Loading

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sanata Dharma

BERITA KEGIATAN

Sosialisasi PKM 2021 bagi Mahasiswa FKIP USD dari HMPS PMAT USD
Pendidikan Matematika | 03 June 2021



Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Matematika (PMAT) Universtitas Sanata Dharma (USD) pada hari Sabtu, 29 Mei 2021 menyelenggarakan sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2021 dengan tema “Jiwa Muda Berkarya Dalam Mematri Kreasi & Berkolaborasi Mewujudkan Aksi”. Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari internal USD yaitu: Maria Suci Apriani, S.Pd., M.Sc.; Agustina Rini Purbosari; Rosario Litani Dewi; Pinta Suci Wati Gulo; dan Syukur Rahmat Gulo. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom serta dibagikan di kanal Youtube HMPS Pendidikan Matematika USD.

Sosialisai ini ditujukan bagi mahasiswa FKIP USD Angkatan 2020. Acara yang dibuka oleh Brigita Jessica Celvian Efrydianta dan Maria Anjelina Dede selaku MC ini dihadiri 69 pengguna zoom dari mahasiswa USD dan dosen pembimbing PKM. Agenda inti dari acara ini adalah pembahasan tentang PKM dan pelaksanaan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) serta sharing dari peserta PIMNAS 2019 dan peserta PKM 2020.

Dalam pembahasan PKM dan PIMNAS, Maria Suci Apriani, S.Pd., M.Sc., selaku dosen serta tim manajemen PKM USD menyampaikan, “Apapun yang dilakukan di PKM pasti akan dapat berfungsi dan bermanfaat saat kalian skripsi maupun nanti masuk dunia kerja”.

Sesi kedua dilanjutkan dengan sharing bersama peserta PKM 2019 dan 2020. Agustina Rini dan Rosario merupakan anggota tim PIMNAS 2019 menjadi pembuka pada sharing ini. Mereka membagikan pengalamannya saat mengikuti PKM hingga mengikuti PIMNAS. Dalam sesi ini mereka menuturkan bahwa dari ide kecil mereka ternyata membuahkan hasil yang di luar dugaan. Selain itu Rosario juga membagikan beberapa tips untuk peserta PKM agar dapat lolos PIMNAS mengikuti jejaknya pada tahun 2019. Adapun tips yang diberikan yaitu pertama, para peserta perlu menentukan jenis PKM apa yang akan dituju lalu  membuat proposal sesuai dengan pedoman PKM, kedua peserta juga perlu menemukan ide yang sesuai dengan keadaan saat ini, ketiga peserta juga perlu membentuk tim yang anggotanya sefrekuensi agar dalam pembuatan proposal menjadi lebih sinergis karena dalam kegiaian PKM itu berlangsung sangat lama sehingga diperlukan tim yang benar-benar solid dan yang terakhir setalah semua usaha diakukan peserta perlu menyerahkan hasil kepada Tuhan. Tak jauh beda dengan tim sebelumnya, tim Pinta dan Syukur juga membagikan pengalaman mereka dari membuat prososal hingga didanai. Mereka membagikan suka dan duka yang mereka rasakan selama membuat proposal bersama tim. Pinta menuturkan bahwa mereka awalnya tidak berambisi untuk lolos karena kegiatan ini merupakan kegiatan yang wajib diikuti setiap mahasiswa Pendidikan matematika khususnya. Namun setelah melihat bahwa kegiatan PKM ini merupakan kegiatan yang cukup bergengsi ia beserta timnya mereka bertekad untuk mencoba berusaha semaksimal mungkin untuk membuat program kegiatan yang menarik.

Setiap sesi sharing bersama narasumber tak lupa diselipkan sesi tanya jawab. MC mempersilakan penanya melalui Zoom. Diskusi seputar kegiatan PKMmenjadi bahasan selama sesi tanya jawab berlangsung. Pada akhir sosialisasi ini juga diumumkan bahwa untuk beberapa peserta beruntung akan memperoleh hadiah dari kuisyang diselipkan panitia ketika acara berlangsung.

(DRM & MDS)

sumber: https://www.usd.ac.id/berita.php?id=4362
lihat berita Pendidikan Matematika lainnya>>
hal. 1  2  3  4  5  ...  71
 
© 2021 - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami  | 10 user(s) online