Universitas Sanata Dharma

Fakultas Farmasi

Loading
HomeProfileBeritaAgendaFasilitasDownloadLowongan KerjaKontakPengumuman

BERITA KEGIATAN

Dies Natalis XXI Fakultas Farmasi USD: Langkah Gemilang dalam Kedewasaan
F.FAR | 21 June 2016

Tepat pada tanggal 14 Juni 1995 lalu Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma resmi berdiri dan kini sudah menginjak tahun yang ke-21. Acara Dies Fakultas Farmasi USD diadakan pada hari Selasa, 14 Juni 2016 di Ruang Drost, Gedung Utama, Kampus 3 USD, Paingan, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta.

Rangkaian acara dies ini diawali dengan misa syukur yang dipimpin oleh Romo Robertus In Nugroho Budisantosa, SJ. Saat mengawali khotbahnya, Romo In membahas mengenai cover teks misa yang menggambarkan seorang anak perempuan yang sedang berjalan-jalan bersama Yesus memasuki kebun obat untuk diperkenalkan dengan berbagai jenis tanaman obat dan khasiat-khasiatnya. Sambil berjalan-jalan di kebun obat, anak itu mengambil beberapa tanaman obat dan dibawanya keluar untuk menyembuhkan banyak orang. Romo In juga membahas tentang bacaan yang diambil dari Kitab Sirakh yang menceritakan bahwa sejak awal manusia itu memang ditakdirkan untuk merasakan sakit dan diciptakanlah pula orang-orang yang mempunyai kemampuan untuk mengusir penyakit tersebut. Penemuan-penemuan mengenai obat telah dilakukan sejak zaman dahulu dan masih berlangsung hingga sekarang untuk menemukan obat yang memiliki khasiat tinggi dengan efek samping yang seminimal mungkin. Pada tahun 1993 Bank Indonesia mengeluarkan laporan tentang investasi dalam dunia kesehatan dan sejak saat itu obat menjadi incaran investor untuk menguntungkan bisnis mereka. Dan sejak saat itu pula kita tidak tahu apakah nantinya obat akan menjadi berkah atau masalah dalam kehidupan manusia. Menanggapi hal tersebut, Romo In menegaskan pada semua umat bahwa kita ada di sini karena kita dianugerahi kesempatan untuk berbuat sesuatu dalam kehidupan kita dan orang lain. Di akhir khotbahnya, Romo In berpesan “Allah kita yakini selalu beserta kita sehingga kita akan tetap keep going dan keep believing karena tidak ada masalah yang tidak terselesaikan. Maka dari itu, Bersama Yesus menemukan obat, bersama Yesus membawa obat pada seluruh orang”.

Tema “Langkah Gemilang dalam Kedewasaan” memiliki arti melangkah ke depan untuk menjadi pribadi yang lebih matang dalam komunitas. Dekan Fakultas Farmasi, Ibu Aris Widayati, M.Si., Ph.D., Apt. dalam sambutannya juga menegaskan bahwa tema dies tersebut mengingatkan kita untuk semakin mendewasakan diri secara institusional dalam menjalankan pelayanan nyata untuk mendampingi kaum muda menjadi farmasis yang unggul dalam kualitas, daya saing, dan kepeduliannya.

“Rangkaian perayaan dies natalis ke-21 telah diawali dengan berbagai program yang mulai dilaksanakan beberapa waktu lalu, antara lain pengabdian masyarakat bersama BEM Fakultas Farmasi, kunjungan dosen purnatugas, ziarah ke makam dosen yang telah mendahului kita, serta kegiatan keakraban antar dosen-karyawan Fakultas Farmasi USD.” ungkap Bapak Christianus Heru Setiawan, M.Sc., Apt. selaku Ketua Panitia Dies Natalis ke-21.

Dalam acara ini disampaikan pula pencapaian Fakultas Farmasi di antaranya adalah Prodi S1 Farmasi berhasil mempertahankan peringkat “A” (berlaku sampai 5 tahun ke depan), penerapan kurikulum baru pada tahun akademik 2014/2015 di Prodi Profesi Apoteker  dan Prodi S1 Farmasi, penyelenggaraan kelas berbahasa Inggris untuk beberapa matakuliah, dan pengembangan karakter mahasiswa melalui program PKM yang tahun ini ada 12 proposal yang lolos dan didanai DIKTI. Beberapa artikel ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal internasional bereputasi baik, perolehan pengakuan Jurnal Farmasi Sains dan Komunitas (JFSK) sebagai jurnal nasional, terselenggaranya Continuing Education for Pharmacist (CEP) yang melibatkan alumni dan stakeholders, dan berkembangnya kampung jamu USD juga menjadi daftar prestasi dari Fakultas Farmasi USD (FF USD). Selain itu pendampingan mahasiswa berprestasi dan pengembangan minat mahasiswa juga sangat diperhatikan oleh fakultas, terbukti dari berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKF) yang ada seperti Paduan Suara Fakultas Veronica yang memberikan penampilan terbaiknya dalam mengiringi acara ini.

Selain prestasi mahasiswa, dosen-dosen di Fakultas Farmasi juga menorehkan berbagai prestasi, di antaranya lewat berbagai riset dan penelitian. Pada tahun ini, FF USD telah menambah 4 doktor baru yang telah menyelesaikan studi lanjut S3 dan terwujudnya pendirian apotek pendidikan kedua  yaitu Apotek Realino. Dalam acara dies ini juga terasa lebih istimewa dengan orasi ilmiah berjudul “Implikasi Polimorfisme Enzim Sitokrom P450 2A6 pada Perokok Suku Jawa Indonesia” oleh Dr. Christine Patramurti, Apt.

Pada acara puncak dies ini juga diserahkan penghargaan kepada para mahasiswa berprestasi. Mahasiswa-mahasiswa berprestasi tersebut diberi penghargaan atas prestasinya di bidang akademik, olahraga, keorganisasian, olahraga, dan Program Kreativitas Mahasiswa. Prestasi-prestasi tersebut tidak hanya diperoleh dalam lingkup nasional, namun juga internasional. Selamat ulang tahun Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma! (FAS)

 

 

hal. 1  ...  7  8  9  10  11  ... 12
© 2020 - Fakultas Farmasi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami