Universitas Sanata Dharma

Fakultas Farmasi

Loading
HomeProfileBeritaAgendaFasilitasDownloadLowongan KerjaKontakPengumuman

BERITA KEGIATAN

Journal of Pharmaceutical Sciences and Community Terakreditasi Peringkat 2 Kemenristekdikti
F.FAR | 15 November 2018
Journal of Pharmaceutical Sciences and Community Terakreditasi Peringkat 2 Kemenristekdikti ::

Dalam rangka implementasi dari Permenristekdikti nomor 9 tahun 2018 tentang Akreditasi Jurnal Ilmiah maka sistem akreditasi jurnal ilmiah di Indonesia yang sebelumnya dikelola oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) kini sudah dikelola terpusat oleh Kemenristekdikti didukung dengan adanya daring Science and Technology Index (SINTA) melalui pemeringkatan SINTA 1 sampai dengan SINTA 6 (peringkat 1 sampai dengan 6). Oleh karena itu, Kemenristekdikti secara berkesinambungan melakukan akreditasi dan reakareditasi jurnal-jurnal ilmiah di Indonesia.

Pada hari Sabtu tanggal 3 November 2018, Kemenristekdikti mengundang para pengelola jurnal ilmiah di Indonesia untuk mengikuti acara Penyerahan Sertifikat Akreditasi Jurnal serta Seminar Etika dan Integritas Ilmiah. Acara yang dilangsungkan di Indonesia Convention Expo BSD Tangerang ini sendiri merupakan kegiatan periode yang kedua pemberian sertifikat akreditasi bagi jurnal ilmiah yang telah mendaftar pada proses akreditasi di tahun 2018. Pada acara ini, sertifikat akreditasi diberikan tidak hanya kepada pengelola jurnal ilmiah yang baru pertama kali mengajukan akreditasi namun juga pemberian sertifikat pembaharuan bagi jurnal yang sebelumnya telah terakreditasi baik oleh LIPI maupun Kemenristekdikti.

Selain penyerahan sertifikat akreditasi, pada acara ini juga diadakan seminar singkat mengenai etika dan integritas ilmiah. Acara dibuka oleh Dr. Sadjuga, M.Sc selaku Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti. Dalam sambutan singkatnya, Sadjuga menyampaikan bahwa publikasi peneliti dan dosen di Indonesia saat ini sudah mengalami kemajuan perkembangan dan para pengelola jurnal yang ada di Indonesia ini sangat mendapat apresiasi dari Kemenristekdikti mengingat perannya sebagai ujung tombak publikasi. Setelah sambutan, pemaparan materi mengenai proses perjalanan akreditasi dari suatu jurnal ilmiah yang disampaikan oleh Dr. Lukman, ST., M.Hum. selaku Kepala Subdirektorat Fasilitasi Jurnal Ilmiah. Dalam paparannya, Lukman menyampaikan bahwa saat ini banyak sekali jurnal yang mengajukan penilaian untuk diakreditasi namun kebanyakan jurnal yang diajukan tersebut tidak lolos dalam tahap desk evaluation. Meskipun demikian bagi jurnal yang telah memenuhi persyaratan akan masuk pada tahapan penilaian manajemen dan substansi artikel oleh para asesor yang sesuai dengan bidang keilmuan dari jurnal. Menurut Lukman, waktu yang dibutuhkan sejak pengelola jurnal mengajukan penilaian akreditasi hingga diperoleh keputusan itu adalah maksimal dua bulan.

Pada acara ini, pengelola jurnal ilmiah dari Universitas Sanata Dharma diundang sebagai peserta dan penerima sertifikat akreditasi. Adapun kedua pengelola jurnal ilmiah tersebut yaitu Barli Bram M.Ed., Ph.D. pengelola LLT Journal: A Journal on Language and Language Teaching dan Michael R. Gani, M.Farm., Apt. pengelola Jurnal Farmasi Sains dan Komunitas (Journal of Pharmaceutical Sciences and Community) atau JPSC. Sebagai jurnal ilmiah kefarmasian yang diterbitkan oleh Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma, penerimaan sertifikat akreditasi ini adalah yang pertama sejak terbit pertamanya pada tahun 2003. Setelah berbagai dinamika yang dialami JPSC yang awalnya diterbitkan sebagai media cetak, pada tahun 2016 jurnal ini telah berhasil memperoleh ISSN online dan terbit secara digital dengan platform Open Journal System (OJS). Pada tahun 2017, JPSC untuk pertama kali terindeks pada Directory of Open Access Journal (DOAJ) yang dinyatakan sebagai lembaga pengindeks internasional bereputasi sedang oleh Kemenristekdikti. Setahun berselang JPSC berhasil meraih Bantuan Pengelolaan Jurnal Ilmiah Elektronik dari Kemenristekdikti untuk tahun pendanaan 2018. Momentum ini tidak disia-siakan oleh Florentinus Dika Octa Riswanto, M.Sc. selaku editor in chief dan segenap tim editorial untuk membuat beberapa terobosan dan strategi menuju akreditasi nasional. Melalui kerja keras dan dedikasi yang tinggi oleh segenap tim editorial serta dukungan Universitas Sanata Dharma, JPSC telah berhasil ditetapkan sebagai Jurnal Ilmiah Nasional Terakreditasi Peringkat 2 berdasarkan surat keputusan Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti No 30/E/KPT/2018 per tanggal 24 Oktober 2018. Hal ini merupakan kesempatan sekaligus peluang mengingat konsistensi kualitas terbitan harus senantiasa terjaga dan ditingkatkan serta mulai berbenah untuk melangkah lebih jauh menjadi jurnal internasional yang semakin bereputasi.

(c-MRG)

hal. 1  2  3  4  5  ...  7
© 2018 - Fakultas Farmasi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami