Loading

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sanata Dharma

BERITA KEGIATAN

Event Expo Pendidikan Kimia (PKim) 2017: Pengenalan Prodi PKim ke Mahasiswa USD
Sabtu, 2 September 2017 di Kampus I, Mrican menjadi momen istimewa Prodi PKim USD untuk memperkenalkan dan mempromosikan Prodi PKim ke seluruh mahasiswa USD dalam event Expo. Kegiatan ini merupakan kegiatan regular yang diadakan semua prodi JPMIPA setiap tahunnya. Tahun 2017 ini merupakan tahun perdana Prodi PKim untuk terlibat bersama Prodi lain di JPMIPA. Dosen-dosen Prodi PKim dan dibantu dua mahasiswa prodi PBio merancang konsep Expo 2017 seperti penemuan mutakhir 4 unsur kimia terbaru, pengenalan tokoh-tokoh penting dalam kimia, aplikasi dan pemanfaatan nanoteknologi dalam bidang pertanian, dan pameran kegiatan dan kerja sama prodi PKim USD bersama Sogang University, Korea Selatan. Keempat informasi ini dikemas dalam bentuk poster outdoor.



Selain itu, Tim Prodi PKim juga menyiapkan alat peraga berupa molymood untuk memvisualisasikan bentuk molekul berbagai senyawa kimia. Ditambah lagi dengan Praktikum kimia sederhana dengan tema “Chemistry is Fun” yang meliputi reaksi menghasilkan gas dan  identifikasi indikator asam-basa alami. Percobaan pertama menggunakan limbah cangkang telur yang direaksikan dengan larutan asam cuka. Gas CO2 yang terbentuk dapat membantu mengembangkan balon. Percobaan kedua mengenai indikator asam basa menggunakan ekstrak tumbuhan (alami). Ekstrak kunyit yang digunakan dalam kegiatan ini merupakan salah satu contoh dari sekian banyak ekstrak nabati yang berpotensi sebagai indikator asam-basa alami dan dapat dijadikan sebagai alternatif praktikum di sekolah dan universitas.

Semua pengunjung yang hadir di booth Expo PKim mendapatkan stiker Prodi PKim USD. Mahasiswa baru USD mengamati informasi yang tersaji dalam poster kimia yang dipamerkan dan mencoba langsung alat peraga dan praktikum kimia yang disediakan. Praktikum kimia sederhana ini turut mengundang antusiasme berbagai mahasiswa USD, tak terkecuali mahasiswa Prodi PKim, yang pada saat itu sedang mengikuti kegiatan Infisa 2017. Acara ini berakhir pada pukul 12.00 WIB.
(JH)



 
© 2017 - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami  | 5 user(s) online