Loading

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sanata Dharma

BERITA KEGIATAN

IMPLEMENTASI MBKM Sosialisasi PMAT USD Sebagai Penyelenggara Program IndoMS-School 2021
Pendidikan Matematika | 15 June 2021
IMPLEMENTASI MBKM Sosialisasi PMAT USD Sebagai Penyelenggara Program IndoMS-School 2021  :: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan USD Yogyakarta


Program Studi Pendidikan Matematika (PMAT) Universitas Sanata Dharma (USD) mensosialisasikan kegiatan IndoMS-School 2021 pada Kamis, 10 Juni 2021 melalui zoom dan live di kanal Youtube Pendidikan Matematika USD. Kegiatan ini dihadiri oleh para Ketua Program Studi (Kaprodi) Matematika dan Pendidikan Matematika dari perguruan tinggi se-Indonesia, dengan harapan mahasiswa mendaftar kuliah atas sepengetahuan Kaprodi.

Himpunan Matematika Indonesia (the Indonesian Mathematical Society, IndoMS) adalah institusi yang beranggotakan profesi matematikawan seperti dosen, peneliti, dsb se-Indonesia untuk membina dan mengembangkan matematika dan pendidikan matematika, serta meningkatkan peranan matematika dan pendidikan matematika di Indonesia. Dalam rangka mendukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)  maka IndoMS mengadakan kuliah yang bisa diikuti mahasiswa dari Program Studi Matematika dan Program Studi Pendidikan Matematika dari perguruan tinggi se-Indonesia.

IndoMS menunjuk PMAT USD bersama S1 Matematika FSM Universitas Kristen Satya Wacana sebagai penyelenggara IndoMS-School dengan mata kuliah Pemodelan Matematika dengan Geogebra. Dalam (MBKM) program ini termasuk dalam kuliah di luar kampus dengan bobot minimal 2 SKS. Dosen PMAT USD sebagai salah satu pengajar di IndoMS-School 2021, Dr. Marcellinus Andy Rudhito, S.Pd., menyampaikan perkembangan teknologi informasi dalam pembelajaran matematika saat ini terus berkembang. Salah satu aplikasi matematika dinamis yang sangat berguna dan terus berkembang adalah GeoGebra. Aplikasi ini sangat potensial untuk digunakan dalam pemodelan matematika, terlebih dari aspek eksplorasi dan analisa penyelesaian pemodelan. Kompetensi pemodelan matematis di zaman sekarang ini dan untuk masa depan akan menjadi lebih lengkap dan berdaya guna jika dilengkapi dengan kompetensi penggunaan Aplikasi GeoGebra sebagai alat bantu berpikir, bereksplorasi dan analisa. Untuk mendukung dan mencapai kompetensi tersebut maka perlu diadakan kuliah yang membekali kompetensi pemodelan matematis dengan bantuan Aplikasi GeoGebra. Dosen yang merangkap sebagai Ketua Jurusan Matematika dan MIPA USD ini melanjutkan dengan menyampaikan silabus dan satuan acara perkuliahan yang akan ditempuh mahasiswa selama mengikuti program ini, dan tentu dilaksanakan secara daring dengan pemanfaatan Learning Management System (LMS) dan web meeting.

Beni Utomo, Msc., Kaprodi PMAT USD, menegaskan desain kegiatan ini sudah disusun agar bisa diakui sebagai bagian dari implementasi MBKM. Desain kegiatan yang sudah disesuaikan termasuk dalam Capain Pembelajaran (CP) perkuliahan ini yang salah satunya adalah CP keterampilan Umum: mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.

Drs. Sardulo Gembong, M.Pd. dari Pendidikan Matematika Universitas PGRI Madiun menyampaikan pertanyaan tentang kemungkinan bisa diikuti prodi lain seperti Pendidikan Biologi atau Pendidikan Akuntansi. Pertanyaan ini ditanggapi Dr. Marcellinus Andy Rudhito, S.Pd. bahwa permasalahan yang dimodelkan nantinya memang bisa lebih jauh sampai, jadi memang bisa diarahkan ke biologi dan akuntansi. Jadi tidak menutup kemungkinan akan terbuka untuk prodi yang lain agar terjadi kolaborasi dengan bidang di luar matematika. Informasi selengkapnya tentang pelaksanaan IndoMS-School 2021: Pemodelan Matematika dengan Geogebra dan pendaftaran peserta bisa diakses di www.usd.ac.id/s1pmat.

(mds)
 
lihat berita Pendidikan Matematika lainnya>>
hal. 1  2  3  4  5  ...  71
 
© 2021 - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami  | 11 user(s) online