Universitas Sanata Dharma

Fakultas Farmasi

Loading
HomeProfileBeritaAgendaFasilitasDownloadLowongan KerjaKontakPengumuman

BERITA KEGIATAN

F. Farmasi USD Juara Umum PCE ITB 2011
F.FAR | 22 November 2011
F. Farmasi USD Juara Umum PCE ITB 2011 ::

Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma (USD) kembali menjadi Juara Umum kompetisi Patient Counseling Event (PCE) tingkat Nasional yang diselenggarakan di Institut Teknologi Bandung (ITB), 19-20 November 2011. Kompetisi PCE merupakan kegiatan pelayanan kefarmasian dengan tujuan membantu pasien untuk mendapatkan obat-obat yang rasional disertai dengan bahasa komunikasi yang baik dan benar. Peserta kompetisi berasal dari 18 Perguruan Tinggi Farmasi seluruh Indonesia, yaitu Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Sumatera Utara, Universitas Andalas, Universitas Padjajaran, Universitas Udayana, Universitas Jenderal Sudirman, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Islam Indonesia, Universitas Widya Mandala, Universitas Surabaya, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Sekolah Tinggi Farmasi Bandung, Universitas Sanata Dharma, dan Institut Teknologi Bandung sebagai tuan rumah. Kompetisi PCE dibagi menjadi 2 kategori, yaitu level Beginner (S.1) dan level Advanced (Profesi Apoteker) dan juara pertama tiap level berhak mewakili Indonesia dalam kompetisi PCE tingkat dunia di Mesir tahun 2012.

Empat dari enam gelar juara yang dikompetisikan diborong oleh para mahasiswa Program Studi Farmasi (S.1) dan Program Studi Profesi Apoteker, Fakultas Farmasi USD. Di level Beginner, juara I diraih oleh Tri Harjono (USD) dan juara III Hermanto (USD), sedangkan juara II Bekti Utaminingsih (UGM). Di level Advanced, juara I diraih oleh Yosephine Dian Hendrawati (USD), juara II Margareth Christina Halim (USD), sedangkan juara III Kartika Citra Dewi Permata Sari (UI). Perjuangan yang diraih delegasi USD di bawah bimbingan para dosen Dra. Titien Siwi Hartayu, M.Kes.,Apt, Maria Wisnu Donowati, M.Si.,Apt, dan Ipang Djunarko, M.Sc.,Apt  diawali dengan menyisihkan peserta lain dan lolos ke babak Semi Final (5 mahasiswa S.1 Farmasi USD dan 3 mahasiswa Profesi Apoteker USD lolos bersama 15 mahasiswa dari UI (4), UGM (3), UMS (3), ITB (2), UAD (2), UNPAD (1). Di babak Final (5 besar) level Beginner, kasus efek samping obat akibat obat resep dokter menimbulkan alergi dapat diselesaikan dengan konseling yang baik dan benar oleh Tri Harjono (USD) yang berkompetisi dengan Hermanto (USD), Bekti Utaminingsih dan Setyowati (UGM) serta Hani Hasanah (ITB). Di Final (5 besar) level Advanced, kasus resep untuk pengobatan Diabetes Mellitus, Kolesterol, dan Hipertensi, menghantarkan Yosephine Dian Hendrawati dan Margareth Christina Halim (USD) menyisihkan finalis lain Kartika Citra, Magdalena Veronika, Sri Wulandah (UI). Keputusan para juri yang berasal dari para praktisi Apoteker Rumah Sakit, Apotek, dosen Farmasi dari ITB, UI, Psikolog, dan wakil masyarakat awam sepakat memutuskan Fakultas Farmasi USD menjadi yang terbaik dalam PCE 2011 dan memboyong Piala Bergilir Dekan Sekolah Farmasi ITB, piala tetap, sertifikat, uang pembinaan, dan tiket mewakili Indonesia dalam PCE 2012 di Mesir yang diserahkan langsung oleh Dekan Prof. Dr. Daryono.

Keberhasilan delegasi Fakultas Farmasi USD dalam PCE 2011 melanjutkan dominasi sebagai juara bertahan sejak tahun 2008 sampai 2011, terutama sebagai juara level Beginner (S.1 Farmasi), dimulai oleh Sekar Candra Dewi (2008), C.A. Rosita Indah (2009), Margareth Christina Halim (2010), dan di tahun 2011 oleh Tri Harjono. Sebagai juara di level Advanced prestasi tahun 2011 yang diraih oleh Yosephine Dian Hendarwati merupakan ulangan prestasi Feri Dian Sanubari pada tahun 2008. Sebagai delegasi Indonesia di tingkat dunia, prestasi mahasiswa Fakultas Farmasi USD dalam PCE selalu mencapai 3 besar dunia. Hal ini menunjukkan para mahasiswa Fakultas Farmasi USD memiliki keunggulan kompetensi di bidang farmasi, suara hati, dan kepedulian dalam pelayanan kesehatan dan pendampingan kepada masyarakat. Salah satu keunggulan Fakultas Farmasi USD dalam menyelenggarakan pembelajaran konstekstual melalui pelayanan kefarmasian di komunitas dan masyarakat selama ini benar-benar terbukti dan berhasil membuahkan prestasi mahasiswa baik di tingkat nasional maupun internasional. (Ipang)

 

hal. 1  ...  7  8  9  10  
© 2019 - Fakultas Farmasi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami