Universitas Sanata Dharma

Fakultas Farmasi

Loading
HomeProfileBeritaAgendaFasilitasDownloadLowongan KerjaKontakPengumuman

BERITA KEGIATAN

Fakultas Farmasi USD Torehkan Prestasi Bidang PCE Tingkat Nasional
F.FAR | 13 February 2019
Fakultas Farmasi USD Torehkan Prestasi Bidang PCE Tingkat Nasional ::

Joshwa Dwiki Kurnia, mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma (FF USD) berhasil menorehkan prestasi dalam  kompetisi Patient Counseling Event (PCE) tingkat nasional. Mahasiswa yang kerap disapa Joshwa ini meraih  juara pertama dalam bidang konseling kesehatan. PCE tersebut merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Rapat Kerja Nasional XIV Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia (ISMAFARSI) 2019 yang diselenggarakan oleh ISMAFARSI dan Universitas Udayana sebagai tuan rumah kegiatan tersebut. Bertempat di Hotel Geria Agung Mahajaya, Bali, kompetisi PCE dilaksanakan mulai tanggal 26-29 Januari 2019. Total peserta kompetisi PCE tahun ini sebanyak 36 orang mahasiswa farmasi yang berasal dari berbagai universitas ternama di Indonesia. USD mendelegasikan 2 orang mahasiswa dari FF USD untuk mengikuti kompetisi tersebut.

Ini merupakan kali kelima bagi Joshwa mengikuti kompetisi PCE. Tidak hanya persiapan materi secara pribadi dengan mempelajari kembali ilmu yang telah diberikan dosen-dosen di kelas, Joshwa juga mendapatkan bimbingan khusus dari dosen FF USD, Christianus Heru Setiawan, M.Sc., Apt. “Beliau juga memberikan tambahan seputar penyakit-penyakit neurodegeneratif seperti parkinson dan alzheimer.” ungkap Joshwa.

Tidak pernah terbayang olehnya akan mendapat Juara 1 kompetisi PCE nasional ini, karena ia tidak mengetahui kemampuan peserta lainnya dan persiapan yang dirasa kurang bagi Joshwa. Ditambah jarak kompetisi PCE ini tidak jauh dari kompetisi yang ia ikuti sebelumnya. “Saya tipe orang yang tidak bisa belajar sekali dua kali langsung ingat, dan gampang lupa.” tambahnya. Meskipun demikian, dengan bermodalkan penguasaan terhadap materi yang telah ia pelajari, Joshwa tetap percaya diri saat kompetisi konseling dimulai.

Joshwa mengaku, dengan mengikuti kompetisi PCE ia mendapatkan banyak ilmu baru terkait obat-obatan dan penyakit yang tidak ia dapatkan di kelas. Di akhir kalimatnya, Joshwa mengatakan bahwa pengalaman mengikuti kompetisi ini tidak serta-merta pengalaman berkompetisi, namun juga mendapat kenalan dan teman baru yang membuatnya memiliki jejaring di tempat lain selain lingkup USD dan Yogyakarta.

(c-J & FEJL)

hal. 1  2  3  4  5  ...  8
© 2019 - Fakultas Farmasi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami