Berita

Pelatihan Teknik Penulisan Berita bagi Tendik FKIP USD

05-07-2022 07:37:44 WIB

Teknik penulisan berita, salah satu kegiatan pengembangan karyawan Tenaga Kependidikan  (Tendik) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sanata Dharma. Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah agar tendik bisa berkontribusi terhadap  keaktifan web  program studi maupun unit masing-masing.   Kegiatan diadakan pada Selasa, 21 dan Rabu, 30 Juni 2022, di Laboratorium Multimedia PGSD, pukul 13.00 s.d. 15.30. St.Kartono sebagai narasumber adalah seorang guru SMA Kolese de Britto yang kiprahnya di dunia kepenulisan sudah tidak diragukan lagi, terbukti dari hasil tulisannya di beberapa media. Pelatihan hari pertama dihadiri oleh 24 peserta, dan hari kedua 20 peserta.
“Menulis itu berbagi nilai-bermurah hati” demikian St.Kartono mengawali pelatihan di hari pertama dengan memberikan penjelasan tentang relasi antara “menulis” dengan nilai-nilai dasar USD. Pemaparan  tentang jenis-jenis tulisan media  yaitu : berita (news), opini (views) dan iklan (advertising) disampaikan secara jelas tapi dengan situasi yang santai dan penuh humor, sehingga peserta tidak merasa bosan, tetapi menjadi lebih bersemangat.  Dijelaskan pula bahwa dalam penulisan berita wajib mengandung 5W + 1H, yaitu unsur-unsur : Who (siapa), What (apa), When (kapan), Where (di mana), Why (mengapa) dan How (bagaimana). Peserta diberi tugas untuk mencoba menulis berita tentang pengalaman berkesan pada hari itu.  Selanjutnya hasil tulisan dievaluasi bersama. Di Akhir pertemuan pertama, peserta diberi tugas untuk membuat berita sesuai agenda kegiatan progam studi atau unit masing-masing yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
“Yang saya pikirkan adalah ribuan orang di belakang anda-anda semua yang ingin mengetahui informasi tentang Universitas Sanata Dharma atau program studi ini”, demikian St Kartono mengingatkan kepada peserta di pelatihan hari ke dua.  Peserta antusias mengikuti pelatihan ini, terbukti mereka mengerjakan tugas yang diberikan. Evaluasi tugas dilakukan setelah narasumber mengulang kembali hal-hal yang perlu diingat dalam menulis, serta membuka tanya jawab kepada peserta.  Tegas tetapi humoris itu yang dirasakan oleh peserta, saat evaluasi berlangsung.  “Jangan menghakimi diri sendiri, dengan merasa tidak mampu, atau takut tulisaannya jelek, tidak bermutu, yang penting adalah terus berlatih, dan konsultasikan ke saya melalui group, atau japri, perbaiki dan segera upload, demikian seterusnya”, St Kartono menegaskan.
Pelatihan diakhiri dengan ucapan terima kasih kepada narasumber dan seluruh peserta oleh Agnes Lusia Budi Asri sebagai Kepala Tata Usaha FKIP. “Harapan dari pelatihan ini seperti pada tujuan awal yaitu  kita sebagai Tendik FKIP semoga  sungguh bisa berkontribusi terhadap program studi atau unit masing-masing.  Salah satunya adalah ikut rasa memiliki web prodi dan unit. Mari kita ikut menghidupkannya, dengan menulis berita di web prodi dan unit kita masing-masing. Jika memungkinkan bisa juga mulai menulis untuk disampaikan ke web USD.  Terus semangat untuk selalu belajar, demi berkembangnya program studi maupun unit , fakultas, dan Universitas Sanata Dharma tercinta”, demikian KTU FKIP mengakhiri sambutan penutupnya.
(ATR & AGN)


Berita ini sudah pernah ditayangkan di web USD pada tanggal 4 Juli 2022 dengan judul "Pelatihan Teknik Penulisan Berita bagi Tendik FKIP USD" dengan tautan https://www.usd.ac.id/berita.php?id=4508

 kembali