Loading

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sanata Dharma

BERITA KEGIATAN

SKEMA 2016: Berelasi dalam Keberagaman Membangun Pribadi Berintegritas
Pendidikan Matematika | 23 August 2016
Dalam rangka menyambut mahasiswa baru pendidikan matematika 2016, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika mengadakan kegiatan Sosialisasi dan Keakraban Pendidikan Matematika (SKEMA) 2016. Pada SKEMA 2016 kali ini mengangkat tema “Berelasi dalam Keberagaman Membangun Pribadi Berintegritas.” Tema ini dipilih karena masih banyak mahasiswa yang belum mampu berelasi bersama dengan alasan perbedaan latar belakang dan antar mahasiswa yang kurang memiliki rasa kekeluargaan. Melalui tema ini diharapkan membuat mahasiswa dapat menjalin relasi yang baik dengan sesama, mahasiswa, dosen dan karyawan. Kegiatan ini dilaksanakan dua hari yaitu Pra-SKEMA pada tanggal 15 Agustus 2016 di ruangan multimedia dan SKEMA pada tanggal 20 Agustus 2016  di ruangan Drost dan Taman FST  kampus III Universitas Sanata Dharma.
Para mahasiswa baru sangat antusias mengikuti kegiatan SKEMA 2016 ini. Hal ini terlihat dari suasana yang sangat meriah dari awal hingga akhir acara. Amdika Styadi selaku ketua panitia SKEMA 2016 mengajak mahasiswa untuk lebih mengenal sesama keluarga pendidikan matematika. “Kita aja bisa kenal dengan teman satu universitas dalam insadha. Masa dengan orang-orang yang ada di program studi sendiri kita tidak kenal.”kata Amdika. Selain itu, bapak  Dewa Putu Wiadnyana Putra, S.Pd., M.Sc. atau yang akrab dipanggil pak dewa selaku dosen baru di program studi pendidikan matematika juga memberikan penilaiannya tersendiri. “Kegiatan ini sangat luar biasa. Dulu saat saya mengikuti RATAM (Ramah Tamah) atau semacam ospek, saya diperlakukan tidak manusiawi. Kegiatannya masih jadi ajang kekerasan atau perploncoan dari kakak senior. Tetapi di SKEMA mahasiswa diperlakukan secara manusiawi seperti slogan Sanata Dharma yaitu cerdas dan humanis.”kata Pak Dewa.
Dalam kegiatan ini, mahasiswa juga mendengarkan sharing dari kakak angkatan mengenai pengalaman mereka selama berkuliah di pendidikan matematika. Setelah itu dilanjutkan dengan perkenalan HMPS Pendidikan Matematika 2015/2016. Semua mahasiswa kemudian diarahkan ke Taman FST setelah ekspo untuk mengikuti acara pentas seni. Pentas seni ini diikuti oleh semua mahasiswa baru, panitia, HMPS, dan P.Mat dance yang berganti menunjukkan penampilannya. Ada yang baru dari kegiatan SKEMA kali ini. Pada SKEMA 2016 untuk pertama kalinya diluncurkan jingle SKEMA. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa pendidikan matematika tidak hanya berhubungan dengan angka tetapi juga mampu berkreasi dalam bidang yang lain. Setelah pentas seni, mahasiswa baru dan panitia saling bertukaran kado. Kegiatan ini diakhiri dengan kreasi cap tangan berwarna-warni dari mahasiswa baru di selembaran kertas. Diharapkan dengan kegiatan SKEMA ini mahasiswa baru pendidikan matematika sudah siap untuk menjadi pribadi yang berintegritas.  (MHW/hmpspmat)
















lihat berita Pendidikan Matematika lainnya>>
hal. 1  2  3  4  5  ...  51
 
© 2016 - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami  | 7 user(s) online