S2 Ilmu Religi dan Budaya

Program Pasca Sarjana - Universitas Sanata Dharma

FASILITAS

Kegiatan-kegiatan Mahasiswa

Kegiatan belajar mahasiswa tidak hanya dengan mengikuti mata kuliah yang sudah dipilih. Kampus dibuat sedemikian rupa sehingga ada iklim akademik. Untuk menciptakan iklim akademik ini disediakan kegiatan-kegiatan yang diharapkan bisa memacu mahasiswa untuk terus belajar dan mendalami apa yang diperoleh dalam kelas.

1. Seminar

Ada dua macam seminar: simposium dan seminar bulanan. Simposium dimaksudkan untuk kalangan yang amat terbatas dengan tema yang sangat longgar. Tema-tema ini bisa ditentukan sendiri oleh para mahasiswa. Kegiatan seminar bulanan diadakan dengan cakupan yang lebih besar. Kadang-kadang seminar bulanan yang direncanakan IRB digabungkan dengan universitas.

2. Penerbitan.

Program ini memiliki dua terbitan periodikal masing-masing berupa Buletin Nadheer (dikoordinasi oleh Dr. St. Sunardi)dan Jurnal Retorik (dikoordinasi oleh Dr. B. Hari Juliawan,S.J.). Di samping itu Program ini sangat mendorong baik mahasiswa atau maupun dosen untuk banyak menerbitkan tulisan-tulisan yang bermutu baik dalam bentuk artikel di media massa maupun dalam bentuk buku. Penerbitan jenis ini dikoor-dinasi oleh Dr. FX. Baskara T. Wardaya, S.J.

3. Kegiatan-kegiatan lain.

Disamping kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Program, selama tahun akademik ini USD juga menyelenggarakan banyak kegiatan bertepatan dengan Pesta Emas Sanata Dharma. Mahasiswa diharapkan berpartisipasi aktif di dalamnya. Pusat Sejarah dan Etika Politik (PUSdEP) serta Pusat Studi Perempuan, Media, dan Seni merupakan dua lembaga baru yang didirikan oleh Program Magister Ilmu Religi dan Budaya yang berfungsi antara lain sebagai semacam laboratorium mahasiswa dan dosen untuk mengasah kepekaan sosial dan politik. Demikian juga mahasiswa juga amat diharapkan terlibat aktif dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan terutama di Yogyakarta entah itu berupa kegiatan ilmiah maupun budaya pada umumnya. Program ini senantiasa mendapatkan informasi berbagai acara yang terjadi di Yogyakarta. Untuk memilih kegiatan yang cocok dengan minat mahasiswa, cukup dengan melihat di Papan Pengumuman

 

 

hal. 1  
© 2017 - S2 Ilmu Religi dan Budaya - Program Pasca Sarjana - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta