Loading

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sanata Dharma

BERITA KEGIATAN

Rangkaian Acara Dies Natalis ke-4 Prodi Pendidikan Kimia
Pendidikan Kimia | 18 December 2020

Prodi Pendidikan Kimia, USD merayakan Dies Natalis Ke-4 pada tahun ini. Seremonial Puncak Dies Natalis ke-4 dilaksanakan pada Sabtu, 28 November 2020 dengan misa syukur dan selebrasi secara daring. Siaran langsung disiarkan melalui kanal Youtube, Pendidikan Kimia Universitas Sanata Dharma. Perayaan kali ini dilaksanakan dan disiarkan secara langsung dari Laboratorium Micro Teaching, Pendidikan Kimia. Dies Natalis ke-4, Prodi Pendidikan Kimia mengambil tema yaitu “CESIUM: Chemistry Enhances the Inception of Humanity

Perayaan terjadi di tengah pandemi yang membatasi kemeriahan perayaan Dies Natalis yang biasanya dilakukan secara luring. Meskipun demikian, pembatasan justru memantik kreativitas penyelenggaraan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Hadir dalam perayaan ini Kaprodi Prodi Pendidikan Kimia yaitu Drs. T.Sarkim, Ph.D., segenap dosen prodi Pendidikan Kimia, perwakilan setiap angkatan, dan beberapa panitia. Perayaan misa syukur diawali dengan didahului refleksi dengan Rm. Apolinaris Apolinaris Snoe Tonbesi. Dalam sambutannya, Bapak Sarkim sebagai Kaprodi mengajak segenap civitas akademika Prodi Pendidikan Kimia untuk berdamai dengan pandemi. Dengan berdamai, pandemi dapat menjadi kesempatan untuk belajar hal-hal baru seperti yang dialami oleh para dosen dalam menyiapkan dan melaksanakan dinamika perkuliahan. Dies Natalis ini juga diisi oleh persembahan tiap angkatan dan pengumuman hasil lomba intern serta lomba untuk umum.

Lomba-lomba diadakan dalam rangka Dies ini yaitu Lomba Poster Nasional untuk tingkat SMA/sederajat dan Lomba Esai Nasional untuk mahasiswa. Lomba Poster Nasional diikuti oleh tiga puluh sembilan peserta dari Sumatra, Jawa, Bali, dan Kalimantan. Pemenang lomba poster berturut-turut adalah Matias Ganjar (SMA Seminari Mertoyudan), Alicia Tandianto (SMA Stella Duce 1 Yogyakarta), dan Anastasia Shendy (SMA Don Bosco Serang).  Lomba Esai Nasional diikuti oleh tujuh belas  mahasiswa lintas universitas antara lain, Universitas Sanata Dharma, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Semarang, Universitas Diponegoro, Universitas Udayana, Universitas Bengkulu, Universitas Katolik Soegijapranata, Institut Teknologi Bandung, Politeknik Negeri Sriwijaya, Institut Agama Islam Negeri Salatiga mengikuti lomba esai nasional. Pemenang Lomba Esai Nasional tersebut adalah Angela Seriang dari Universitas Sanata Dharma terpilih sebagai juara pertama, Desfiana dari Institut Agama Islam Negeri Salatiga sebagai juara kedua, dan Eben Heizier dari Universitas Gajah Mada sebagai juara ketiga.

Rangkaian acara Dies Natalis ke-4 Prodi Pendidikan Kimia sendiri dibuka dengan kegiatan Bakti Sosial yang dilaksanakan pada 18 September 2020 lalu. Tema dari bakti sosial tahun ini adalah “Gerakan Kecil Selamatkan Dunia”. Kegiatan bakti sosial kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya dikarenakan  pandemi Covid-19 yang telah melanda di seluruh penjuru negeri. Kegiatan bakti sosial tahun 2020 dilaksanakan dengan membagikan hand sanitizer kepada beberapa sekolah di daerah Sleman yaitu SMA Pangudi Luhur Sedayu dan SMP Aloysius Turi. Pihak sekolah merasa sangat berterimakasih atas sumbangan hand sanitizer yang diberikan.





Rangkaian acara Dies selanjutnya adalah webminar yang dilaksanakan pada Sabtu, 21 November 2020. Tema Webminar adalah “Pembelajaran Kimia secara Daring selama Masa Pandemi” dengan pembicara yaitu Tjandrawati Nugraha, M.Pd., Guru Kimia di SMA Kolese Loyola Semarang. Webminar ini diikuti oleh 143 peserta dari Universitas Sanata Dharma, Universitas Nusa Cendana, Universitas Negeri Semarang, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Lampung, Universitas Riau, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi dan Kesehatan Bali, Stikes Panti Wilasa, juga para guru dari SMA Kolese Loyola, Semarang.



Sempat gagap dan nelongso karena video pembelajaran yang telah disiapkan dengan susah payah tidak ditonton para siswa, Ibu Tjandrawati kemudian berusaha untuk menemukan motivasi dan cara-cara untuk tetap dapat memberi pembelajaran yang menarik kepada para siswa di tengah pandemi. Dari proses belajar bersama para guru di SMA Kolese Loyola dan kreativitasnya, beliau menemukan sebuah cara untuk membuat percobaan Kimia menarik. Percobaan kimia yang dilakukan melibatkan bahan-bahan yang biasa digunakan sehari-hari, terutama yang berhubungan dengan masak-memasak mengingat keseharian Ibu Tjan juga sebagai ibu rumah tangga berkaitan dengan mengolah makanan. Maka, jadilah pembuatan acar mentimun dan sambal goreng sebagai percobaan Kimia yang mudah dipahami para siswa dan tentu saja meningkatkan selera. Dalam webminar ini juga dilakukan praktikum kimia secara live  oleh pembicara.
(RSW & RVL)

lihat berita Pendidikan Kimia lainnya>>
hal. 1  2  3  4  5  ...  68
 
© 2021 - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami  | 4 user(s) online