Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Sanata Dharma

<< WEB FAKULTAS

BERITA

“Masalah-masalah Dalam Keluarga dan Motivasi Anak untuk Belajar”
13 March 2014

       Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) pada hari Senin, 10 Maret 2014 di Ruang Drost, Kampus III USD menggelar Kuliah umum dengan tema “Masalah-masalah Dalam Keluarga dan Motivasi Anak untuk Belajar” (Family Problems and Children’s Motivation to Learn). Hadir sebagai narasumber kuliah umum ialah Romo Teodulo P. Gonzales, S.J., Ph.D. Beliau adalah seorang Pastur yang berasal dari Filipina. Acara ini dimoderatori oleh Th. Yunia S., S.Pd., M. Hum.

       Pembukaan kuliah umum dilakukan oleh Kaprodi PGSD USD, Romo Gregorius Ari Nugrahanta, S.J., S.S., BST.,  M.A. Dalam sambutan pembukaan beliau mengatakan setiap anak memiliki problem atau masalah-masalah. Terdapat faktor emosional dari keluarga. Bagaimana jadinya kalau kita sebagai guru, telah menyediakan media pembelajaran yang inovatif, tetapi kita tidak mengajarkannya. Apakah anak didik kita bisa belajar sendiri? Di sinilah kita bisa belajar dari Romo Teodulo Gozales.

       Sebelum menyampaikan materi Kuliah Umum Romo Teodulo atau sering dipanggil Romo Ted mengajak seluruh peserta kuliah umum termasuk para dosen untuk hening sejenak, dengan menggerak-gerakkan tangan. Hal ini menjadi salah satu cara romo Ted untuk menenangkan para peserta agar dapat fokus dalamm mengikuti kuliah umum ini.

       Educere.. Lead from here to there. Demikianlah kalimat pembuka dalam slide show Romo Ted. Segala sesuatu berhubungan satu dengan yang lainnya. Di dalam peziarahan hidup kita harusnya dapat memperhatikan, memilih dan memilah dengan baik. Beliau juga berbicara bahwa sebagai guru atau pendidik kita harus mendidik murid-murid kita dengan sepenuh hati. Hidup sebagaimana kita melihatnya dengan sepenuh hati, Di dalam hidup kita mungkin dapat terluka, takut tetapi yakinlah bahwa Tuhan akan menemani kita de setiap jalan yang kita lalui. Orang-orang muda memiliki banyak pilihan dalam hidupnya. Jika kita memiliki permasalahan-permasalahan di keluarga kita. Tetapi yakinlah kita dan keluarga kita memiliki mimpi, bahkan mimpi untuk menggapai bintang. Mengabdi seperti pelayan dan seperti tongkat walau terhembus angin yang kuat akan tetap bertahan.

       Romo Teodulo menyampaikan kiat-kiat khusus atau tips dalam Menasehati sebuah keluarga. Ada tiga poin penting yaitu Belas kasih (compassion), Klarifikasi (clarification) dann Kerjasama (collaboration). Dalam sebuah keluarga, tidak hanya masalah teknisnya saja akan tetapi perlu adanya penyembuhan, penghiburan, harapan dan cinta. Menyadari akan segala yang telah terjadi merupakan dasar dalam sebuah keluarga (Sadar-Dasar). Pasti terdapat kesuliatn-kesulitan dari luar jangan membuat kamu kehilangan harapan. Maka kita harus bisa menjadikan rumah kita sebagai tempat yang suci untuk keluarga (find out sanctuary of the home).

       Tantangan terbesar dalam keluarga di Indonesia adalah Keuangan, Komunikasi dan Komiten. Keluarga-keluarga di Indonesia tidak memiliki waktu untuk berkumpul bersama, makan bersama. Mereka sanagt sibuk dengan pekerjaan dan kegiatan-kegiatan di luar rumah sehingga komunikasi pun  sangat jarang. Sehingga menimbulkan masalah-masalah dalam keluarga.

       Klarifikasi dari berbagai tantangan terbesar itu adalah saling percaya dan tujuan hidup yang kuat. Dallam keluarga saling berbagi cerita (family talks), pasangan-pasangan muda lebih terbuka dalam berkomunikasi (young couples want more open communication), hubungan-hubungan dalam keluarga tetap kuat (family connections  are still strong), Pasangan-pasangan muda bekerjasama memecahkan permasalahan mereka (young couples team work to problem solving). Romo Teodulo menyimpulkan ada 5 point penting konseling dalam keluarga yaituSadar-dasar, Ingatlah berkat yang anda miliki, mukjizat  apa yang anda bayangkan dapat terjadi, penting untuk memiliki penanggung jawab dalam keluarga, dan bagaimana kita mewujudkan komitmen kita.

   

 

Home
Profile
Berita
Agenda
Fasilitas
Akademik
Pengumuman
SEMINAR PENDIDIKAN PGSD USD ( 2021 )
Alumni PGSD
PSIBK
Kuliah Umum
Magang Mahasiswa PGSD
KMD (Khursus Mahir Dasar)
hal. 1  2  3  4  5  
© 2021 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta