BERITA

Milinia Frisila: Asistensi Mengajar di SD Kanisius Kadirojo Yogyakarta

13 Desember 2021

Dalam melakukan kegiatan asistensi mengajar ada beberapa hal yang sudah saya lakukan yaitu seperti mengajar di dalam pembelajaran daring, menyiapkan bahan ajar, menjelaskan atau mengenalkan media pembelajaran dan mempersiapkan kegiatan lomba cipta puisi. Dalam membimbing kegiatan pembelajaran seluruhnya dilakukan secara daring. Sama seperti mengajar luring dalam pembelajaran daring tentunya terdiri dari tiga bagian yaitu pembukaan, inti, dan penutupan. Dalam membimbing pembelajaran yang saya rasakan adalah bahagia. Bahagia karena dapat melihat semangat anak-anak dalam mengkuti pembelajaran dan terlihat ketika pembelajaran berlangsung para siswa terlihat menghargai saya jadi hal ini semakin membuat saya semangat ketika memberi pembelajaran di dalam ruang zoom. Kegiatan pembelajaran yang saya rancang menggunakan media pembelajaran Wordwall. Dalam penggunaan media wordwall terlihat bahwa anak-anak semakin bersemangat mengikuti pembelajaran hal ini terlihat ketika saya tidak menggunakan media tersebut para siswa akan menanyakan apakah hari ini ada permainan wordwall.


Gambar 1.  Kegiatan pembelajaran daring
Gambar 1.  Kegiatan pembelajaran daring

Dalam menyiapkan bahan ajar saya biasanya menggunakan buku paket yang digunakan sekolah dan juga dengan menggunakan berbagai referensi di internet. Saya merasakan senang ketika menyiapkan bahan ajar tetapi kadang kala saya merasa panik juga karena waktu yang diberikan guru biasanya sangat terbatas sehingga memelukan kemampuan kecepatan dalam menyiapkan bahan ajar tersebut. Tetapi hal itu lah yang membuat kegiatan ini berbeda dari yang biasanya karena ya saya menjadi sedikit tertantang dalam mengerjakannya. Bahan ajar yang saya buat biasanya berupa soal untuk ulangan baik dalam bentuk pdf atau google from, materi pembelajaran baik dalam bentuk pdf dan ppt.

Kegiatan yang juga saya lakukan adalah mengenalkan media pembelajaran. di dalam kegiatan ini saya mebuat video penjelasan tentang beberapa media pembelajaran yaitu wordwall, polleverywhere, dan khaoot. Alasan saya menyediakan video ini sebenarnya dari guru menyebutkan bahwa guru masih kesulitan dalam menggunakan media pembelajaran digital dan anak-anak juga memerlukan media pembelajaranyang baru supaya tdak merasa bosan di dalam mengikuti pembelajaran daring. Dalam menyiapkan video penjelasan ini saya merasakan sangat senang karena bisa berbagi informasi dengan guru.

Kegiatan yang terakhir yang saya lakukan adalah membantu menyiapkan perlombaan cipta puisi. Di dalam kegiatan ini saya belajar hal baru yaitu saya belajar membuat poster dan juga menjadi juri dalam menilai puisi yang sudah dibuat siswa. Yang saya rasakan ketika melakukan kegiatan ini kebanyakan rasa ragu karena hal ini merupakan pengalaman baru bagi saya. terutama dalam menilai puisi yang sudah dibuat oleh siswa. Karena ya jika dipikir-pikir saya tidak memiliki bakat dalam pembuatan puisi atau merangkai kata-kata indah tetapi saya tidak pasrah dengan kekurangan saya justru melalu kegiatan ini saya berusaha memberikan yang terbaik mulai dari membuat poster dengan batuan kanva dan dalam menilai puisi saya membuat beberapa kriteria penilaian.

Gambar 2. Proses pembuatan poster
Gambar 2. Proses pembuatan poster
 
            Semua kegiatan yang sudah saya lakukan memberikan pengalaman baru bagi saya dan hal ini merupakan hal yang berharga bagi saya karena melalui kegiatan ini saya menjadi bisa melihat kekurangan dan kelebihan saya pada saat membimbing siswa. Dalam kegiatan ini pula saya juga dapat berkesempatan untuk lebih mengevaluasi diri apakah ada jiwa guru atau pendidik dalam diri saya karena jika boleh jujur saya masih bingung apakah setelah lulus mau menekuni bidang pendidikan atau tidak. Dan jawabannya ternyata saya nyaman dan senang dengan kegiatan dalam memberi pembelajaran di kelas.

Kesulitan yang dirasakan:
  1. Dalam kegiatan pembelajaran saya masih kesulitan dalam mengkondusifkan anak-anak ketika kegiatan pembelajaran berlangsung, hal ini dikarenakan ada beberapa anak yang sangat bersemangat di dalam kelas sehingga biasanya selalu mau berpendapat dan tidak mau bergantian dengan teman-temannya.
  2. Karena dalam kegiatan ini saya membantu hanya di pembelajaran daring, saya merasa pengalaman yang saya dapatkan tidak banyak dengan teman-teman saya yang lainnya yang bisa membantu di sekolah secara langsung.
  3. Kadang-kadang merasa bingung untuk membantu apa. Karena guru pamong saya jika tidak di tanya maka tidak akan meminta bantuan.

Pesan dan saran
Untuk teman-teman yang akan mengambil kegiatan MBKM tetap semangat dan jangan takut untuk melakukan hal baru selagi hal tersebut dapat mengembangkan kemampuan teman-teman dan ingat selalu menerapkan ketulusan dalam mengerjakan sesuatu karena dengan demikian pengalaman yang akan teman-teman dapat akan menjadi lebih bermakna.
Saran:
Untuk kegiatan MBKM yang berikutnya semoga akan semakin lebih baik lagi terutama untuk informasi berkaitan dengan kegiatan ini sehingga gambaran yang didapatkan akan mudah dipahami dan tidak menyebabkan miskomunikasi dan untuk pemberitahuan sebaiknya jangan tiba-tiba karena hal ini biasanya membuat panik.

Kembali