Universitas Sanata Dharma

Fakultas Farmasi

Loading
HomeProfileBeritaAgendaFasilitasDownloadLowongan KerjaKontakPengumuman

BERITA KEGIATAN

“Novel Strategies for the Preparation of Solid Dispersions Containing Lipophilic Drugs"
F.FAR | 23 September 2019
“Novel Strategies for the Preparation of Solid Dispersions Containing Lipophilic Drugs" ::

Guest Lecture in “Novel Strategies for the Preparation of Solid Dispersions Containing Lipophilic Drugs”

Dosen: Dr. W.L.J Hinrichs ((Department of Pharmaceutical Technology and Biopharmacy, University of Groningen, The Netherlands)

Dr. W.L.J Hinrichs memberikan materi menarik pada kuliah tamu untuk mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma pada Hari Kamis, 19 September 2019. Kuliah tamu dengan tema “Novel Strategies for the Preparation of Solid Dispersions Containing Lipophilic Drugs” dihadiri 180 mahasiswa semester III. Mahasiswa belajar dari pengalaman riset dari narasumber tentang teknologi baru yang diaplikasikan untuk meningkatkan kelarutan obat-obat tidak larut air (lipofilik). Teknologi solid dispersions merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan formulasi sediaan obat tradisional.

Solid dispersions merupakan teknologi yang dikembangkan untuk meningkatkan kelarutan obat-obat lipofilik. Peningkatan kelarutan dibutuhkan untuk meningkatkan penyerapan obat melalui gastrointestinal dan kadar obat dalam darah yang dibutuhkan untuk memberikan efek terapi. Lebih jauh, solid dispersion adalah teknologi yang dapat diaplikasikan dalam pembuatan nanopartikel atau nanokristal yang saat ini banyak digunakan dalam bidang formulasi sediaan farmasi.

Mahasiswa sangat antusisas mengetahui teknoilogi ini, dengan beberapa pertanyaann kritis Beberapa pertanyaan dari mahasiswa, antara lain adalah mengenai relevansi penggunaan teknologi solid dispersion terhadap obat-obat yang mudah dimetabolime dan tentang perbedaan teknologi solid dispersions dan strategi lain yang telah digunakan utnuk meningkatkan kelarutan obat, missal Teknik ko-solvensi.

hal. 1  2  3  4  5  ...  12
© 2020 - Fakultas Farmasi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami