Universitas Sanata Dharma

Fakultas Farmasi

Loading
HomeProfileBeritaAgendaFasilitasDownloadLowongan KerjaKontakPengumuman

BERITA KEGIATAN

Fakultas Farmasi USD Raih Juara 1 Olimpiade Farmasi Indonesia Bidang Farmakologi
F.FAR | 14 November 2017
Fakultas Farmasi USD Raih Juara 1 Olimpiade Farmasi Indonesia Bidang Farmakologi ::

Erica Kusuma Rahayu Sudarsono, mahasiswa Fakultas Farmasi Universtias Sanata Dharma (USD) menjuarai Olimpiade Farmasi Indonesia (OFI) bidang farmakologi yang diselenggarakan pada tanggal 29 September - 1 Oktober 2017 di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. OFI merupakan ajang lomba bagi mahasiswa farmasi di seluruh Indonesia, olimpiade ini meliputi bidang farmasetika dan bidang farmakologi. OFI pada tahun ini diikuti oleh 32 universitas di Indonesia, dan USD meraih Juara 1 pada bidang farmakologi.

Erica mengikuti olimpiade pada bidang farmakologi, dan untuk melewati babak penyisihan, Erica harus menyelesaikan 6 bidang soal. Selain mengerjakan soal, Erica juga melakukan konseling, bedah kasus, dan presentasi. Ketiga hal ini dilakukan pada babak semi-final. “Saya bangga bisa meraih Juara 1, namun ada juga rasa campur aduk, kadang senang kadang takut.” ujar Erica. Ia tidak terpikirkan akan menjuarai olimpiade, namun ia tetap belajar dan berusaha untuk mendapatkan yang terbaik. Sebelum perlombaan, Erica mendapatkan bimbingan dari para dosen farmasi, yaitu Dita Maria Virginia, S.Farm., Apt., M.Sc.; Dr. Rita Suhadi, M.Si., Apt.; Christianus Heru Setiawan, M.Sc., Apt.;  Dr. Yustina Sri Hartani, Apt.; dan Dina Christin Ayuning Putri, M.Sc., Apt. “Saya bersyukur mendapatkan bimbingan dari 5 dosen sehingga saya menjadi lebih siap.” ujarnya.

“Saya punya pesan untuk adik-adik tingkat dan teman-teman semua. Jika kita mengikuti lomba, belum tentu sekali lomba langsung menjadi juara. Kita semua membutuhkan proses yang membuat kita semakin hari semakin baik, sehingga jika pertama kali kita ikut lomba dan belum menang, janganlah bersedih. Proses memang seperti itu.” ujar Erica.

(TAP)

hal. 1  2  3  4  5  
© 2017 - Fakultas Farmasi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami