S2 Ilmu Religi dan Budaya

Program Pasca Sarjana - Universitas Sanata Dharma

AKADEMIK

Kurikulum

Setelah memperbaiki kurikulum di tahun akademik 2012/2013, di awal tahun akademik 2014/2015, IRB kembali memperbaharui kurikulum. Pembaruan ini dilakukan dengan mempertimbangkan kebutuhan untuk selalu relevan dan aktual dengan perkembangan ilmu pengetahuan, perkembangan politik-ekonomi-budaya masyarakat Indonesia, dan kebutuhan mahasiswa untuk melakukan pendalaman materi. Kurikulum baru mulai dipakai pada tahun akademik 2014/2015 ini. Kurikulum ini sifatnya eksperimental dan eksploratif, yaitu berusaha menggali lebih dalam dan terus-menerus kemungkinan-kemungkinan kajian budaya dalam konteks Indonesia secara lintas disiplin.

Program Magister Imu Religi dan Budaya diselenggarakan dengan Sistem Kredit Semester (SKS). Lama studi kumulatif antara 4 - 8 semester setelah pendidikan Program Strata satu (S1).

Untuk menyelesaikan Program Magister Ilmu Religi dan Budaya dan untuk mendapatkan gelar Magister Humaniora (M.Hum) di bidang Ilmu Religi dan Budaya, mahasiswa harus menyelesaikan beban studi kumulatif minimal 72 SKS. Beban Studi Kumulatif ini meliputi Landasan Kajian Budaya (mata kuliah wajib) sebanyak 20 SKS, Penelitian dan Penulisan Tesis (mata kuliah wajib) sebanyak 37 SKS dan Bidang-bidang Kajian Budaya (mata kuliah pilihan) sebanyak 54 SKS.

hal. 1  
© 2017 - S2 Ilmu Religi dan Budaya - Program Pasca Sarjana - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta