Loading

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sanata Dharma

BERITA KEGIATAN

Hari Pertama Insipro Pendidikan Kimia USD 2020
Pendidikan Kimia | 13 October 2020

       
        Pada tahun ini, kegiatan Inisiasi Program Studi (Insipro) Pendidikan Kimia Universitas Sanata Dharma berbeda dengan tahun sebelumnya. Kegiatan Insipro pada tahun ini dilakukan secara virtual melalui platform media online zoom. Hal ini dikarenakan adanya pandemi Covid-19 yang sedang mewabah di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Alternatif kegiatan virtual ini bertujuan untuk mencegah dan menekan risiko penularan virus Covid-19, dengan cara membatasi mobilitas orang dan mencegah pertemuan orang dalam jumlah banyak. Kegiatan Insipro Prodi Pendidikan Kimia berlangsung selama dua hari yaitu pada tanggal 29 Agustus dan 12 September 2020.

          Pada hari pertama yaitu anggal 29 Agustus 2020, kegiatan Insipro I difokuskan untuk perkenalan dosen serta struktur organisasi dalam lingkup Progam Studi Pendidikan Kimia dan Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JPMIPA). Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 20 mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Kimia angkatan 2020, dengan didampingi oleh 8 dosen yaitu 4 dosen tetap Prodi Pendidikan Kimia, 3 dosen Prodi Pendidikan Kimia yang sedang studi melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, serta 1 dosen dari Sogang University Korea Selatan. Selain para mahasiswa baru dan dosen, terdapat pula 9 orang tamu undangan yaitu 6 orang mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia dari angkatan 2017, 2018, dan 2019  yang terdiri atas 2 orang dari masing-masing angkatan, serta 3 orang perwakilan dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (HMJPMIPA). Sebelum kegiatan dimulai, mahasiswa baru harus memasuki room meeting.

      Setelah seluruh mahasiswa baru dipastikan hadir dan memasuki room meeting, kegiatan Insipro dimulai sesuai dengan urutan rundown acara yang telah disusun. Kegiatan ini diawali dengan doa bersama yang dipimpin oleh Romo Naris, kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan sambutan dari Kaprodi Pendidikan Kimia yaitu Bapak Tarsisius Sarkim, serta sambutan dari ketua acara Insipro yaitu Paschalia Melinda. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan perkenalan dosen Prodi Pendidikan Kimia dan sesi tanya jawab bersama dosen. Selama kegiatan Insipro berlangsung, para mahasiswa baru cukup antusias dalam bertanya, mulai dari bertanya mengenai kurikulum, denah gedung Prodi Pendidikan Kimia,  metode pengajaran di tengah kondisi pandemi, serta pertanyaan mengenai cara atau tips bagi mahasiswa yang tertarik untuk melanjutkan studi di luar negeri.

        Para dosen sangat terbuka dalam menjawab pertanyaan dari mahasiswa baru, terutama bagi mereka yang ingin lebih mengenal Prodi Pendidikan Kimia. Dalam kegiatan insipro ini juga terdapat sharing bersama mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia angkatan 2017, 2018, dan 2019. Dalam acara ini, mereka berbagi pengalaman menarik seputar kuliah di Prodi Pendidikan Kimia, seperti  mengenai alasan memilih Progam Studi Pendidikan Kimia, pengalaman mereka sehingga tertarik dan ingin mendalami ilmu kimia, serta kesibukan dalam organisasi yang sedang mereka jalani. Kemudian acara dilanjutkan dengan sosialisasi oleh HMJPMIPA mengenai pengenalan struktur organisasi yang ada di JPMIPA, serta sesi tanya jawab. Pengenalan struktur organisasi ini dilakukan oleh perwakilan HMJPMIPA dengan cara menyediakan video yang berisi tentang perkenalan singkat struktur organisasi serta program kerja yang ada di dalamnya. Setelah pemutaran video, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh para mahasiswa baru.

      Acara selanjutnya diisi dengan perkenalan bersama Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Kimia periode 2019/2020. HMPS memperkenalkan struktur organisasi dan program kerjanya melalui sebuah video yang dapat disaksikan oleh seluruh mahasiswa baru. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Secara keseluruhan, kegiatan Insipro I ini menghabiskan waktu  kurang lebih selama 3 jam. Untuk mengakhiri kegiatan Insipro I pada tanggal 29 Agustus 2020, kegiatan diisi dengan penyampaian kesan dan pesan oleh ketua acara yaitu Paschalia Melinda, dan ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Agnesia Nina. Terdapat juga sesi foto bersama untuk kepentingan dokumentasi di akhir acara ini. (TKL, SSP, & GYW)
lihat berita Pendidikan Kimia lainnya>>
hal. 1  2  3  4  5  ...  67
 
© 2020 - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami  | 7 user(s) online