Universitas Sanata Dharma

Fakultas Farmasi

Loading
HomeProfileBeritaAgendaFasilitasDownloadLowongan KerjaKontakPengumuman

BERITA KEGIATAN

Fakultas Farmasi USD Kembali Juara PCE dalam APPS 2015 di Thailand
F.FAR | 15 September 2015

Lisania Ines S.Farm berhasil membawa nama Indonesia dan sebagai Juara II kompetisi Internasional Patient Counseling Event(PCE) di Pattaya, Thailand yang berlangsung pada 21st  - 27thAgustus 2015. Acara tahunan ini diikuti sekitar 400 peserta dari berbagai negara di wilayah Asia Pasifik di antaranya Thailand, Jepang, Korea, Taiwan, Philipina, Singapura, Malaysia, Australia, New Zeland, serta beberapa tamu kehormatan dari Canada dan Algeria.

Kegiatan yang berlangsung dalam The 14th IPSF Asian Pacific Pharmaceutical Symposium (APPS) ini antara lain Symposium, Workshop, CampaignField Trip, Explore Thailand, International Night, dan Night Events. Berbagai kompetisi diadakan, salah satunya adalah Patient Counseling Event(PCE) yang merupakan kompetisi bergengsi Internasional dengan pesertanya adalah mahasiswa farmasi di seluruh Asia Pasifik yang merupakan perwakilan dari masing-masing negara tersebut.

Dua kategori kompetisi dalam PCE yaitu Beginner dan Advance. Kategori Beginner diperuntukkan bagi mahasiswa S1 Farmasi yang menuntut skill keruntutan penyampaian informasi dalam konseling. Kategori Advance untuk mahasiswa tingkat Program Studi Profesi Apoteker (PSPA), selain keruntutan penyampaian informasi juga dinilai bagaimana cara pemecahan kasus yang tentunya lebih rumit dibandingkan kasus pada kategori Beginner. Pemilihan bahasa, sikap empati, dan cara berkomunikasi yang luwes menjadi penilaian utama dalam kompetisi ini.

Perjuangan yang tidak mudah dilalui oleh Lisania Ines yang juga penerima Beasiswa Unggulan DIKTI ini, Ia harus menyelesaikan kasus terkait dengan obat hormon pada babak penyisihan dan obat jantung dan tatalaksana terapinya pada tahap Final. Peserta PCE kategori Advance ini mampu menyingkirkan kompetitornya hingga masuk tahap Final dengan tiga peserta yaitu Nicholas Sourlos (Australia), Lisania Ines (Indonesia), dan Chanthawat Patikorn (Thailand). Prestasi ini menambah sederet prestasi yang pernah diraih oleh Fakultas Farmasi (FF) USD di tingkat Asia Pasifik sebagai yang terbaik PCE APPS di level Advance pada tahun 2011, level Beginner 2010 di Malaysia, 2012 di Taiwan, dan Juara 2 tahun 2011 di Indonesia.

Segala pencapaiannya saat ini tidak lepas dari pelatihan dan bimbingan dosen Fakultas Farmasi USD, Ipang Djunarko, M.Sc., Apt. “Sungguh luar biasa pengalaman dan kesempatan yang saya dapatkan ini, oleh karena itu saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah memberikan kepercayaan kepada saya untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, terutama FF USD yang mendukung saya secara penuh dalam akomodasi. Bapak Ipang Djunarko yang setia dan tidak pernah lelah membimbing saya, Patient Counseling Club BEMF Farmasi USD, teman-teman peserta APPS dan semuanya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu”, ucap Ines, mahasiswa PSPA ini. Satu lagi prestasi dipersembahkan FF USD yang membawa harum nama USD dikancah Internasional. Selamat. (ID)

 

hal. 1  ...  2  3  4  5  6  ... 7
© 2019 - Fakultas Farmasi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami