Loading

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sanata Dharma

BERITA KEGIATAN

Chemistry Fair 2019, Lomba Cerdas Cermat (LCC) Sistem Periodik Unsur, dan Seremonial Dies Natalis ke
Pendidikan Kimia | 20 February 2020



Sabtu tanggal 16 November 2019, diadakan secara serentak Chemistry Fair 2019 di Magelang, Jawa Tengah dan Lomba Cerdas Cermat (LCC) Sistem Periodik Unsur di Kampus III Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta. Kedua kegiatan ini merupakan rangkaian acara dalam menyambut Dies Natalis ke-3 Prodi Pendidikan Kimia, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.
 
Chemistry Fair 2019 
Chemistry Fair tahun ini diselenggarakan di SMA Tarakanita Magelang dan turut diramaikan tiga sekolah di sekitarnya yaitu SMA El Shadai, SMA Negeri 1 Salaman, dan SMA Tarakanita Magelang. Acara ini bertujuan untuk memberikan dan menghadirkan pembelajaran kimia yang menyenangkan melalui Workshop Small Scale Chemistry (SSC), serta menghilangkan paradigma peserta didik mengenai sulitnya belajar kimia dalam chemistry games.  

                

Lomba Cerdas Cermat (LCC) Sistem Periodik Unsur

 

LCC Sistem Periodik Unsur diselenggarakan di Ruang STEAM Centre, Lantai 1 Gedung Laboratorium Biologi dan Kimia, Kampus III Paingan, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta ini diikuti oleh siswa-siswi beberapa SMA di Yogyakarta. LCC ini sekaligus memperingati 150 Tahun Tabel Periodik Internasional. Selain LCC, Workshop Small Scale Chemistry dan pameran media pembelajaran kimia juga turut mewarnai kegiatan ini.

             

Seremonial Dies Natalis ke-3 Pendidikan Kimia

Prodi Pendidikan Kimia Universitas Sanata Dharma merayakan malam puncak Dies Natalis ke-3 pada hari Jumat, 29 November 2019. Kerlap-kerlip Zirkonium menjadi tema yang diusung pada acara ini dan merepresentasikan suasana penuh sukacita dalam merayakan ulang tahun Prodi dan 150 Tahun Tabel Periodik Internasional. Kaprodi Pendidikan Kimia, Bapak Drs. Tarsisius Sarkim M.Ed., Ph.D, segenap dosen Prodi Pendidikan Kimia, dosen JPMIPA, tamu undangan dari HMPS di  JPMIPA Universitas Sanata Dharma, dan siswa-siswi SMA di Yogyakarta turut hadir dalam memeriahkan acara ini.

Dalam sambutannya, Pak Sarkim mengajak mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia untuk dapat memberi cahaya bagi pendidikan di Indonesia layaknya unsur Zirkonium, tanpa kenal lelah, khususnya dalam bidang pengembangan pembelajaran kimia. Hendrianus Umbu Hunga selaku Ketua Panitia Dies Natalis juga mengajak seluruh keluarga besar Pendidikan Kimia untuk mensyukuri  perjalanan Prodi Pendidikan Kimia hingga saat ini.  Secara simbolis,  pemotongan tumpeng dilakukan oleh Kaprodi Pendidikan Kimia sebagai tanda perayaan Dies Natalis ke 3.

              

Selanjutnya, piala dan sertifikat diberikan kepada siswa SMA dan mahasiswa-mahasiswi yang berpartisipasi dalam perlombaan video pendek mengenai profil salah satu unsur dalam Sistem Periodik Unsur dan games kartu unsur.

Acara ini semakin meriah dengan pentas seni dari mahasiswa-mahasiswi dan Dosen Prodi Pendidikan Kimia, serta  siswa-siswi SMA di Yogyakarta. Beragam pertunjukkan dan  hiburan sangat memukau, mulai dari tarian tradisional, nyanyian, fashion show bertema CuTe, dan flashmob yang begitu mengekspresikan sukacita malam puncak Dies Natalis ke-3 Pendidikan Kimia kala itu.

Penulis: Johnsen Harta dan Nely Tonapa

lihat berita Pendidikan Kimia lainnya>>
hal. 1  2  3  4  5  ...  66
 
© 2020 - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami  | 7 user(s) online