Loading

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sanata Dharma

BERITA KEGIATAN

Seminar Dies Natalis Ke-IV Program Studi Pendidikan Kimia USD
Pendidikan Kimia | 22 November 2020

       Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-IV Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Sanata Dharma, diadakan berbagai macam kegiatan untuk memeriahkan peringatan ini. Salah satu kegiatan menarik yang diadakan yakni Seminar Dies Natalis ke-4 Program Studi Pendidikan Kimia USD dengan tema "Pembelajaran Kimia Secara Daring Selama Masa Pandemi" secara daring melalui platform media online zoom. Kegiatan ini diadakan pada hari Sabtu, 21 November 2020 dengan  pembicara Ibu Tjandrawati Nugraha, M.Pd. selaku guru kimia SMA Kolese Loyola, Semarang. Kegiatan seminar ditujukan untuk umum dan seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia diwajibkan untuk mengikuti kegiatan ini. Selain dihadiri oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia USD, terdapat pula tamu undangan yang berasal dari lembaga perguruan tinggi lain, serta para guru SMA Kolese Loyola.
      Seminar dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-4 ini bertujuan untuk memberikan tips belajar kimia secara daring yang menyenangkan bagi peserta didik dan berbagi pengalaman mengajar secara daring. Acara diawali dengan berdoa, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Wakaprodi Pendidikan Kimia USD, Ibu Risnita Vicky Listyarini, M.Sc. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sharing pengalaman oleh beberapa mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia angkatan 2017 yang baru saja melaksanakan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Perencanaan Pembelajaran dan Pengelolaan Pembelajaran. Dengan adanya sharing pengalaman ini tentunya dapat menambah pengetahuan bagi seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia mengenai praktik mengajar di sekolah serta tantangan yang dihadapi selama mengajar di tengah pandemi.
    Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi inti oleh pembicara. Materi yang disampaikan berupa pengalaman mengajar oleh Ibu Tjandra yang telah berpengalaman mengajar mata pelajaran kimia di SMA Kolese Loyola. Pembicara juga sempat melakukan praktikum secara live dengan materi kimia tentang koloid dan sifat koligatif larutan. Hal yang menjadikan praktikum secara live ini menjadi istimewa yakni dihubungkan dengan kegiatan memasak yang menjadi hobi dari pembicara. Oleh karena itu, topik pembelajaran kimia menjadi relevan dengan kehidupan kita sehari-hari. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan diskusi antara pembicara dan peserta, lalu ditutup dengan doa bersama.

(TKL & GYW)
lihat berita Pendidikan Kimia lainnya>>
hal. 1  2  3  4  5  ...  68
 
© 2020 - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami  | 7 user(s) online