Sejarah

Sejarah Program Sarjana Program Studi Farmasi (PSPSF)

Program Sarjana Program Studi Farmasi (PSPSF) Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma (USD) merupakan salah satu program studi yang berada di bawah pengelolaan Fakultas Farmasi (FF) USD. FF USD berdiri pada tanggal 14 Juni 1995 sesuai SK DIRJEN DIKTI No. 167/DIKTI/Kep./1995, dimana PSPSF menjadi satu-satunya program studi yang dimiliki oleh FF USD. Selaras dengan visi USD, yaitu unggul dan humanis, maka PSPSF USD selalu memiliki komitmen yang unggul di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi. Hal ini dibuktikan sejak tahun 2000 sampai saat ini PSPSF  selalu memperoleh akreditasi A dari BAN-PT dan pada tahun 2019 kembali memperoleh akreditasi A dari LAM-PTKes Nomer 0742/LAMP-PTKes/Akr/Sar/XII/2019. Semangat humanis PSPSF USD sudah sejak lama menjadi “roh” yang dihidupi oleh segenap civitas akademika. Hal ini dibuktikan dari jiwa “patient oriented” yang telah dicanangkan oleh para pendiri FF USD sejak tahun 1995.

 

Upaya untuk menghidupi  komitmen yang unggul juga didukung oleh para dosen yang kompeten di bidang ilmu kefarmasian, yaitu Teknologi Farmasi dan Farmasetika, Farmakologi-Toksikologi, Biologi Farmasi, Kimia Farmasi dan Farmasi Klinik-Komunitas. Selain itu pembaharuan sarana dan prasarana untuk mendukung proses pembelajaran selalu diupayakan oleh PSPSF. Saat ini PSPSF memiliki 14 laboratorium yang memadai untuk mendukung proses pembelajaran, yaitu: Laboratorium Teknologi dan Formulasi Padat, Laboratorium Tekonologi dan Formulasi Steril, Laboratorium Kimia Fisika dan Laboratorium Farmasetika, Laboratorium Farmakologi-Toksikologi, Laboratorium Biofarmasetika-Farmakokinetika, dan Laboratorium Biokimia-Fisiologi Manusia, Laboratorium Biologi Umum, Laboratorium Mikrobiologi, Laboratorium Farmakognosi-Fitokimia, dan Laboratorium Kultur Jaringan, Laboratorium Kimia Analisis, Laboratorium Kimia Organik, Laboratorium Kimia Analisis Instrumen serta Laboratorium Klinis Virtual. Setiap laboratorium dilengkapi dengan instrument yang sangat mendukung proses pembelajaran, misalnya High Performance Liquid Chromatography (HPLC), Gas Chromatography (GC), Atomic Absorption Spectroscopy (AAS), Spektrofluorometer, Densitometry, Thermal Cycler serta Body interact Virtual Patient Simulator.

 

Pengembangan karakter mahasiswa melalui kurikulum softskills yang mencakup kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakuriler juga menjadi salah satu unggulan yang dilakukan oleh PSPSF. Saat ini PSPSF memiliki 4 student club yang diyakini dapat mendukung pencapaian karakter unggul dan humanis , yaitu Patient Conceling Club (PCC), Herbal Garden Team (HGT), Cosmetic Student Club (CSC) dan Drug Discovery Researc Club (DDRC).

 

 

 

 

 

 kembali