Universitas Sanata Dharma

Fakultas Farmasi

Loading
HomeProfileBeritaAgendaFasilitasDownloadLowongan KerjaKontakPengumuman

BERITA KEGIATAN

BEMF Farmasi USD Selenggarakan Student Exchange Programme 2015
F.FAR | 08 September 2015

Student Exchange Programme (SEP) merupakan program pertukaran pelajar yang rutin diselenggarakan setiap tahun olehInternational Pharmaceutical Students’ Federation (IPSF). SebagaiMember in Association (MiA) IPSF, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEMF) Farmasi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta pada tahun ini menyelenggarakan kegiatan SEP 2015 dengan mengangkat tema “Work Hard, Play Hard”. Kegiatan diselenggarakan pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 Agustus 2015 dan diikuti oleh 3 orang peserta dari berbagai negara, yaitu Agatha Misiakiewicz (Perancis), Zuzana Jankovicova (Slovakia), dan Chong Jue Xin (Malaysia).

Kegiatan ini diawali dengan adanya Welcome Party diselenggarakan pada tanggal 19 Agustus 2015 yang diikuti oleh seluruh peserta maupun panitia SEP 2015. Sebagai simbolisasi pembukaan kegiatan SEP, dilakukan pemotongan tumpeng oleh ketiga peserta sebagai simbolis bahwa peserta SEP telah siap untuk melakukan kegiatan pertukaran pelajar di Fakultas Farmasi USD. Welcome party ditutup dengan adanya unjuk bakat yang harus dilakukan oleh masing-masing peserta, di mana setiap peserta wajib menampikan kesenian yang berasal dari Negara asalnya.

Pada kesempatan ini, peserta difasilitasi untuk Internship di Apotek Dina Farma Godean dan Apotek Waringin Lempuyangan selama 5 hari. Pada hari pertama Internship, para peserta diberikan materi mengenai profil apotek, peraturan dalam apotek, sistem apotek, prosedur pemesanan dan penerimaan barang, prosedur pemberian obat ke pasien. Para peserta juga dikenalkan dengan seluruh sudut ruangan diapotek, tempat penyimpanan obat, apoteker dan karyawan staf yang bekerja. Selama 5 hari tersebut, peserta diberi kesempatan untuk membantu apoteker dalam kegiatan kefarmasian. Pada hari terakhir Internshipdi apotek, para peserta dan juga apoteker melakukan diskusi tentang dunia farmasi di Indonesia dan perbandingannya dengan dunia farmasi di negara mereka masing-masing. Selanjutnya para peserta SEP melakukan kegiatan internship di Rumah Sakit Bethesda. Saat internship rumah sakit, para peserta diajak untuk keliling Rumah Sakit Bethesda, ruang penyimpanan obat, tempat rekonstitusi Obat Sitostatika dan tempat meracik obat, ruang perawatan pasien, UGD, Ruang donor darah, Farmasi ICU, ruang bedah farmasi dan sterilisasi alat medis.

Para peserta SEP tidak hanya melakukan kegiatan praktek kefarmasian di apotek dan rumah sakit namun juga diajak untuk melihat keindahan Kota Yogyakarta dan sekitarnya seperti Candi Prambanan, Kraton, Museum Kereta Kencana, Benteng Vredeburg, Taman Sari, dll.

Selain internship dan berkunjung keberbagai tempat wisata, para peserta juga mempresentasikan bagaimana sistem perkuliahan dinegara mereka masing-masing didepan dosen, BEMF, DPMF, dan panitia SEP. Peserta juga diajak untuk keliling kebun obat dan bertemu dengan herbal Garden Team (HGT), serta peserta juga memperkenalkan dirinya didepan Mahasiswa Baru pada acara Pra-Titrasi.

Di hari terakhir, para peserta diajak menikmati keindahan Pantai Nglambor, kemudian para peserta dan panitia SEP mengadakan Farewell Party di Guest House. Serangkaian acara seperti sambutan, sharing peserta dan panitia, game, penyerahan kenang-kenangan, dan makan malam bersama. Acara Farewell Party ini ditutup dengan foto bersama seluruh panitia dan peserta SEP 2015. (FMG)

 

hal. 1  ...  7  8  9  10  11  ... 13
© 2020 - Fakultas Farmasi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami