, metode, dan media pembelajaran matematika; kajian tentang prinsip-prinsip penilaian proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran matematika sekolah menengah; merancang penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan menggunakan berbagai instrumen (tes dan nontes); kajian tentang komponen, proses penyusunan, dan praktik merancang perencanaan pembelajaran matematika SMP, SMA dan SMK sesuai kurikulum terkini mulai dari penentuan minggu efektif, program tahunan, program semester, silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).
8 Pembelajaran STEAM 3/3 - Mata kuliah ini memberikan dasar-dasar pemahaman aktifitas STEAM dan aspek pembelajarannya. Metode perkuliahan berbasis proyek, di mana mahasiswa bekerja dalam kelompok (sebaiknya lintas prodi). Mahasiswa diminta merancang suatu aktifitas STEAM dan aspek pembelajarannya. Rancangan yang dihasilkan diujicobakan secara terbatas ke sebaya. Selanjutnya rancangan direvisi untuk menghasilkan bahan ajar pembelajaran STEAM yang siap dilaksanakan di sekolah.
9 Penelitian Kualitatif Pembelajaran Matematika (Pilihan) 3/3 - Matakuliah ini merupakan matakuliah yang luarannya berupa artikel ilmiah. Perkuliahan dilaksanakan dengan bekerja dalam kelompok selama 1 semester penuh dan tidak berganti kelompok dan setiap kelompok terdiri dari 2-3 mahasiswa. Setiap kelompok mahasiswa akan bekerja untuk mengumpulkan artikel penelitian berkaitan dengan penelitian kualitatif pendidikan matematika minimal 5 artikel. Artikel diperoleh utamanya dari jurnal matematika dan pendidikan matematika yang bisa diakses secara online. Kelompok mahasiswa selanjutnya akan melakukan kajian artikel ilmiah terpilih dan membuat proposal penelitian. Penelitian dilakukan dengan pendampingan dosen hingga setiap kelompok menghasilkan produk artikel ilmiah. Selanjutnya setiap kelompok akan mempresentasikan hasil penelitian pada seminar nasional matematika dan pendidikan matematika.
10 Penelitian Kuantitatif Pembelajaran Matematika (Pilihan) 3/3 - Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa menguasai berbagai jenis penelitian kuantitatif, mampu merancang dan melaksanakan penelitian kuantitatif di bidang pendidikan matematika, dan mengelola kegiatan penelitian dalam pembelajaran matematika untuk menyelesaiakan masalah dan meningkatkan kualitas pembelajaran matematika.
11 Pengantar Aljabar Abstrak (Pilihan) 3/3 - Matakuliah ini akan mengajak mahasiswa untuk melihat suatu struktur himpunan yang dilengkapi dengan suatu operasi biner. Sifat-sifat yang dimiliki dianalisis. Mahasiswa akan belajar mengenai relasi ekuivalensi, operasi biner, struktur semigrup, monoid, grup, subgrup, sifat-sifat grup, serta homomorfisma pada grup.
12 Persamaan Diferensial Biasa (Pilihan) 3/3 - Pada mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu mengetahui jenis-jenis Persmaan Diferensial Biasa dan cara menyelesaikannya.
Pelaksanaan kuliah menggunakan metode ceramah, presentasi, dan diskusi. Evaluasi pembelajaran dalam kuliah ini akan dilaksanakan dalam bentuk penugasan, presentasi, UTS 1, UTS 2 dan UAS. Buku acuan utama yang digunakan adalah Differential Equation yang ditulis Shepley L. Ross.



Semester VII

No.  Nama Mata Kuliah SKS/JP Prasyarat Deskripsi
1 Kuliah Kerja Nyata 3/6 - Matakuliah Kuliah Kerja Nyata (KKN) bertujuan agar mahasiswa mempuyai kemampuan melakukan analisis sosial budaya masyarakat sehingga memahami persoalan yang dihadapi oleh masyarakat; pengalaman langsung hidup bersama dengan anggota masyarakat yang kurang beruntung; dan mampu bekerjasama dengan berbagai pihak dalam melaksanakan kegiatan. Masyarakat yang kurang beruntung meliputi mereka yang lemah ekonominya, mereka yang mengalami hambatan, mereka yang termasuk masyarakat pinggiran. Perkuliahan dilakukan dengan terjun langsung / hidup di tengah masyarakat. Evaluasi pembelajaran meliputi program, pelaksanaan dan laporan pelaksanaan.
2 PLP Pelaksanaan Pembelajaran 3/9 -  
3 Sejarah dan Filsafat Matematika (Pilihan) 2/2 - Mata kuliah Sejarah dan Filsafat Matematika bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada mahasiswa terkait perkembangan Matemtika dan teori filsafat pendidikan matematika. Materi yang disajikan dalam mata kuliah ini meliputi Sejarah perkembangan matematika sejak era Babilonia sampai era modern, perkembangan bilangan, lambang bilangan, dan aritmetika, perkembangan aljabar, perkembangan trigonometri, Perkembangan kalkulus sejak era Archimedes dan Brook Taylor, perkembangan geometri di Yunani, India, Arab dan Eropa, perkembangan probabilitas dan statistika
4 Matematika Asuransi (Pilihan) 3/3 - Matakuliah Matematika Asuransi ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan, pemahaman, dan ketrampilan yang berhubungan dengan mortalita, anuitas, asuransi dan utillitas. Tujuannya adalah agar mereka mampu menghitung premi, anuitas, dan membuat tabel mortalitas. Selain itu, mahasiswa diharapkan mampu mengetahui fungsi, makna dan kegunaan masing-masing teori dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu diharapkan mahasiswa mampu mengaplikasikan teori-teori yang mereka pelajari dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam penelitian yang akan mereka lakukan yang berhubungan dengan aktuaria. Selama perkuliahan mahasiswa di beri tugas-tugas dengan cara terjun ke lapangan, observasi perusahaan-perusahaan yang menyediakan jasa asuransi, anuitas dsb. Disetiap siklus diberikan tes tertulis untuk mengukur ketercapaian indikator pembelajaran.
5 Matematika Komputasional (Pilihan) 4/4 - Mata kuliah Komputasi Matematika merupakan mata kuliah wajib pada semester VII yang mempunyai bobot 4 SKS. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memahami konsep numeris dan bisa menggunakan komputasi untuk menyelesaikan persoalan matematika yang berkaitan dengan penyelesaian akar-akar persamaan,  menyelesaikan sistem persamaan linear dan nonlinear, menentukan nilai turunan dan integral suatu fungsi secara numeris, menyelesaikan persamaan diferensial biasa secara numeris, mampu menyelesaikan persoalan matematika di sekolah menengah dengan kajian numeris dan mengikuti perkembangan keilmuan mengenai matematika komputasi dalam kajian topik-topik khusus.

Pelaksanaan kuliah di laboratorium atau ruang yang dilengkapi dengan jaringan komputer atau komputer dengan fasilitas MATLAB dan MS Excel dengan jumlah yang sesuai dengan peserta perkuliahan. Perkuliahan disajikan dengan pemberian teori mengenai materi yang didukung dengan praktek untuk menyelesaikan persoalan yang diberikan secara komputasi. Perkuliahan diatur sedemikian rupa sehingga saat perkuliahan berlangsung, peserta bisa mendapatkan materi, soal, contoh program, ataupun tugas yang bisa diunduh dari Exelsa Moodle. Evaluasi pembelajaran meliputi Kehadiran, Tugas/Quiz, USIP 1, USIP 2 dan UAS.
6 Kapita Selekta Pendidikan Matematika (Pilihan) 3/3 - Mata ini merupakan mata kuliah yang mewadahi pembahasan kumpulan topik-topik terkini dan terpilih dalam bidang pendidikan matematika. Dalam matakuliah ini mahasiswa diajak mempelajari artikel-artikel, mengembangkannya dalam penelitian kecil untuk konteks di sekitar kita, menuliskan dalam artikel dan mempresentasikannya di kelas atau di forum seminar nasional.
7 Kewirausahaan Pendidikan Matematika (Pilihan)  3/ 3 - Matakuliah kewirausahaan Pendidikan Matematika dirancang untuk menumbuhkan jiwa wirausaha, menciptakan dan mengembangkan usaha pada mahasiswa untuk bisa menjadi wirausahawan yang berhasil dan beretika berkaitan dengan pendidikan matematika maupun bidang  lainnya. Materi pada matakuliah ini meliputi hakekat wirausaha, konsep wirausaha,  pengelolaan wirausaha, sumber pendanaan wirausaha, serta etika bisnis.
8 Olimpiade Matematika (Pilihan) 3/3 - Olimpiade Matematika merupakan matakuliah pilihan dengan bobot studi 3 sks. Setelah mengikuti matakuliah ini, mahaiswa diharapkan mampu mempersiapkan siswa SMP dan SMA dalam mengikuti olimpiade matematika, baik tingkat nasional maupun tingkat internasional. Dalam perkuliahan ini pertama-tama akan diperkenalkan sejumlah kompetisi/olimpiade matematika yang banyak diikuti siswa tingkat SMP atau SMA. Pengetahuan diperdalam dengan mengkaji lingkup materi setiap kompetisi/olimpiade serta kedalamannya. Selanjutnya diperkenalkan langkah-langkah penyelesaian masalah menurut Polya serta topik-topik tak rutin yang banyak muncul dalam kompetisi/olimpiade matematika.
9 Penelitian Pengembangan Pembelajaran Matematika (Pilihan) 3/3 - Penelitian Pengembangan Pembelajaran Matematika merupakan salah satu matakuliah pilihan bidang kajian penelitian pendidikan matematika. Matakuliah ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam memahami dua pendekatan penelitian lanjut dalam pembelajaran matematika yaitu Research and Development dan Design Research, menelaah topik-topik yang sesuai untuk diteliti, serta membuat rancangan penelitian di bidang pendidikan matematika sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika.
10 Pembelajaran Matematika Bahasa Mandarin (Pilihan) 2/2 - Pada saat ini, beberapa sekolah menengah di Indonesia selain menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dalam pembelajaran, juga memperkenalkan bahasa Mandarin kepada peserta didik. Menanggapi situasi tersebut, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma menawarkan mata kuliah yang mempersiapkan mereka agar dapat mengajar dalam bahasa Mandarin. Mata kuliah Pembelajaran Matematika Bahasa Mandarin didesain guna mempersiapkan mahasiswa untuk dapat mengajar di sekolah-sekolah yang berbahasa Mandarin.
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pengantar dan tidak mensyaratkan mahasiswa sudah dapat berbahasa Mandarin. Pembahasan materi mengandaikan mahasiswa belum mengenal bahasa Mandarin. Metode pembelajaran yang akan dipergunakan dalam mata kuliah ini adalah ceramah, diskusi, dan tugas. Penilaian akan diambil dari tugas mingguan, UTS1, UTS2, dan UAS. Buku yang akan dipergunakan adalah “New Practical Chinese Reader”
11 Penulisan Buku Ajar Matematika (Pilihan) 3/3 -  



____________________________________________________________________________________________________________


SEMESTER GENAP


Semester II

No Nama Mata Kuliah SKS/JP Prasyarat Deskripsi
1 Geometri Ruang 3/3 Geometri Bidang Mata kuliah geometri ruang merupakan mata kuliah wajib dengan beban studi 3 sks. Lebih jauh, mata kuliah ini merupakan kelanjutan dari mata kuliah geometri bidang. Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan memahami konsep-konsep dasar dalam geometri ruang. Selain itu, mahasiswa diharapkan memahami macam-macam bangun di ruang beserta sifat-sifatnya. Dalam kuliah ini pertama-tama akan diperkenalkan konsep dasar dalam geometri ruang seperti titik, garis, bidang dan sudut. Selanjutnya dibahas sejumlah bangun ruang beserta sifat-sifatnya serta irisan bangun ruang. Topik topik yang terkait langsung dengan materi geometri sekolah menengah diberi penekanan pula pada aspek pembelajarannya di kelas.
2 Kalkulus Diferensial 4/4 Aljabar dan Trigonometri Mata kuliah Kalkulus Diferensial  merupakan mata kuliah wajib pada semester II dengan beban studi 4 SKS. Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan memahami konsep-konsep dasar mengenai limit dan turunan serta penggunaannya termasuk limit dan turunan fungsi-fungsi khusus. Selain itu, mahasiswa diharapkan memahami hal-hal yang berkaitan dengan bagaimana limit dan turunan ini akan disajikan kepada siswa sekolah menengah dan mampu untuk mengajarkannya dengan baik. Perkuliahan juga akan dilengkapi dengan penggunaan GeoGebra dan Desmos untuk pembelajaran.
3 Pengantar Teori Bilangan 4/4 Aljabar dan Trigonometri Tujuan mata kuliah ini adalah membekali mahasiswa dengan konsep-konsep dasar mengenai bilangan dan topik lanjutan sebagai bekal dalam mempelajari ilmu matematika yang lebih lanjut. Pada mata kuliah ini mahasiswa sebagai seorang calon guru diberi pengalaman-pengalaman yang menunjang kompetensi profesional guru. Topik-topik yang dibahas meliputi sistem bilangan dan sifat-sifatnya, induksi matematika, keterbagian, bilangan prima, dan teori kongruensi. Proses pembelajaran dalam mata kuliah ini didominasi dengan diskusi dan penugasan.
4 Psikologi Belajar dan Pembelajaran 3/3   Psikologi Belajar dan Pembelajaran merupakan salah satu mata kuliah yang mengasah kemampuan di bidang kependidikan. Matakuliah ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam memahami proses belajar dan pendampingan/pengelolaan proses pembelajaran sebagai aktivitas pendidikan. Dalam matakuliah ini mahasiswa melakukan berbagai kegiatan pembelajaran yang meliputi presentasi, diskusi, sharing, observasi, dan melakukan refleksi atas materi dan pengalaman pembelajaran mereka.


Semester IV

No Nama Mata Kuliah SKS/JP Prasyarat Deskripsi
1 Aljabar Linear Elementer 4/4   Mata kuliah  Aljabar Linear Elmenter merupakan mata kuliah bidang keahlian yang dilaksanakan pada semester 3.  Pada mata kulian ini mahasiswa diharapkan  mampu  memahami konsep-konsep tentang matriks, sistem persamaan linear dan ruang vektor.  Selain itu mahasiswa juga diharapkan  dapat  menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan matriks, sistem persamaan linear dan ruang vektor.  Adapun  materi yang akan dibahas antara lain : (1) dasar-dasar tentang matriks, operasi-operasi pada matriks, sifat-sifat dari matriks, determinan dan invers dari suatu matriks, dan sistem persamaan linear, (2) vektor, operasi- operasi, dan sifat-sifat vektor pada suatu bidang (3) ruang vektor, operasi-operasi pada ruang vektor dan sifat-sifat pada ruang vektor. Mahasiswa juga dibekali dengan penyelesaian masalah aljabar matriks dan vektor menggunakan  software komputasi dan menjadi lebih luas pilihan penelitian skripsinya. Mahasiswa juga akan dibekali konsep aljabar matriks dan vektor dalam memperluas wawasannya di bidang matematika terapan dan mempersiapkan studi lanjut. Pelaksanaan perkulihan menggunakan metode ceramah dan diskusi.
2 Pembelajaran Matematika SMA dan SMK 3/3 Pembelajaran Matematika SMP Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan pembelajaran matematika yang diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran matematika di SMA dan SMK. Bahan yang dipelajari dalam  perkuliahan ini terdiri dari materi-materi matematika di SMA, materi-materi matematika di SMK ekonomi, dan materi-materi matematika di SMK Teknik.
3 Pembelajaran Matematika Realistik 3/3 Pembelajaran Matematika SMP Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa, sehingga mahasiswa mampu untuk (1) memahami filosofi dan karateristik dari pendekatan Pendidikan Matematika Realistik, (2) memahami hipotesis lintasan belajar, (3) merancang hipotesis lintasan belajar dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik untuk siswa SMP, dan (4) merancang hipotesis lintasan belajar dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik untuk siswa SMA/SMK.
4 Program Linier 2/2   MK ini mengembangkan kemampuan mahasiswa mengaplikasikan matematika terapan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu: masalah optimasi fungsi linear dengan kendala linear(PL). Saat mengaplikasikan, mahasiswa akan berkembang juga pola pikir logis mulai pada saat mengembangkan model masalah PL, maupun saat menyelesaikan model memakai metode penyelesaian PL (grafik, simplek). 

