Universitas Sanata Dharma

Fakultas Farmasi

Loading
HomeProfileBeritaAgendaFasilitasDownloadLowongan KerjaKontakPengumuman

BERITA KEGIATAN

Delegasi Fakultas Farmasi USD Peroleh Juara 2 Pharmanation 2018
F.FAR | 06 December 2018
Delegasi Fakultas Farmasi USD Peroleh Juara 2 Pharmanation 2018 ::

Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma (USD) merayakan kegembiraannya karena delegasi yang diutus untuk mengikuti lomba Pharmanation 2018 di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta berhasil meraih Juara 2 dalam bidang Objective Structured Clinical Examination (OSCE). Mereka adalah Preiffer Agus Prasojo, Yuliani Silvana Putri, dan Yohana Lita. Pharmanation 2018 adalah kompetisi farmasi tingkat nasional yang memperlombakan OSCE, yaitu ujian kompetensi klinik secara obyektif dan terstruktur dalam bentuk putaran station dalam waktu tertentu. Kompetisi tingkat nasional yang diselenggarakan untuk ketiga kalinya oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Farmasi UAD Yogyakarta ini mengambil tema umum “Pharmacy Inspire for Indonesia” dan tema khusus OSCE “Vaksin: Tujuan, Manfaat, dan Kehalalan”.

Kompetesi tingkat nasional yang diikuti oleh 29 tim dari seluruh Fakultas Farmasi se-Indonesia ini berlangsung selama dua hari dan terdiri dari tiga babak. Pada Sabtu (24/11), dilaksanakan babak penyisihan. Pada babak ini peserta menyelesaikan soal-soal pilihan ganda Computer Based Test (CBT). Keesokan harinya, Minggu (25/11) dilaksanakan babak semifinal. Pada babak ini peserta membedah jurnal serta mengikuti Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) serta OSCE. Kemudian dilanjutkan dengan babak final, di mana pada babak ini peserta mengikuti OSCE. Mengingat OSCEyang juga merupakan salah satu persyaratan untuk memperoleh sertifikat kompetensi apoteker yang dikeluarkan oleh Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), dengan berhasil lolos sampai pada babak final dan meraih Juara 2, ketiga delegasi Fakultas Farmasi USD pun semakin matang dalam dunia farmasi.

Salah satu kunci keberhasilan ketiga delegasi Fakultas Farmasi USD dalam Pharmanation 2018 adalah kematangan untuk terus mengembangkan materi dan program yang telah diterima di kampus USD. Seperti yang disampaikan oleh Yohana Lita, “Saya bersama dua teman saya sempat langsung praktik melalui ujian praktikum OSCE di kampus, sehingga apa yang semuanya sudah kami pelajari dapat dipahami lebih baik lagi”. Mereka juga memberikan catatan bagi delegasi-delegasi selanjutnya agar memperkuat persiapan dengan melakukan bimbingan kepada dosen-dosen pengampu. Seperti yang disampaikan oleh Yuliani Silvana Putri, “Saran untuk ke depannya untuk mengoptimalkan bimbingan dengan dosen karena hal tersebut sangat membantu”. Mereka pun sangat bergembira atas keterlibatan dan pencapaian mereka. Seperti yang disampaikan oleh Preiffer Agus Prasojo, “Kesannya sangat senang dan tidak terduga dapat menjadi salah satu pemenang dalam lomba tersebut dan juga bangga karena dapat mengharumkan nama Universitas Sanata Dharma.”

(c-VHPR & YS)

hal. 1  2  3  4  5  ...  7
© 2019 - Fakultas Farmasi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami