Loading

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sanata Dharma

BERITA KEGIATAN

SEMINAR ILMIAH MENGINSPIRASI MAHASISWA UNTUK TERUS BERKARYA DAN MENGEMBANGKAN DIRI
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | 10 November 2020
SEMINAR ILMIAH MENGINSPIRASI MAHASISWA UNTUK TERUS BERKARYA DAN MENGEMBANGKAN DIRI :: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan USD YogyakartaSeminar Ilmiah Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia berlangsung pada hari Sabtu, 7 November 2020. Kegiatan yang menginspirasi ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-57 Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
            Mahasiswa Prodi PBSI mengikuti kegiatan seminar melalui media zoom. Acara yang dimulai pada pukul 08.00 WIB ini dipandu oleh MC Adit dan Pudak. Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Sanata Dharma. Setelah itu, mahasiswa disambut oleh wakaprodi, yaitu Danang Satria Nugraha, S.S., M.A.
            Dalam seminar ilmiah ini ada empat narasumber yang hebat. Narasumber pertama ialah Sudaryanto, S.Pd., M.Pd. yang merupakan seorang dosen dari Universitas Ahmad Dahlan. Beliau memaparkan tentang pentingnya kemampuan 5C dan soft skill yang bertujuan untuk memperkuat mental, memperluas relasi, dan mampu bersaing dalam dunia kerja. Pemateri selanjutnya adalah Riswanda Himawan, guru Bahasa Indonesia SMPIP Al Mubtadiien Bantul. Beluai menjelaskan bahwa pembelajaran berbasis inkuiri dapat digunakan di masa pandemi karena pembelajaan ini dapat dikombinasikan dengan teknologi dan bisa dilakukan secara jarak jauh.
            Narasumber ketiga adalah Anindya Widya Damaris, mahasiswi PBSI Unversitas Sanata Dharma. Ia menyanyikan sepenggal lagu berjudul ‘karena Cinta’ karya Glenn Fredly untuk kembali membangkitkan semangat peserta seminar sebelum menerangkan materi mengenai peran mahasiswa bahasa yang cerdas, humanis, dan profesional dalam aksi global Sustainable Development Goals. Narasumber terakhir yaitu Al Arafi yang merupakan mahasiswa Univesitas Negeri Yogyakarta. Beliau mengenalkan inovasinya yang bertujuan untuk meningkatkan budaya literasi siswa berbasis augmented reality yang disebut Smart Card of Culture atau SCART. Pada sesi diskusi yang dimoderatori oleh Jasmine Belinda, mahasiswa aktif bertanya kepada narasumber untuk memperdalam pengetahuan mereka.
Pada akhir acara, Rishe Purnama Dewi, S.Pd., M.Hum. selaku kaprodi mengucapkan terima kasih kepada narasumber atas ilmu dan motivasi yang sudah diberikan kepada mahasiswa. Ucapan terima kasih juga ditujukan kepada panitia yang telah berperan dalam menyukseskan acara Seminar Ilmiah Mahasiswa ini.

(GIS & DF)
lihat berita Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia lainnya>>
hal. 1  ...  3  4  5  6  7  ... 68
 
© 2020 - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami  | 9 user(s) online