Fakultas Farmasi USD sapu bersih dalam Lomba PCE EURYCOMA 2020

18/11/2020

PCE tingkat nasional merupakan salah satu cabang lomba EURYCOMA 2020 yang diselenggarakan oleh BEM FF Universitas Mulawarman. Pada tahun ini, PCE EURYCOMA 2020 mengangkat tema “Sistem Pernapasan dan Diabetes Melitus di era New Normal”. Tujuan dari pelaksanaan lomba ini adalah meningkatkan kemampuan analisis, pharmaceutical care, dan komunikasi mahasiswa farmasi sebagai calon apoteker sehingga tercapailah apoteker berbasis ten stars. Sehubungan dengan adanya COVID-19, rangkaian lomba ini hanya bisa dilaksanakan secara daring. Penyisihan dan final lomba ini dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober 2020. Sedangkan untuk pengumuman pemenang sekaligus penutupan acara dilaksanakan tanggal 2 November 2020.

Babak penyisihan diselenggarakan dengan memanfaatkan media Google Form dan aplikasi Zoom dengan waktu pengerjaan selama 100 menit untuk mengerjakan 50 soal yang telah disediakan. Dari babak ini akan dipilih 5 (lima) orang dengan nilai tertinggi yang akan diloloskan ke babak final. Pada babak final, peserta melakukan konseling selama 10 menit. Pelaksaan konseling menggunakan aplikasi Zoom. Tiap finalis diberikan kasus dan aktor sebagai pasien yang berbeda-beda. Dari babak final akan ditentukan 3 (tiga) orang dengan konseling terbaik untuk menjadi juara.

Tahun ini FF USD mengirimkan 5 (lima) orang mahasiswa sebagai delegasi dan 3 (tiga) orang mahasiswa lolos ke babak final. Tidak hanya masuk ke babak final, ketiga mahasiswa FF USD tersebut juga memperoleh gelar juara. Juara I diperoleh Ni Kadek Dwi Prajayanti, Juara II diperoleh Chelsia Devina Maryanto, dan Juara III diperoleh Agus Budiartha. Kebahagiaan tidak hanya dirasakan oleh ketiga mahasiswa tersebut, tetapi juga dirasakan oleh seluruh civitas academica FF USD karena telah berhasil memborong juara pada kompetisi tersebut. Salah satu delegasi yaitu Ni Kadek Prajayanti menuturkan bahwa mereka sangat senang karena dapat mengharumkan almamater, selain itu perasaan lega juga meliputi ketiga mahasiswa tersebut karena hasil yang diperoleh tidak mengecewakan. Deanti, sapaan akrab Ni Kadek Prajayanti, juga berpesan kepada teman-teman mahasiswa FF USD yang lain untuk tetap semangat dan jangan putus asa. Lalu Deanti juga berpesan agar teman-teman dapat berusaha maksimal untuk setiap hal yang dilakukan karena hasil tidak akan mengkhianati usaha.

(PDC)

 kembali