Mini talkshow – Persiapan Pembelajaran Luring di Era New Normal

29/06/2021

Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma (FF USD) Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan pengabdian dalam bentuk mini talkshow dengan topik “Penerapan 5M Sebagai Persiapan Pembelajaran Luring di Era New Normal”. Kegiatan merupakan salah satau rangkaian kegiatan Dies Natalis FF USD yang dilaksanakan bersama dengan Sekolah Kristen Kalam Kudus (SKKK) pada tanggal 10 Juni 2021. Acara ini melibatkan kurang lebih 100 orang yang bergabung melalui ZOOM meeting dan Youtube, yang dihadiri oleh guru, staf, dan wali murid SKKK. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai 5M sebagai persiapan guru, staf, dan wali murid SKKK dalam menghadapi sekolah luring serta sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di lingkungan sekolah. Kegiatan diawali dengan sambutan oleh direktur pelaksana SKKK, yaitu Bapak apt. Edi Joko Santoso, M.M. Dalam sambutannya, beliau menyambut baik kegiatan ini sebagai bentuk mempersiapkan guru, staf, dan wali murid SKKK dalam pelaksanaan pembelajaran luring.

Kegiatan ini melibatkan 3 orang dosen di FF USD yaitu apt. Dina Christin Ayuning Putri, M.Sc., Dr. apt. Sri Hartati Yuliani dan Dr. apt. Rini Dwiastuti. Seluruh peserta mendapatkan materi tentang gerakan 5M sebagai persiapan pembelajaran luring di era new normal yang disajikan dalam bentuk video animasi dan melalui penyampaian materi secara langsung. Gerakan 5M merupakan bagian dari protokol kesehatan untuk mengurangi penularan COVID-19, yaitu mencuci tangan menggunakan sabun, menggunakan masker dengan baik dan benar, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilitas. Selain melalui video animasi, seluruh peserta juga mengikuti diskusi aktif dengan narasumber terkait hal-hal apa saja yang sebaiknya dilakukan atau tidak dilakukan ketika berada di sekolah pada saat pembelajaran luring diselenggarakan. Hal ini sangat penting untuk memberikan bekal kepada guru, staf, dan wali murid SKKK dalam mengedukasi siswa/i dan anak-anaknya untuk menerapkan protokol kesehatan di sekolah ketika pembelajaran tatap muka secara langsung mulai dijalankan.

Secara umum, kegiatan ini berlangsung dengan baik dan lancar. Antusiasme peserta yang tinggi ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan dari para peserta. SKKK juga mengapresiasi kegiatan ini karena sangat bermanfaat bagi seluruh peserta. Tim pengabdian dari FF USD berharap kegiatan serupa juga dapat dilakukan melalui kerja sama dengan sekolah menengah lainnya agar protokol kesehatan 5M dapat diterapkan dengan semaksimal mungkin. (DCAP)

 kembali