Loading

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sanata Dharma

BERITA KEGIATAN

Weekend Formasi Reflektif Ala Magister Pendidikan Matematika
Mahasiswa Magister Pendidikan Matematika melaksanakan kegiatan Formasi Reflektif  di Wisma PU Kaliurang, Yogyakarta pada hari Sabtu (22/9). Kegiatan ini rutin dilaksanakan tiap semester dan kali ini telah dilaksanakan untuk ketiga kalinya. Pesertanya adalah 50 mahasiswa Magister Pendidikan Matematika dari angkatan pertama (2015 ganjil) sampai angkatan keempat (2017 ganjil). Tema yang diangkat kali ini adalah “I’ll Treat You Better”.
Selain sebagai ajang untuk memupuk rasa kekeluargaan dan keakraban antar angkatan, formasi reflektif juga dilaksanakan sebagai upaya untuk menginternalisasi nilai-nilai dasar FKIP sehingga mahasiswa dapat menjadi pendidik yang mumpuni, cinta anak didik, dan murah hati. M.Andy Rudhito sebagai Kaprodi Magister Pendidikan Matematika dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan formasi reflektif adalah sebagai fasilitas Prodi dan merupakan hak dari tiap mahasiswa untuk dibentuk melalui serangkaian aktivitas sehingga diperoleh nilai-nilai kehidupan yang didapatkan melalui refleksi.
Kegiatan yang berlangsung Sabtu siang sampai Minggu siang ini (namanya juga weekend) terdiri dari 4 sesi. Sesi 1 adalah pengenalan Universitas dan Program Studi, sesi 2 adalah sesi Sigh, Shoothe, and Sight, sesi 3 adalah sesi “Gestur dan Lingkaran Sosial”, dan sesi 4 adalah “Menjadi Pendidik yang Cerdas dan Humanis”. Melalui sesi-sesi ini, mahasiswa diajak berfleksi dan berbagi pengalamannya selama menjadi pendidik ataupun saat menjadi siswa, hal-hal apa yang dapat direfleksikan agar dapat memperbaiki atau mengembangkan seni dalam mengajar sehingga menunjukkan pendidik yang memahami dan peduli pada siswa, serta pendidik yang kompeten sehingga dapat menciptakan pembelajaran matematika lebih bermakna.
Pada sesi 2, mahasiswa diajak menonton film Taare Zameen Par yang bercerita tentang guru yang sangat memahami siswanya yang “spesial”. Siswa spesial ini memiliki keterbatasan dalam membaca, menulis, dan berhitung. Siswa ini membaca dan menuliskan huruf dan angka dengan cara terbalik sehingga ia kesulitan untuk mengikuti pembelajaran. Ia sudah tidak naik kelas 3 kali dan berpindah-pindah sekolah, sampai akhirnya siswa ini bertemu dengan guru yang dapat memahami dirinya dan menemukan talenta terbesarnya yaitu melukis. Sebagian besar peserta formasi reflektif termehek-mehek saat menonton cuplikan film ini. Hati peserta tersentuh dengan kesungguhan pendidik dalam mendidik siswanya yang spesial ini. Setelah menonton cuplikan film ini, peserta saling belajar dan berbagi pengalamannya baik dalam mengajar maupun saat menjadi siswa.
Sesi “Gestur dan Lingkaran Sosial”dibungkus dalam kegiatn outbound yang terdiri dari permainan-permainan yang seru. Peserta dibagi dalam kelompok-kelompok yang terdiri dari berbagai angkatan dan usia, peserta saling bekerjasama untuk memecahkan tantangan dalam permainan, salah satunya saat peserta diminta untuk mengambil secarik kertas dalam lingkaran dengan syarat tidak boleh ada satu anggota tubuhpun yang menyentuh tanah. Di situ kekompakkan dan kekritisan peserta dalam menyusun strategi diuji dan semua kelompok mampu membuktikan kekompakkannya.
Sesi 4 diisi oleh Bapak St. Kartono yang membagikan pengalamannya tentang bagaimana seorang pendidik seharusnya memperlakukan siswa. Ada 3 faktor yang mempengaruhi pengalaman dan hasil pembelajaran siswa di sekolah: faktor keluarga, pendidik yang berkompetensi, dan pendidik yang humanis.
Peserta menikmati kegiatan ini, dalam salah satu evaluasi kegiatan ada yang menuliskan bahwa peserta ingin kegiatan ini dilaksanakan sampai 3 hari. Bahkan salah satunya yang lucu adalah ada peserta yang mengungkapkan bahwa kegiatan ini membuat nafsu makannya bertambah. Hihihiiii
Melalui kegiatan formasi reflektif ini, Prodi berharap mahasiswa Magister Pendidikan Matematika dapat menjadi pendidik yang lebih menginspirasi dan memperlakukan siswa dengan lebih baik. 
Oleh : Stephani R.L




 
© 2017 - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami  | 5 user(s) online