Universitas Sanata Dharma

Fakultas Farmasi

Loading
HomeProfileBeritaAgendaFasilitasDownloadLowongan KerjaKontakPengumuman

BERITA KEGIATAN

FF USD Raih Dua Kejuaraan di International Pharmaceutical Week 2016
Farmasi | 22 February 2016

Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma (FF USD) berhasil menuai prestasi dengan memenangkan dua kejuaraan bertingkat internasional pada event International Pharmaceutical Week 2016 (IPW) yang di adakan di Bali pada tanggal 8 – 10 Januari 2016. IPW 2016 merupakan kegiatan berskala international yang pertama kali diadakan oleh ISMAFARSI (Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia) yaitu acara kefarmasian yang mengundang peneliti, dosen, apoteker, dan mahasiswa farmasi seluruh dunia. Acara yang bertemakan “Herbal and Marine Pharmacy” ini tidak hanya mengadakan seminar dan simposium tetapi juga perlombaan untuk meningkatkan kemampuan para peserta di bidang kefarmasian.

Lomba yang diselenggarakan di IPW 2016 antara lain Patient Counseling Competition, Compounding Competition, Scientific Poster Competition,dan Debate Competition. Pada Patient Counseling Competition,konseling dilakukan dalam bahasa inggris dan diberikan waktu hanya 8 menit baik babak penyisihan dan final untuk menyelesaikan konseling. Dengan bimbingan dosen Dita Maria Virginia S.Farm. Apt. M.Sc FF USD berhasil lolos ke babak final yang berkompetisi dengan dua finalis asal Institut Teknologi Bandung (ITB) dan satu finalis asal Universitas Indonesia (UI) dengan hasil FF USD meraih Juara 2 Patient Counseling Competition atas nama Albertus Ivan Brilian (2013) yang berhasil menyelesaikan kasus konseling berupa pengobatan alergi seafood kepada pasien yang sedang menjalani pengobatan Tuberculosis (TBC). Pada Scientific Poster Competition, FF USD berhasil meraih Juara 1 (the best poster) atas nama Albertus Ivan Brilian (2013) dan Aloysius Alpha D.S.K. (2013) dengan poster yang berjudul “The Prevention of Preterm Birth By Consuming Seaweed As Additional Food During Pregnancy”. Poster tersebut memberikan informasi bahwa rumput laut mengandung 7 vitamin dan semua nutrisi serta mineral yang dibutuhkan ibu hamil selama masa kehamil, dengan mengkonsumsi rumput laut sebagai makanan tambahan diharapkan ibu hamil tidak kekurangan nutrisi yang dapat mengakibatkan kelahiran prematur.

Keberhasilan ini tidak akan tercapai tanpa dukungan dan bimbingan para dosen FF USD, alumni, mahasiswa serta seluruh civitas USD. Dengan dituainya prestasi FF USD pada awal tahun 2016 ini diharapkan tahun 2016 menjadi tahun yang penuh prestasi dalam mengharumkan almamater Universitas Sanata Dharma tercinta. (ai)

 

 

lihat berita Farmasi lainnya>>
hal. 1  ...  3  4  5  6  7  ... 8
© 2019 - Fakultas Farmasi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami