Fakultas Farmasi USD menorehkan prestasi dalam Pharmadays 2020

18/11/2020

Pada tahun 2020 ini, PIOGAMA Universitas Gadjah Mada kembali menyelenggarakan event tahunan yang sangat dinantikan oleh mahasiswa/i dari berbagi universitas di Indonesia, yaitu Pharmadays 2020. Walaupun dengan situasi yang kita hadapi saat ini, tidak menjadi halangan bagi panitia untuk tetap menyelenggarai event tersebut. Sehingga Pharmadays 2020 hadir dengan kesan yang berbeda, yaitu dilakukan secara daring atau online. Melalui kegiatan Pharmadays 2020 ini, hendaknya dapat menjadi wadah untuk meningkatkan pengetahuan serta kompetensi calon farmasis muda. Pharmadays juga menyoroti tentang upaya peningkatan kompetensi mahasiswa, bukan hanya bidang intelektual, namun juga soft skill yang dimiliki. Pharmadays 2020 hadir dengan dua acara utama, yaitu Kompetisi Kefarmasian dan Kompetisi Poster Publik yang dikemas secara menarik.

Dalam Pharmadays 2020, Kompetisi Kefarmasian dibagi menjadi dua cabang lomba, yaitu Essai dan Konseling, serta Essai dan Video. Terkhususnya untuk cabang lomba Essai dan Konseling yang dilakukan untuk mengasah soft skill konseling dari peserta. Tema yang diangkat dalam lomba Essai dan Konseling adalah Decreasing Case Fatality Rate on Pandemic: Peran Farmasis dalam Manajemen dan Penanganan Komorbid COVID-19 di Indonesia. Lomba ini terdiri dari 3 (tiga) tahap lomba. Tahap pertama adalah babak penyisihan yang berupa pengumpulan essai yang telah ditulis oleh peserta. Tahap kedua adalah babak semifinal, dimana peserta harus menganalisis dan menyelesaikan suatu kasus. Tahap ketiga yaitu babak final yang berupa konseling online. Tim delegasi yang lolos ke dalam 3 besar wajib melakukan konseling di hadapan dewan juri secara online.

Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta mendelegasikan 9 orang untuk mengikuti Pharmadays 2020, yang terdiri dari 4 tim Kompetisi Poster Publik dan 1 tim Lomba Essai dan Konseling. Tim delegasi Lomba Essai dan Konseling, yaitu atas nama Angelina Rambu Ngana, Feilycia Kristin Sugisun dan Marthin Zakarias Golap berhasil melewati babak penyisihan dengan membuat essai yang berjudul “Pengaplikasian Google Meet & Google Calendar dalam Pelayanan Konseling serta Peningkatan Kepatuhan Pasien Comorbid COVID-19 Selama Pengobatan dalam Masa Pandemi”, kemudian akan dilanjutkan ke babak semifinal dimana tim delegasi harus menganalisis dan menyelesaikan kasus DRP (masalah pengobatan) yang diberikan oleh panitia selama 3 jam secara online. Tim delegasi kembali berhasil melewati babak semifinal dan dapat maju ke babak final. Dalam babak final hanya tersisa 3 tim, masing-masing peserta dalam tim tersebut melakukan konseling sesuai kasus yang diberikan dan dilakukan secara online. Setelah berhasil menyelesaikan babak final yang berlangsung selama masing-masing 10 menit dengan baik dan lancar, akhirnya tim delegasi Lomba Essai dan Konseling dari Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma atas nama Angelina Rambu Ngana, Feilycia Kristin Sugisun dan Marthin Zakarias Golap berhasil meraih juara 1. Dan atas nama Angelina Rambu Ngana berhasil menjadi Best Counselor dalam lomba ini.

Diharapkan dengan diperolehnya kembali prestasi ini, Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma lebih dapat mempersiapkan delegasinya lebih baik lagi agar dapat mempertahankan juara yang telah diraih dan bahkan dapat meraih juara dalam kegiatan lomba-lomba lainnya.

(PDC)

 kembali