Proses tersebut dikawal agar mahasiswa bertanggungjawab atas proses dan hasil yang mereka susun secara mandiri dengan mencocokkan solusi memakai program aplikasi komputer. Selain itu, bertindak jujur dalam menafsirkan kembali (mengambil keputusan) penyelesaian kepada persoalan asal.
5 Psikologi Pembelajaran Matematika 2/2   Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam memahami proses belajar dan pendampingan/pengelolaan proses pembelajaran matematika sebagai aktivitas pendidikan. Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pemahaman akan teori psikologi dalam pembelajaran matematika beserta cara membimbing siswa menggunakan teori tersebut. Mahasiswa difasilitasi untuk melakukan berbagai kegiatan pembelajaran matematika yang meliputi presentasi, diskusi, sharing, observasi, dan melakukan refleksi atas materi dan pengalaman belajar matematika mereka.
6 Statistika Elementer 3/3 Teori Peluang Matakuliah Statistika Elementer ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan, pemahaman, dan ketrampilan statistika elementer. Tujuannya adalah agar mereka mampu mengumpulkan, mengolah, dan kemudian menyajikan data observasi dengan tepat sehingga pihak lain dapat dengan mudah memperoleh gambaran mengenai sifat obyek dari data. Selain itu, mahasiswa diharapkan mampu menarik kesimpulan berdasarkan data dari sampel untuk menggambarkan karakteristik atau ciri di populasi dan mahasiswa juga mampu melaksanakan pembelajaran matematika dengan baik khususnya materi statistika yang terdapat di sekolah menengah.

Materi perkuliahan terdiri atas konsep dasar statistika, distribusi frekuensi dan grafiknya, ukuran statistik bagi data, distribusi sampling, penduga parameter dan pengujian hipotesis untuk sampel tunggal, dua sampel yang saling independen dan dua sampel yang saling berpasangan dengan statistika parametrik. Mahasiswa juga dibekali ketrampilan dalam menggunakan software R dalam setiap materi perkuliahan dan mampu membaca output R yang dihasilkan.


Semester VI

No Nama Mata Kuliah SKS/JP Prasyarat Deskripsi
1 Desain PMat SMA dan SMK 2/2 Pembelajaran Matematika SMA dan SMK Mata kuliah ini mengkaji teori dan prinsip desain pembelajaran matematika SMA dan SMK yang mencakup kajian tentang pendekatan, model, metode, dan media pembelajaran matematika; kajian tentang  prinsip-prinsip penilaian proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran matematika sekolah menengah; merancang penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan menggunakan berbagai instrumen (tes dan nontes); kajian tentang komponen, proses penyusunan, dan praktik merancang  perencanaan pembelajaran matematika SMA dan SMK sesuai kurikulum terkini mulai dari penentuan minggu efektif, program tahunan, program semester, silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).
2 Diagnosis, Remediasi, dan Pengayaan dalam PMat 2/2   Mata Kuliah Diagonosis, Remediasi dan Pengayaan dalam Pembelajaran Matematika bertujuan untuk membekali mahasiswa sebagai calon guru suatu keterampilan dalam memberikan bantuan kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar atau membantu mengembangkan kemampuan siswa yang memiliki keunggulan atau bakat istimewa dalam matematika. Melalui kuliah ini, mahasiswa diajak untuk mengkaji teori-teori terkait dengan karakteristik siswa, yaitu siswa yang kurang bisa menangkap pelajaran sampai siswa yang cenderung memiliki kemampuan di atas rata-rata. Dengan teori-teori tersebut, diharapkan dapat menjadi bekal untuk melaksanakan kegitan diagnosis, remediasi atau pengayaan secara langsung ke sekolah.
3 Penelitian Tindakan Kelas 2/2 Dasar-dasar Penelitian Pendidikan Matematika Mata kuliah ini mengembangkan pengetahuan dan pemahaman mengenai metodologi penelitian tindakan kelas serta mengasah keterampilan merencanakan sebuah usulan (proposal) PTK. Kepada mahasiswa pertama-tama diperkenalkan konsep dasar dan hakekat hekekat Penelitian dan  PTK (pengertian,tujuan dan manfaat penelitian tindakan kelas, prinsip, dan karakteristik), model-model penelitian tindakan, prosedur penelitian tindakan kelas, dan formulasi masalah dalam penelitian tindakan kelas dengan memberikan berbagai contoh penelitian tindakan kelas. Selanjutnya mahasiswa diarahkan untuk mendalami hal-hal yang berkaitan dengan rancangan dan pelaksanaan PTK yang meliputi; menentukan permasalahan dan fokus penelitian, teknik pengumpulan data dan teknik analisis data, hingga penyusunan laporan PTK.
4 Pengantar Analisis Real 2/2 Kalkulus Lanjut Mata kuliah Pengantar Analisis Real merupakan mata kuliah wajib dengn bobot 2 sks. Pada mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu memahami konsep-konsep tentang sistem bilangan real dan mampu menyelesaikan masalah-masalah sistem bilangan real di antaranya yang berhubungan dengan supremum, infimum, himpunan terbuka, himpunan tertutup, dan barisan.
5 Riset Operasi 2/2 Program Linear Matakuliah ini merupakan matakuliah pilihan yang ditawarkan di semester 6 pada prodi Pendidikaan Matematika USD dengan beban 2 SKS. Matakuliah ini merupakan kelanjutan dari MK Program Linier. Dalam perkuliahan ini membekali mahasiswa mengenai konsep dan penerapan program linier lebih lanjut dan penyelesaiannya agar mahasiswa dapat menerapkan dalam masalah riset operasi yang muncul dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam perusahaan. Mahasiswa juga dibekali dengan penyelesaian masalah Riset Operasi menggunakan  software komputasi dan menjadi lebih luas pilihan penelitian skripsinya. Mahasiswa juga akan dibekali konsep riset operasi dalam memperluas wawasannya di bidang matematika terapan dan mempersiapkan studi lanjut. Pembelajaran yang digunakan dalam perkuliahan ini  akan mengacu pada Pedagogi Ignasian, yang komponen-komponennya adalah konteks, pengalaman, refleksi, aksi, dan evaluasi. Model pembelajaran dalam kuliah ini adalah Problem Based Learning dan Flipped Learning.


Semester VIII/Mata Kuliah Pilihan

No.Nama Mata KuliahSKS/JPPrasyaratDeskripsi1Analisis Kompleks3/3Aljabar Linear ElementerMata Kuliah Analisis Kompleks pada hakikatnya merupakan mata kuliah yang membahas sifat-sifat sistem bilangan kompleks yang merupakan sistem bilangan yang lebih luas dari sistem bilangan real. Sifat-sifat yang dibahas antara lain, operasi aljabar bilangan kompleks, fungsi variabel kompleks, fungsi analitik yang meliputi turunan dan integral fungsi variabel kompleks, barisan dan deret bilangan kompleks serta topologi pada sistem bilangan kompleks. Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mempunyai pemahaman yang komprehensif terhadap sistem bilangan beserta sifat-sifat yang ada dalam sistem tersebut.2Diagnosis dan Remediasi Pembelajaran Aljabar3/3Diagnosis dan Remediasi Pembelajaran MatematikaMata kuliah ini mengkaji teori dan prinsip diagnosis dan  remediasi dalam pembelajaran aljabar, menelaah langkah-langkah pelaksanaan diagnosis dan remediasi dalam pembelajaran aljabar, dan melaksanakan praktik mendiagnosis kesulitan belajar siswa pada materi aljabar dan praktik melaksanaan pembelajaran remedial berdasarkan diagnosis kesulitan tersebut.3Diagnosis dan Remediasi Pembelajaran Geometri3/3-Mata Kuliah Diagonosis, Remediasi dan Pengayaan dalam Pembelajaran Matematika bertujuan untuk membekali mahasiswa sebagai calon guru suatu keterampilan dalam memberikan bantuan kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar atau membantu mengembangkan kemampuan siswa yang memiliki keunggulan atau bakat istimewa dalam matematika. Melalui kuliah ini, mahasiswa diajak untuk mengkaji teori-teori terkait dengan karakteristik siswa, yaitu siswa yang kurang bisa menangkap pelajaran sampai siswa yang cenderung memiliki kemampuan di atas rata-rata. Dengan teori-teori tersebut, diharapkan dapat menjadi bekal untuk melaksanakan kegitan diagnosis, remediasi atau pengayaan secara langsung ke sekolah.4Inovasi Pembelajaran Matematika3/3-Mata kuliah Penulisan Inovasi Pembelajaran Matematika merupakan mata kuliah pilihan dengan 3 SKS. Dalam mata kuliah ini dibicarakan berbagai macam hasil evaluasi, tindakan reflektif, dan penelitian untuk melakukan inovasi pembelajaran matematika, khususnya dalam hal model dan media pembelajaran matematika. Sehingga pada akhirnya, mahasiswa akan memiliki bekal yang cukup untuk menjadi guru yang inovatif dalam pelaksanaan pembelajaran.5Kapita Selekta Matematika3/3-Matakuliah ini merupakan mata kuliah yang mewadahi pembahasan kumpulan topik-topik terkini dan terpilih dalam bidang matematika. Dalam matakuliah ini mahasiswa diajak mempelajari artikel-artikel, mengembangkannya dalam penelitian kecil, menuliskan dalam artikel dan mempresentasikannya di kelas atau di forum seminar nasional.6Kreativitas Pembelajaran Matematika3/3-Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengalaman terkait kreativitas, manajemen keuangan dan pemasaran, perencanaan dan implementasi kegiatan/bentuk usaha/bidang kerja di luar sekolah, dan memberikan keterampilan bagi mahasiswa untuk mendalami, merencanakan, atau mengembangkan berbagai kegiatan/bentk usaha/bidang kerja di luar sekolah tersebut dalam rangka memfasilitasi berbagai macam kreativitas mahasiswa. Perkuliahan lebih didominasi oleh kegiatan eksplorasi mahasiswa terhadap suatu bentuk usaha tertentu/kegiatan/bidang kerja tertentu di luar sekolah untuk menggali bagaimana merencanakan, melakukan manajemen dan pemasaran, sampai  mengimplementasikannya.

Perkuliahan ini diberikan bagi mahasiswa tingkat akhir sebagai bekal alternatif untuk menciptakan lapangan kerja sendiri atau mengenal berbagai kegiatan usaha di luar sekolah.7Matematika Asuransi3/3-Matakuliah Matematika Asuransi ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan, pemahaman, dan ketrampilan yang berhubungan dengan mortalita, anuitas, asuransi dan utillitas. Tujuannya adalah agar mereka mampu menghitung premi, anuitas, dan membuat tabel mortalitas. Selain itu, mahasiswa diharapkan mampu mengetahui fungsi, makna dan kegunaan masing-masing teori dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu diharapkan mahasiswa mampu mengaplikasikan teori-teori yang mereka pelajari dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam penelitian yang akan mereka lakukan yang berhubungan dengan aktuaria. Selama perkuliahan mahasiswa di beri tugas-tugas dengan cara terjun ke lapangan, observasi perusahaan-perusahaan yang menyediakan jasa asuransi, anuitas dsb. Disetiap siklus diberikan tes tertulis untuk mengukur ketercapaian indikator pembelajaran.8Olimpiade Matematika3/3-Olimpiade Matematika merupakan matakuliah pilihan dengan bobot studi 3 sks. Setelah mengikuti matakuliah ini, mahaiswa diharapkan mampu mempersiapkan siswa SMP dan SMA dalam mengikuti olimpiade matematika, baik tingkat nasional maupun tingkat internasional. Dalam perkuliahan ini pertama-tama akan diperkenalkan sejumlah kompetisi/olimpiade matematika yang banyak diikuti siswa tingkat SMP atau SMA. Pengetahuan diperdalam dengan mengkaji lingkup materi setiap kompetisi/olimpiade serta kedalamannya. Selanjutnya diperkenalkan langkah-langkah penyelesaian masalah menurut Polya serta topik-topik tak rutin yang banyak muncul dalam kompetisi/olimpiade matematika.

Kembali