Loading

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sanata Dharma

BERITA KEGIATAN

Kuliah Umum Profesor Universitas Twente di Pendidikan Matematika USD

Program Studi S1 Pendidikan Matematika mendapat kunjungan dari Prof. Gerard Jeurnink dari Mathematics & Computer Science, Faculty of Electrical Engineering,University of Twente, Belanda. Jumat, 6 April 2018 di Ruang Multimedia, Gedung Pusat Kampus III USD Paingan diadakan kuliah umum prodi dengan pembicara prof. Jeurnink sebelum beliau mengkhususkan diri sharing dengan para dosen prodi, beliau ingin berbagi pengetahuan dengan mahasiswa dan dosen dalam kuliah ini.

Bahasan pada kuliah umum yang disampaikan oleh Prof. Jeurnink kepada mahasiswa S1 Pendidikan Matematika yaitu terkait topik Geometri. Prof Jeurnink menjelaskan bahwa “The Four Pillars of Geometry”  terdiri dari Euclid, Linear Algebra, Projective Geometry, and Transformation Groups. Selain itu beliau juga menjelaskan terkait Euler Line  dan Platonic Solids yang terdiri dari Tetrahedron, Cube, Octahedron, Dodecahedron, dan Icosahedron. Selanjutnya  bahasan terakhir yang disampaikan beliau yaitu geometri pada beberapa dimensi. Prof Jeurning mengatakan bahwa geometri tidak tebatas pada dimensi tiga saja namun geometri dapat digeneralisasikan pada dimensi lain seperti dimensi empat dan seterusnya. Kuliah umum ini memberikan manfaat bagi mahasiswa Pendidikan Matematika khususnya pada topik geometri. Salah satu manfaat yang dapat diperoleh mahasiswa Pendidikan Matematika adalah refrensi terkait cara penyampaian materi yang komunikatif dan didukung alat peraga yang konkrit. Selain itu dengan adanya perkuliahan umum ini mahasiswa mendapatkan informasi baru sehingga menambah ketertarikan terhadap topik geometri.

Pada kegiatan perkuliahan umum ini terdapat sesi tanya jawab antara Prof Jeurning dan mahasiswa. Sesi tanya jawab ini berlangsung kurang lebih 15 menit. Banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh mahasiswa dan dosen yang mengikuti perkuliahan umum. Salah satu pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa yaitu terkait rumus yang diberikan oleh Prof Jeurning dalam menghitung titik sudut, rusuk, dan sisi pada suatu bangun ruang. Dosen juga berpatisipasi aktif dalam diskusi bersama dengan Prof Jeuring. Beberapa peserta juga mendapatkan pengalaman langsung dalam memahami topik geometri. Kuliah umum ini  berlangsung dengan sangat  komunikatif dan menarik karena peserta dapat berinteraksi langsung dengan pembicara pada saat sesi berlangsung.

/Agnesia Iswara Nugrahaeni & Lime
*Foto: madset



 
© 2018 - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami  | 6 user(s) online