Loading

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sanata Dharma

Informasi PLPG (Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru)

Selamat Datang

 
 C e r d a s   d a n   H u m a n i s

 

 

PENDIDIKAN DAN LATIHAN PROFESI GURU

PLPG - 2017

RAYON 138

UNIVERSITAS SANATA DHARMA


 

(admin)

   

Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) merupakan pola sertifikasi dalam bentuk pelatihan yang diselenggarakan oleh Rayon LPTK untuk memfasilitasi terpenuhinya standar kompetensi guru peserta sertifikasi. Beban belajar PLPG sebanyak 90 jam pembelajaran selama 12 (1 hari presentasi hasil pembelajaran mandiri (prakondisi) 10 hari kegiatan pembelajaran dan ujian PLPG dan 1 hari Uji Kompetensi Guru) hari dan dilaksanakan dalam bentuk perkuliahan dan workshop menggunakan pendekatan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM). Kegiatan Perkuliahan dilaksanakan untuk penguatan materi bidang studi, model-model pembelajaran, dan kompetensi pedagogik. Workshop dilaksanakan untuk mengembangkan rancangan pembelajaran, mengemas perangkat pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran, dan perangkat evaluasi pembelajaran. Daral proses pelatihan terdapat Ujian PLPG dan pada akhir PLPG dilaksanakan uji kompetensi (UKG/UTN) dimana UKG/UTN dilaksanakan secara daring (online)

PLPG di Rayon 138 Universitas Sanata Dharma akan dimulai pada tanggal 2 Oktober 2017. Pra-Kondisi dimulai pada awal bulan Juli 2017. Peserta PLPG 2017 di Rayon 138 berjumlah 541. Peserta meliputi guru-guru yang berasal dari Kabupaten Kebumen, Kabupaten Purworejo, Kota Magelang, Kabupaten Salatiga dan Kabupaten Batang Jawa Tengah.

Bidang studi kegiatan PLPG di Rayon 138 Universitas Sanata Dharma meliputi:
 
No   Bidang Studi  
1.   Guru Kelas SD  
2.   Bahasa Inggris  
3.   Bahasa Indonesia  
 4.   Matematika  
 5.   IPA  
 6.   Bimbingan dan Konseling  
       
 
 
 Alur Sertifikasi Guru 2017 dan Posisi PLPG



(pope)

 
© 2017 - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami  | 14 user(s) online