Magister Farmasi USD Selenggarakan Webinar Pengabdian Masyarakat Tentang Protokol Kesehatan 5M

22/07/2021

Program Studi Magister Farmasi, Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma (FF USD) menyelenggarakan webinar “Edukasi Protokol Kesehatan (5 M) kepada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kesehatan se-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)”. Ketua Program Studi Magister Farmasi FF USD, apt. Aris Widayati, M.Si., Ph.D. mengatakan bahwa webinar yang diselenggarakan pada pada tanggal 21 Juni 2021 ini bertujuan meningkatkan kewaspadaan dan kepatuhan terhadap protokol kesehatan di kalangan siswa SMK Kesehatan se-DIY untuk mempersiapkan pembelajaran luring atau pembelajaran tatap muka apabila sudah memungkinkan dan mengoptimalkan upaya pencegahan penyebaran Covid 19 di masyarakat umum.

Pelaksana kegiatan webinar yang difasilitasi oleh LPPM USD melalui program hibah Pengabdian Masyarakat Internal tahun 2021 ini adalah empat dosen dan para mahasiswa Prodi Magister Farmasi FF USD angkatan 6. Perwakilan siswa SMK Kesehatan yang diundang berpartisipasi pada kegiatan ini sebanyak 98 siswa. Para dosen menyampaikan paparan mengenai perkembangan pandemi terkini dan upaya-upaya yang harus dilakukan untuk pencegahan penyebaran. Para mahasiswa Prodi Magister Farmasi FF USD menampilkan drama pendek yang berisi pesan untuk peningkatan komitmen melaksanakan protokol kesehatan di masa pandemi ini, terutama di kalangan remaja usia sekolah menengah.

Para siswa antusias untuk memahami lebih mendalam lagi mengenai pencegahan penyebaran Covid 19, baik di lingkungan pergaulannya maupun di masyarakat luas. Hal tersebut tercermin dari banyaknya pertanyaan menarik yang diajukan. Hal menarik lainnya adalah keingintahuan para siswa tentang vaksinasi dan berbagai jenis vaksin yang digunakan dalm program vaksinasi yang saat ini tengah berlangsung. Hal ini juga mengindikasikan antusiasme para siswa untuk mendapatkan vaksinasi Covid 19.

Melalui webinar tersebut berbagai persoalan banyak terungkap terkait pembelajaran daring yang berlangsung selama masa pandemi ini bagi siswa SMK, karena sebagian besar mata pelajarannya berbasis praktek. Oleh karena itu apabila pemerintah sudah mengijinkan pelaksanaan pembelajaran tatap muka, maka siswa harus dapat melakukan protokol kesehatan dengan benar dan penuh komitmen. Keikutsertaan siswa dalam memperoleh vaksinasi Covid 19 juga menjadi salah satu hal penting dalam persiapan pembelajaran tatap muka bagi siswa SMK.

(c-AW)

 kembali