Loading

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sanata Dharma

BERITA KEGIATAN

YOUTH SERICE LEARNING “MENUMBUHKAN SIKAP KEPEDULIAN DI ERA PANDEMI DENGAN BERBAGI KEPADA SESAMA”
Pendidikan Guru Sekolah Dasar | 31 March 2022

       
       PGSD USD kembali melakukan kegiatan bagi mahasiswanya sebagai salah satu cara menumbuhkan sikap kepedulian kepada sesama melalui kegiatan Youth Service Learning. Kegiatan Youth Service Learning ini merupakan sebuah kegaitan yang dilakukan oleh mahasiswa secara individu kepada lingkungan disekitarnya, baik itu untuk menolong sesama, hewan maupun alam disekitar mahasiswa tersebut. Tujuan dari dilakukannya kegiatan Youth Service Learning ini adalah untuk menumbuhkan sikap kepedulian di era pandemi dengan berbagi kepada sesama.

       Kegiatan Youth Service Learning yang dikhususkan bagi mahasiswa PGSD semester 1 & 3 ini dimulai pada tanggal 30 Oktober 2021 dan berakhir pada tanggal 17 November 2021 dan seluruh kegiatan Youth Service Learning ini dilakukan secara online oleh mahasiswa. Youth Service Learning ini memiliki beberapa rangkaian kegiatan didalamnya. Dimulai dengan Technical Meeting & Refleksi yang dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober 2021. Refleksi atau pendalaman terkait Youth Service Learning ini diberikan oleh Bruder Yohanes Sarju, SJ, M.M. Pada TM & Refleksi ini mahasiswa dikumpulkan dalam 1 ruang zoom meeting untuk mendapatkan informasi terkait kegiatan ini serta mendapatkan arahan apa saja yang harus dilakukan mahasiswa untuk mengikuti kegiatan ini sehingga selanjutnya mahasiswa dapat merefleksikan kegaitan apa yang akan dilakukan nantinya.

       Setelah mendapatkan ide kegiatan yang akan dilakukan, mahasiswa membuat proposal kegiatan dan mengumpulkannya pada 6 November 2021 dan dilanjutkan dengan pengumpulan video kegiatan pada 10 November 2021. Dalam pembuatan proposal kegiatan tersebut mahasiswa membuatnya secara individu dan setiap mahasiswa diberi kebebasan untuk memilih materi atau tema yang ditentukan oleh panitia saat technical meeting, namun boleh menggunakan tema di luar ketentuan (tema sendiri) yang dibuat oleh mahasiswa. Sedangkan dalam pembuatan video mahasiswa harus membuat video tersebut sekreatif mungkin dan harus berisikan cuplikan terkait kegiatan yang dilakukan secara langsung sesuai dengan proposal yang dibuat. Terdapat 2 prosedur pengumpulan video yang harus dilakukan oleh setiap mahasiswa dalam kegiatan ini, yaitu pengumpulan melalui google drive dan juga dengan di upload di sosial media Instagram milik masing-masing mahasiswa.
       Setelah video diunggah oleh setiap mahasiswa semester 1 & 3, kemudian akan dilakukan penilaian oleh tim penilai yang berasal dari panitia dan juga Bapak Apri Damai Sagita Krissandi, S.S., M.Pd. Penilaian kegiatan Youth Service Learning yang dilakukan oleh mahasiswa semester 1 & 3 ini dilakukan selama 6 hari yang dimulai sejak 11 November 2021 – 17 November 2021 mengingat banyaknya jumlah mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini. Dari kegiatan Youth Service Learning yang telah dilakukan ini diharapkan agar mahasiswa PGSD USD semakin peka dan memiliki kepedulian yang tinggi terhadap apa yang terjadi pada lingkungan sekitarnya. Dari kepedulian itu kemudian muncul suatu kebiasaan baru yang dapat menjadi point tambahan bagi pengembangan diri dan karakter setiap mahasiswa PGSD USD ini.
lihat berita Pendidikan Guru Sekolah Dasar lainnya>>
hal. 1  2  3  4  5  ...  72
 
© 2022 - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami  | 18 user(s) online