Loading

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sanata Dharma

BERITA KEGIATAN

HMPS PMAT USD Bekali Calon Lulusan USD dengan Workshop Kepribadian
Pendidikan Matematika | 03 June 2021



Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Matematika (PMAT) Universtitas Sanata Dharma (USD) pada hari Jumat (28/5) menyelenggarakan Workshop Kepribadian dengan tema “Toolbox For Your Dreams Job” di tahun 2021. Kegiatan ini menghadirkan dua pembicara profesional dari luar USD, yaitu Bernadeta Kusdiantari,S.Psi., Psikologi, CHCM,CT dan Vincetia Ananda A.P.,M.I.Kom., serta moderator dari mahasiswa PMAT USD yaitu Dimas Evan Sanctus. Workshop ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom serta disiarkan secara langsung di kanal Youtube HMPS Pendidikan Matematika USD.

Workshop ini ditujukan bagi mahasiswa yang akan memasuki dunia pekerjaan sehingga juga terbuka untuk mahasiswa dari luar PMAT USD. Melalui serangkain kegiatan workshop ini para peserta memperoleh tips membuat Curiculum Vitae (CV) yang menarik, tips interview kerja, dan cara menjadi pembicara di saat rapat maupun saat presentasi. Acara ini dimulai pukul 13.00 WIB dengan disambut oleh Yuditasari, mahasiswa PMAT USD,  selaku MC, dengan dihadiri 68 pengguna zoom dari mahasiswa USD dan dosen. Agenda inti dari acara ini adalah sharing dari kedua narasumber dengan dipandu moderator.

Bernadeta Kusdiantari disapa dengan Dian ini merupakan narasumber sesi pertama, alumni Psikologi UGM ini membagikan pengalamannya selama bekerja sebagai recruitment apprentice hingga konsultan. Dalam kegiatan ini topik yang dibahas adalah cara membuat CV dan Interview. Terdapat beberapa tips dari Ibu Dian untuk para peserta workshop ini, pertama bahwa pada penulisan CV perlu memperhatikan beberapa prinsip yaitu eye catching, relate dengan pekerjaan dan skill, lalu apa yang ditulis pada CV dapat dibuktikan dan bukan sebuah karangan. Pada proses pengiriman tidak boleh sekedar mencoba-coba sehingga perlu melakukan riset terlebih dahulu terhadap perusahaan atau bidang pekerjaan yang ingin dilamar, hal itu termasuk dengan pelengkapan lain sesuai dengan ketentuan perusahaan. Lalu untuk interview khususnya interview online hal yang perlu diutamakan yaitu mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, kemudian dalam hal teknis seperti persiapan waktu, kondisi peralatan, signal, suasana yang tenang, pencahayaan, dan penampilan perlu diperhatikan juga. Adapun satu pesan dari penyabet Culture Ambasador Mia Patria tahun 2021 dan 2013 ini untuk peserta workhop ini bahwa semua pekerjaan yang diambil harus sesuai dengan passion, karena semua yang dikerjakan dengan semangat diharapkan menghasilkan hal yang bermanfaat.dan dapat dibanggakan.

Sesi kedua dilanjutkan oleh Vincentia Ananda. Dengan nama panggilan Anda. Beliau merupakan seorang yang berpengalaman sebagai seorang professional trainer. Alumni S1 Ilmu Komunikasi Universitas Jenderal Soedirman dan S2 Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maretini menyampaikan bagaimana cara menghadapi dunia kerja khususnya menjadi pembicara yang percaya diri di depan umum.seperti saat presentasi maupun rapat. Ada beberapa hal dari dosen Universitas Katolik Soegijapranata ini tekankan untuk para speaker atau sebagai pembicara yaitu perlu paham apa tujuan yang dibicarakan, konsisten pengalokasian waktu, memperhatikan bahasa tubuh, memperhatikan power point yang ditampilkan dan jangan pernah meminta maaf atas yang sudah disampaikan saat berposisi sebagai konklusi, karena sebagai pembicara kita hendaknya bertanggung jawab atas argument yang disampaikan.

Setiap sesi sharing bersama narasumber tak lupa diselipkan sesi tanya jawab. Moderator mempersilahkan penanya melalui zoom dan live chat di kolom obrolan YouTube. Diskusi seputar interview saat melamar kerja dan berpublic speaking menjadi bahasan selama sesi tanya jawab berlangsung. Pada akhir workhop ini juga diumumkan bahwa untuk setiap peserta yang aktif bertanya dan beberapa peserta beruntung karena telah mengumpulkan CV akan memperoleh doorprize dari panitia.

Brigita,mahasiswa Pendidikan Matematika 2019, berpendapat bahwa ia merasa senang karena dengan adanya kegiatan ini dirinya merasa mendapat banyak hal, banyak informasi yang menambah wawasannya, baik dari Ibu Dian maupun Ibu Anda dan ditambahkan juga bahwa ia sangattertarikdengan bahasan public speaking ini.

(DRM & MDS)

sumber: https://www.usd.ac.id/berita.php?id=4361
lihat berita Pendidikan Matematika lainnya>>
hal. 1  2  3  4  5  ...  71
 
© 2021 - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami  | 10 user(s) online