S3 Program Doktor Kajian Budaya
(Kajian Seni dan Masyarakat)

Program Pasca Sarjana - Universitas Sanata Dharma

PMB

Penerimaan Mahasiswa Baru TA. 2018/2019

PERSYARATAN ADMINISTRATIF

a. Membayar biaya formulir pendaftaran Rp. 300.000,- (formulir dapat diunduh DISINI). Untuk mengirimkan kembali berkas formulir pendaftaran dapat melalui email: doktorkb_ksm@usd.ac.id dilampiri bukti transfer pembelian formulir pendaftaran.

b. Fotokopi ijazah S2 dan transkrip nilai yang dilegalisasi.

c. Daftar riwayat hidup (yang memuat daftar hasil karya tulis dan karya seni yang pernah dihasilkan,penghargaan/prestasi jika ada serta forum kegiatan yang pernah diikuti di tingkat lokal/nasional/internasional).

d. Fotokopi akte kelahiran yang dilegalisasi.

e. Fotokopi KTP (bagi WNI) atau paspor (bagi WNA)

f. Surat keterangan sehat dari dokter.

g. Pasfoto terbaru berwarna 4x6 dan 2x3, masing-masing 1 lembar

h. Bagi mahasiswa asing, fotokopi surat ijin belajar dari Kemenristekdikti yang dilegalisasi.

 

PERSYARATAN AKADEMIK

a. Tes menulis paper dalam Bahasa Indonesia tentang tema tertentu di bidang seni dan masyarakat, untuk melihat kematangan intelektual dan wawasan yang dimiliki oleh calon mahasiswa tentang isu-isu penting dalam bidang seni dan masyarakat.

b. Tes wawancara untuk mengungkap rekam jejak intelektual/profesional, motivasi, dan arah minat intelektual calon mahasiswa.

c. Surat rekomendasi yang dimintakan dari 2 (dua) orang yang memiliki reputasi intelektual/profesional yang baik, salah satu diantaranya harus mengenal calon mahasisw lebih dari tiga tahun dalam kedudukannya entah sebagai mantan dosen atau mantan atasan.

d. Contoh terbaik kinerja intelektual/profesionalnya dalam lima tahun terakhir berupa entah karya tulis, karya seni, atau bentuk hasil karya lainnya.

e. Skor TOEFL minimal 500 atau yang setara untuk memastikan kemudahan mahasiswa dalam mendalami literatur yang sebagian besar berbahasa Inggris serta memastikan kemampuan mahasiswa menulis artikel dalam bahasa Inggris untuk diterbitkan dalam jurnal internasional yang bereputasi.

f. Menyerahkan proposal penelitian disertasi yang mencakup komponen-komponen: (i) latar belakang: mengapa topik yang diajukan dipandang penting dan menarik; (ii) batasan masalah atau deliminasi; (iii) rumusan masalah: masalah utama dan penjabarannya dalam sejumlah pertanyaan penelitian; masalah utama sebaiknya sudah mengandung sejenis hipotesa/estimasi/prediksi; (iv) tujuan dan manfaat penelitian; (v) kajian pustaka: penelitian terdahulu dan teori-teori yang relevan; (vi) kerangka teori, ditutup dengan kerangka konseptual: konsep-konsep dasar yang mau dipakai; (vii) metode penelitian; dan (viii) daftar acuan.

 

MATRIKULASI

Program ini mensyaratkan calon mahasiswa mempunyai latar belakang pendidikan dan/atau pengetahuan dasar tentang sejarah seni dan estetika. bagi mereka yang belum mempunyai pengetahuan tersebut diwajibkan mengikuti matrikulasi untuk keduanya atau salah satu. Keputusan apakah mahasiswa mengikuti matrikulasi atau tidak ditentukam lewat pemeriksaan dokumen dan wawancara.

 

BIAYA PENDIDIKAN

1. DPP sebesar Rp. 3.000.000,- (dapat diangsur selama 3 kali dalam semester pertama).

2. Uang kuliah terdiri dari UKT sebesar Rp. 4.000.000,- dan SPP Paket sebesar Rp. 6.000.000 yang masing-masing dibayarkan per semester

3. Calon mahasiswa yang diwajibkan menempuh matrikulasi, dikenai biaya sebesar Rp. 1.000.000,- per mata kuliah matrikulasi.

4. Mahasiswa asing dikenakan tambahan institutional fee sebesar US$ 300

5. Uang perpustakaan sebesar Rp. 375.000,- dibayarkan sekali saat registrasi mahasiswa baru.

6. Pembayaran dapat dilakukan di:

  • Bank CIMB Niaga, kas Universitas Sanata Dharma, nomer rekening 287.01.00272.005 atau,
  • Bank BRI, kas Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, nomer rekening 1383.01.000001.30.0
© 2017 - S3 Program Doktor Kajian Budaya (Kajian Seni dan Masyarakat) - Program Pasca Sarjana - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta