Universitas Sanata Dharma

Fakultas Farmasi

Loading
HomeProfileBeritaAgendaFasilitasDownloadLowongan KerjaKontakPengumuman

BERITA KEGIATAN

PKM-M Nagahati: Upaya Tingkatkan Kepedulian Kesehatan Diri Pada Siswa Sekolah Dasar
Pendidikan Strata-1 (S-1) Farmasi (PSF) | 25 August 2017
PKM-M Nagahati: Upaya Tingkatkan Kepedulian Kesehatan Diri Pada Siswa Sekolah Dasar :: Pendidikan Strata-1 (S-1) Farmasi (PSF)

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan suatu kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu peserta didik di Perguruan Tinggi agar kelak menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional. Salah satu PKM di bidang pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) dari Universitas Sanata Dharma yang berhasil didanai oleh DIKTI adalah PKM-M berjudul “Nagahati (Tanamkan Semangat Anak Cegah dan Atasi Anemia) Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kepedulian Akan Kesehatan Diri Pada Siswa Sekolah Dasar”. Program ini disusun oleh Viktoria Maya Chyntia (Farmasi), Agnes Chyntia Silalahi (Farmasi), Bernadeta Dhiyana Krismadanti (Farmasi), dan Julius Gitadona Thieronsia (PGSD), dengan Dosen pembimbing Dr. Rita Suhadi, M.Si., Apt (Farmasi).

Sasaran PKM-M Nagahati ini adalah siswa sekolah dasar yaitu siswa kelas V di SDN Karanganyar, Donokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta. Program ini bertujuan untuk membantu siswa sekolah dasar dalam menjaga kesehatan diri agar terhindar dari suatu kondisi yaitu anemia. Anemia merupakan suatu gangguan pada tubuh ketika jumlah sel darah merah dalam darah menurun. Anemia dapat dialami seseorang di berbagai usia apabila kekurangan asupan zat gizi khususnya zat besi. Beberapa tanda anemia yaitu pusing, lemah, lemas, letih, menurunnya sistem imun, menurunnya konsentrasi, dan sebagainya. Bila anemia terjadi pada siswa sekolah dasar, maka dapat mengganggu aktivitas belajar di sekolah dan mempengaruhi prestasi belajarnya.

PKM-M Nagahati terdiri dari kegiatan penyuluhan dan pendampingan kepada para siswa. Pertemuan pertama, 17 April 2017, diisi dengan kegiatan penyuluhan mengenai anemia serta cara mencegah dan mengatasinya dengan metode Student-Team-Achievement Divisions (STAD) yaitu mengelompokkan siswa menjadi tim yang beranggotakan empat sampai lima orang. Dalam tim tersebut, para siswa diminta untuk belajar bersama dengan mengulang kembali materi penyuluhan yang telah disampaikan dan saling membantu agar semua anggota tim menguasai materi tersebut. Setelah proses belajar bersama, siswa diminta untuk mengerjakan suatu kuis secara individu. Kuis ini dinilai dan nilai yang didapat tiap siswa dalam kelompok dijumlahkan sebagai nilai kelompok. Kelompok dengan nilai tertinggi akan diberikan penghargaan. Teknik ini diterapkan agar dapat memudahkan siswa dalam mengingat dan memahami materi dibandingkan belajar secara individual.

Pertemuan kedua, 29 April 2017, terdiri dari kegiatan pendampingan yaitu pembuatan poster berdasarkan materi penyuluhan yang telah diberikan. Poster ini digunakan sebagai media pengingat bagi siswa agar selalu menjaga kesehatannya supaya tidak mengalami anemia. Pertemuan ketiga, 13 Mei 2017, diisi dengan kegiatan pemeriksaan darah untuk mengetahui kadar Hb para siswa. Para siswa sangat antusias dalam kegiatan ini. Melalui kegiatan ini, para siswa dapat mengetahui apakah mereka mengalami anemia atau tidak.

Pertemuan keempat, 24 Mei 2017, merupakan follow up dari keseluruhan kegiatan PKM yang telah dilaksanakan. Pertemuaan terakhir diisi dengan pemeriksaan darah yang kedua dan presentasi siswa yang menjadi pemenang poster. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu siswa untuk mengingat dan menerapkan dengan baik keseluruhan kegiatan PKM yang telah dilaksanakan. Melalui PKM ini, Tim PKM-M Nagahati berharap agar para siswa lebih memahami pentingnya menjaga kesehatan diri melalui pola hidup sehat yakni dengan memperhatikan asupan gizi, berolahraga, dan istirahat yang cukup agar terhindar dari anemia. 

(VMC

 

lihat berita Pendidikan Strata-1 (S-1) Farmasi (PSF) lainnya>>
hal. 1  2  3  4  5  
© 2017 - Fakultas Farmasi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami