Profil

Visi, Misi danTujuan

A. Visi Program Studi Pendidikan Sejarah

Menjadi program studi yang unggul dalam mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan Ilmu Pendidikan Sejarah dalam menghasilkan calon Pendidik Sejarah yang Inovatif dan Berwawasan Global untuk mewujudkan masyarakat yang semakin bermartabat.

B. Misi Program Studi Pendidikan Sejarah

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang holistik dan unggul berbasis Paradigma Pedagogi Ignasian dengan mengintegrasikan konteks, pengalaman, refleksi, tindakan, dan evaluasi dalam suasana dialogis untuk menghasilkan calon pendidik sejarah yang inovatif dan berwawasan global.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkontribusi pada peningkatan kualitas Pendidikan Sejarah.
  3. Mencerdaskan masyarakat melalui publikasi hasil kegiatan pembelajaran, penelitian, dan dalam bidang Pendidikan Sejarah.
  4. Menjalin kemitraan dengan sekolah/lembaga dan pemangku kepentingan/stakeholder lainnya yang menaruh perhatian dalam bidang Pendidikan Sejarah.

C. Tujuan Program Studi Pendidikan Sejarah dan Proses Pencapaiannya

Berangkat dari visi dan misi Prodi Pendidikan Sejarah tersebut, maka tujuan Prodi Pendidikan Sejarah adalah sebagai berikut:

a. Tujuan Prodi Pendidikan Sejarah

  1. Menghasilkan calon sarjana pendidikan sejarah yang inovatif dan berwawasan global melalui pendidikan holistik dan unggul berbasis paradigma pedagogi Ignasian
  2. Menghasilkan karya penelitian yang berorientasi pada peningkatan kualitas pendidikan sejarah.
  3. Menghasilkan karya-karya pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada peningkatan kualitas pendidikan sejarah
  4. Menghasilkan publikasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang pendidikan sejarah.
  5. Menghasilkan jalinan kerjasama kemitraan dengan sekolah/lembaga dan pemangku kepentingan/stake holder lainnya yang menaruh per perhatian pada dunia pendidikan sejarah.

b. Proses Pencapaian Tujuan

  1. Pendidikan holistik sesuai ciri khas pendidikan Jesuit.
  2. Peningkatan efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan sistem pendidikan melalui peninjauan dan optimalisasi sistem penjaminan mutu pendidikan.
  3. Peningkatan relevansi dan keunggulan melalui pengembangan kurikulum, kompetensi dosen, sistem pembelajaran, pemanfaatan TIK, membuka program- program studi baru yang tanggap zaman
  4. Peningkatan keunggulan dan kekhasan program studi.
  5. Integrasi tridharma, sinergi dan kolaborasi lintas bidang/kepakaran serta pengembangan roadmap penelitian berbasis klaster keilmuan
  6. Peningkatan intensitas kegiatan penelitian pendidikan untuk menanggapi perkembangan teknologi, peningkatan kesadaran keberagaman untuk menangkal radikalisme,mengentaska n kemiskinan dan melestarikan lingkungan hidup.
  7. Pengembangan kebijakan dan roadmap pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan yang menjamin kesesuaian kegiatan dan orientasi UPPS Pengembangan/revitalisa si program pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan terintegrasi Pendukung Tridharma.
  8. Peningkatan kuantitas dan kualitas sumber daya pendukung tridharma Program Studi melalui optimalisasi fungsi penjaminan mutu UPPS.
  9. Membentuk basis pengetahuan untuk meningkatkan kepakaran dosen melalui clustering kajian ilmu kependidikan dalam menjalankan misi UPPS
  10. Peningkatan pemasukan dana dari sumber di luar uang kuliah mahasiswa melalui LPPM, LKM, LB, Pusat studi, serta pemasukan non USD untuk kegiatan pengembangan dan kemahasiswaan
  11. Peningkatan kemampuan Bahasa Inggris dosen dalam menyelenggarakan perkuliahan dalam Bahasa Inggris

 kembali