Universitas Sanata Dharma

Fakultas Farmasi

Loading
HomeProfileBeritaAgendaFasilitasDownloadLowongan KerjaKontakPengumuman

BERITA KEGIATAN

Farmasi USD Kembali Juara PCC Tingkat International di Hyderabad, India dalam acara 61st IPSF World
F.FAR | 08 September 2015
Farmasi USD Kembali Juara PCC Tingkat International di Hyderabad, India dalam acara 61st IPSF World  ::


Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma (FF USD) kembali menjuarai Patient Counselling Competition (PCC) tingkat International di Hyderabad (India) dalam acara 61st International Pharmaceutical Student Federation (IPSF) World Congress 2015 pada 30 Juli-9 Agustus 2015. Acara ini diadakan setiap tahunnya. Tiga (3) besar dunia berhasil dipersembahkan untuk FF USD pada level Advance oleh Greta Paulina S.Farm mahasiswa Program Studi Profesi Apoteker (PSPA). Prestasi ini melanjutkan prestasi PCC IPSFWorld Congress pada tahun 2009 di Bali, Indonesia dan PCC IPSFWorld Congress 2012 di Mesir..

Kompetisi PCC di Hyderabad, India tahun ini diikuti beberapa negara, antara lain Canada, USA, Australia, Mesir, Denmark, India, Belanda, Zimbabwe, Slovenia, Austria. Peserta yang berkompetisi merupakan mahasiswa farmasi di seluruh dunia dan menjadi  perwakilan dari negara tersebut. Kompetisi PCC dikategorikan dalam 2 level yaituBeginner untuk mahasiswa S1 dan level Advance untuk mahasiswa Profesi Apoteker/S2/S3. Perbedaan kedua level juga terkait kedalaman dan tingkat kesulitan kajian resep yang harus diselesaikan peserta dalam memberikan pelayanan konseling kepada pasien. Tuntutan keberhasilan konseling tidak hanya dalam penggunaan bahasa komunikasi yang efektif dan efisien, namun sikap empati dan kebenaran informasi pemberian obat dari resep juga harus diperhatikan.

Prestasi tersebut tidak diraih dengan mudah, karena Greta Paulina sebelum menjadi juara harus melalui babak penyisihan di masing-masing level untuk dipilih menuju Final dengan kasus resep obat epilepasi. Di level Advance Greta Paulina wakil dari Indonesia bersama peserta Finalis dari Hebatullah Mostafa ElRefaie (Mesir), dan Christine Echtenkamp (USA) dengan kasus resep obat Hormon untuk pascamenopose.

Akhirnya, berkat persiapan dan pendampingan yang matang serta rutin di bawah bimbingan dosen Fakultas Farmasi USD, Ipang Djunarko, M.Sc.,Apt, kembali delegasi Indonesia Greta Paulina, S.Farm bisa menorehkan prestasi sebagai 3 (tiga) besar dunia. Greta Paulina,S.Farm  menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dan doa selama kompetisi berlangsung. Kerja keras demi memperoleh kembali juara dunia PCC ini tidak lepas juga dari dukungan USD, Fakultas Farmasi, Program Studi Profesi Apoteker FF USD, kelompok studi Patient Counseling Club BEMF Farmasi yang aktif berlatih setiap hari Jumat dan di hari Minggu terlibat aktif melakukan pekerjaan kefarmasian secara sosial, serta para dosen FF USD. Semoga dengan prestasi ini, FF USD terus dapat membawa nama harum USD di tingkat Nasional dan Internasional. (ID)

hal. 1  ...  7  8  9  10  11  ... 13
© 2020 - Fakultas Farmasi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami