Berita

FKIP USD Selenggarakan Lokakarya Peninjauan RPS MKK

05-07-2022 07:38:46 WIB

“Masyarakat sedang berubah, demikian pula Pendidikan Dasar dan Menengah sedang berubah. Perubahan yang sedang terjadi pada Pendidikan Dasar dan Menengah mencakup: cara siswa belajar, integrasi materi yang dipelajari, model pembelajaran, serta harapan mengenai karakter dan kompetensi yang perlu dicapai oleh siswa setelah menjalani proses pendidikan”, demikian salah satu konteks dari penyelenggaraan Lokakarya Peninjauan Rencana Pembelajaran Semester Matakuliah Keahlian dan Keterampilan (RPS MKK)  yang disampaikan oleh Bapak Drs. Tarsisius Sarkim, M.Ed., Ph.D. Dekan FKIP Universitas Sanata Dharma (USD), dalam kata pengantar sebagai pembukaan Lokakarya tersebut. Kegiatan ini diselenggarakan Jumat, 24 Juni 2022, di Ruang Koendjono, Kampus 2 USD.  Di akhir kata pengantar, beliau menyampaikan harapan “semoga perubahan yang sedang kita lakukan untuk mata kuliah MKK sejalan dengan perubahan-perubahan lain di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) USD untuk mewujudkan Pendidikan yang semakin kontekstual dan relevan dengan kebutuhan guru generasi mendatang”.
Lokakarya dilaksanakan secara luring dan daring, yang dipimpin oleh Bapak Dr. Hongki Julie, S.Pd., M.Si. sebagai Wakil Dekan I FKIP USD yang sekaligus menjabat sebagai Koordinator MKK di FKIP.  Peserta lokakarya adalah segenap Kaprodi S1 di lingkup FKIP dan para Tim Reviewer RPS MKK, yang dihadiri sebanyak 25 peserta baik secara luring maupun daring.  Kegiatan ini merupakan bagian pertama dari keseluruhan rangkaian lokakarya yang masih akan dilanjutkan pada pertengahan bulan Juli mendatang.
Koordinator Tim Review Mata kuliah Manajemen Sekolah, Bapak Drs. Sugiarto Pudjohartono, M.T. mendapatkan kesempatan pertama untuk mempresentasikan hasil review RPS. Adapun anggota Tim reviewer RPS Mata kuliah Manajemen sekolah adalah Ibu Veronica Triprihatmini, S.Pd., M.Hum., M.A. dan Bapak Yoseph Kristianto, SFK, M.Pd. yang turut serta menambahkan pemaparan hasil review tersebut. Disampaikan beliau bahwa landasan peninjauan RPS adalah berdasarkan pengalaman mengajar dan mencoba mengakomodasikan ide mendatangkan tenaga ahli sebagai narasumber dalam kuliah ini. Secara garis besar tidak banyak perubahan yang dilakukan. Hal yang diubah oleh tim adalah pada bagian rencana pembelajaran, tidak ada penghilangan topik hanya ditata ulang dengan harapan RPS akan lebih tertata dan lebih jelas.
Pemaparan selanjutnya oleh Tim Reviewer Mata Kuliah Pengantar Pendidikan, Bapak Markus Budiraharjo, M.Ed., Ed.D. sebagai Koordinator, dengan anggota Bapak Rohandi, Ph.D. Secara substansi RPS yang dibuat sudah sangat kuat, tetapi masih ada wilayah-wilayah tertentu yang masih sangat luas. Di satu sisi cakupan wilayah yang luas ini memberikan kesempatan bagi pengembang pembelajaran untuk mengeksplorasi. Di lain pihak bagi yang lain, keluasan macam ini justru tidak membantu karena fokusnya menjadi tidak jelas.  Demikian salah satu bagian hasil review yang disampaikan oleh tim reviewer RPS mata kuliah Pengantar Pendidikan. Salah satu tambahan catatan dari Bapak Rohandi, Ph.D., adalah karena mata kuliah ini mata kuliah fakultas,  maka fakultas punya kesempatan untuk memberi warna dinamika pembelajaran dan apa yang ingin disampaikan ke mahasiswa, yang nanti bermuaranya pada saat mereka berkarya. Harapannya adalah mereka punya ciri sebagai lulusan dari fakultas kita, maka  pilihan-pilihan bahan ajar menjadi penting, dan juga mengenali realitas Pendidikan di Indonesia yang harus masuk dalam setiap kesempatan.
Setelah pemaparan dari para tim reviewer Bapak Hongki membuka kesempatan tanya jawab bagi peserta lokakarya. Tanggapan disampaikan oleh beberapa dosen. Di akhir lokakarya tersebut Bapak Hongki menyampaikan juga rencana ke depan setelah peninjauan RPS ini selesai, maka akan dilanjutkan dengan sosialisasi RPS kepada para tim pengampu, sehingga diharapkan tanggal 18 Juli 2022, semua prodi di FKIP bisa memasukkan kebutuhan mata kuliah  MKK untuk satu tahun mendatang. Perkiraan banyak mahasiswa yang akan mengambil mata kuliah tersebut, serta dosen yang berminat untuk mengampu, sehingga FKIP bisa merencanakan pelaksanaan MKK untuk semester depan secara lebih baik.
(AGN & MDS)



Berita ini sudah pernah ditayangkan di web USD pada tanggal 4 Juli 2022 dengan judul "FKIP USD Selenggarakan Lokakarya Peninjauan RPS MKK" dengan tautan https://www.usd.ac.id/berita.php?id=4504

 kembali