Loading

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sanata Dharma

BERITA KEGIATAN

Field Trip Pendidikan Kimia
Pendidikan Kimia | 10 January 2020
Pada tanggal 28, 29, dan 30 Maret 2019, Prodi Pendidikan kimia mengadakan Field Trip ke beberapa tempat di Jakarta dan Bogor. Beberapa tempat yang dikunjungi yaitu Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), PT Indesso Aroma, Industry Cimory dan Institut Pertanian Bogor (IPB), serta berkunjung ke Kebun Raya dan Taman Safari Bogor. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa prodi pendidikan kimia yaitu angkatan 2017 dan 2018, serta beberapa Dosen Prodi Pendidikan Kimia.



Salah satu kegiatan yang didukung serta di danai oleh Sogang University ini, merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menambah ilmu pengetahuan dari mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia. Hal tersebut berdasarkan perasaan yang dialami oleh Ocyn salah satu mahasiswi Prodi pendidikan kimia angkatan 2018 yang ikut serta dalam kegiatan nfield trip tersebut “kegiatan Fieldtrip ini sangat bagus dan menarik, karena kita bisa lebih mudah memahami apa yang kita pelajari di kelas dan bukti nyata dari beberapa materi yang kita pelajari, sehingga benar-benar mudah dipahami, dan kita tahu bahwa belajar itu tidak selamanya harus selalu membaca buku tetapi juga bisa ekspor langsung dari lingkungan”.

Pada hari pertama, para mahasiswa dan dosen berkujung ke LIPI dan Indesso aroma. Beberapa pengetahuan mengenai proses pengelolahan aroma essens dan minyak cengkeh yang di olah menjadi beberapa minyak wangi didapatkan prosesnya saat berkunjung ke indesso aroma. Kemudian, beberapa pengetahuan mengenai alat-alat labolatorium kimia didapatkan saat berkunjung ke LIPI. Beberapa pengetahuan begitu banyak didapatkan pada hari pertama. Kemudian mahasiswa dan dosen berlanjut melakukan beberapa kunjungan pada hari kedua. Pada hari kedua para mahasiswa dan dosen berkunjung ke IPB dan juga berkunjung ke industry Cimory. Beberapa pengetahuan mengenai alat-alat kimia pada labolatorium IPB, serta program kerja HMPS Prodi Pendidikan Kimia di Institut Pertanian Bogor. Lalu berlanjut pada industry Cimory, yaitu mahasiswa mendapatkan pengetahuan mengenai proses pemanfaatan susu sapi. Lalu berakhir pada hari ketiga yaitu berkunjung ke kebun raya Bogor guna mengetahui beberapa jenis tanaman,  baik tanaman yang sering ditemui maupun tanaman langkah yang dilestarikan di kebun raya tersebut. Dalam suasana hujan di siang hari, setelah berkunjung ke kebun raya Bogor, mahasiswa prodi pendidikan kimia dan dosen melanjukan field tripnyake tempat terakhir yaitu taman safari Bogor. Begitu banyak pengetahuan baru yang didapatkan di taman safari tersebut, khususnya terkait beberapa jenis hewan yang di lindungi ditaman safari tersebut.

Melalui field trip ini, para mahasiswa mendapatkan pengalaman baru serta pengetahuan baru mengenai beberapa peralatan labolatorium kimia, beberapa pengelolahan minyak, dan beberapa pengetahuan terkait teori yang dijelaskan di kampus dan dapat dilihat secara langsung prosesnya yaitu melalui field trip ini. Diharapkan dari hasil fieldtrip ini, para mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik, sehingga berguna bagi pemenuhan pengetahuan dari para mahasiswa.
(MA)
lihat berita Pendidikan Kimia lainnya>>
hal. 1  ...  65  66  67  68  69  ... 71
 
© 2021 - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami  | 7 user(s) online