Magister Manajemen

Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma

<< WEB FAKULTAS

TESTIMONIAL

Lyndha Christiana , S.Farm.
christiana.lyndha@yahoo.com / 085643517465
Testimonial :: Magister Manajemen USD

MM memberikan suatu pengetahuan dan pengalaman yang baru kepada saya. Di MM saya bertemu dengan banyak orang dengan berbagai latar belakang dimana ilmu yang sudah kita dapatkan kita diskusikan menurut bidang kita masing-masing kadang memang ada yang kurang nyambung, tapi disitulah kami mulai bertukar pikiran menyatukan pemikiran-pemikiran kita. Saya mendapatkan banyak ilmu baru disini karena ketika saya yang masih belum mengenal jauh dunia kerja dapat berbagi pengalaman dan bertukar pikiran dengan mereka yang sudah bekerja, pemikiran –pemikiran mereka kadang yang lebih dewasa sangat  membantu dalam pemahaman. Untuk dosen di MM kaena saya hanya mengambil 2 SKS mungkin saya tidak dapat menceritakan secara umum, namun pada mata kuliah yang saya ambil, proses belajarnya menyenangkan. Ruangan kuliahnya bagus  dilengkapi dengan teknologi yang memadai sehingga meningkatkan kenyamanan. Dengan mengambil mata kuliah MM saya berharap saya dapat menerapkan ilmu manajemen yang sudah saya dapatkan ini kedalam dunia kerja dan dapat memberi inovasi dalam dunia bisnis khususnya farmasi. Lebih lanjut saya memilih MM karena awalnya saya ingin menambah pengalaman dan merasakan bagaimana rasanya kuliah di S2. Ini adalah sebuah kesempatan yang mungkin di universitas lain tidak ada. Saya yang dari farmasi merasakan saya sangat membutuhkan ilmu management. Saya memilih MM karena banyak kakak tingkat saya yang merasa mendapatkan banyak pengalama setela kuliah di MM saya berharap mendapatkan hal yang sama.

 
 
Jantra Handoko
jantrahandoko@yahoo.co.id / 08536387999
Testimonial :: Magister Manajemen USD

Tempat asal: Tembilahan – Inhil, Riau

Memilih untuk melanjutkan studi S2 adalah investasi jangka panjang bagi saya, dan memilih melanjutkan S2 di MM – USD karena saya memiliki gambaran kualitas pengajaran dari staf pengajar, yang sebelumnya sudah pernah saya rasakan di jenjang S1. Tetapi apa yang saya bayangkan jauh lebih tinggi dari yang sebenarnya, dan sangat merasa beruntung memilih S2 di MM – USD. Di MM – USD, banyak berdiskusi mengenai case study yang menurut saya dapat membuka pandangan kita lebih luas karena dilihat dari berbagai latar belakang pendidikan, sehingga ini dapat membuat kita dapat menganalisis lebih tajam karena tidak hanya melihat dari 1 (satu) sisi saja.

 
 
Vincensius Galih Prakarsa Gautama Putra, S.Farm.
vincentgalih150293@gmail.com / 085710057579
Testimonial :: Magister Manajemen USD

Tempat Asal: DKI Jakarta

Belajar di MM memberikan saya suatu pengalaman yang baru. Hal itu dikarenakan orang-orang yang berkuliah di MM memiliki basik pendidikan yang berbeda, serta mayoritas dari mereka sudah memiliki pengalaman di bidang kerja. Hal ini membuat saya dan teman-teman yang baru saja lulus S1 cukup kesulitan untuk mengikuti ritme perkuliahan. Kami cukup bingung ketika dinamika di kelas lebih banyak membahas mengenai permasalahan-permasalahan yang terjadi di perusahaan masing-masing tempat para mahasiswa bekerja. Namun hal ini juga memiliki manfaat yang positif, karena kami “dipaksa” untuk mengerti dan memahami seperti apa kasus-kasus nyata yang terjadi di dunia nyata sebenarnya. Meskipun untuk mengejar ketertinggalan kami dibutuhkan afford yang lebih. Alasan memilih MM adalah karena besarnya rasa ingin tau mengenai situasi dan kondisi dinamika perkuliahan di S2. Oleh karena itu, untuk menjawab rasa ingin tau tersebut, saya mengikuti perkuliahan ini dan cukup memberikan gambaran kepada saya mengenai perkuliahan di S2. Selain itu, saya sadar bahwa di dunia kerja nanti, ilmu manajemen sangat penting di berbagai bidang pekerjaan. Sedangkan bagi kami para farmasis, ilmu manajemen yang kami dapat sangat terbatas, oleh karena itu sangat baik rencana dari fakultas untuk menyertakan mata kuliah MM sebagai mata kuliah pilihan. Menurut saya perkuliahan di MM berguna bagi bekal kami untuk menghadapi dunia pekerjaan, dimana dalam perkuliahan MM kami dibekali oleh pengalaman-pengalaman serta kasus-kasus yang dibawa oleh kakak-kakak senior yang sudah memiliki banyak pengalaman di dunia kerja.

 
 
Yosua Cahya Purnawidya
yosua.cahya@gmail.com / 085764551646
Testimonial :: Magister Manajemen USD

Tempat Asal: Langkat - Sumatera Selatan

Saya mendapatkan banyak ilmu ilmu praktis dari sharing bersama rekan mahasiswa di MM. Semua rekan di MM banyak berbagi tentang pengalaman dan tips bagai mana menghadapi permasalahan permasalahan yang mungkin terjadi di dunia managerial. Saya mengikuti dengan baik kurikulum yang ada di MM. Ilmu yang saya dapatkan sangat bermanfaat bagi saya kedepannya. Saya mengjadi paham dan mengerti tentang kegiatan managerial di dunia kerja.Kenapa pilih MM ? Saya memilih mengikuti perkuliahan di MM karena saya ingin mendapatkan pengetahuan tentang ilmu managerial yang nantinya saya harap akan berguna di dunia kerja yang akan saya geluti. Agar saya tahu bahwa apa yang akan saya hadapi dan saya dapat mempersiapkan diri dengan baik. Nantinya mungkin saya akan melanjutkan studi di MM setelah bekerja.

 
 
Theresia Dian Kurniawati, S.Farm
theresiadian137@gmail.com / 089674484014 / 081319101033
Testimonial :: Magister Manajemen USD

Tempat Asal: Klaten

Banyak pengalaman yang saya peroleh selama mengikuti perkuliahan di Magister Management USD yaitu wawasan yang bersifat teoritis maupun praktis. Saya menyerap banyak pengetahuan dari mahasiswa lain yang sudah senior dan berpengalaman di dunia kerja. Perkuliahan ini menonjolkan tentang kasus-kasus nyata di lapangan sehingga ilmu yang diperoleh tidak sekedar teori. Walaupun selama perkuliahan banyak mengalami kendala karena minimnya pengalaman tetapi dari situ saya terpacu untuk lebih memahami. Romo Haryartmoko mengemas perkuliahan secara serius namun santai dengan cara memberikan contoh dalam bentuk perumpamaan. Pengetahuan yang saya peroleh selama kuliah MM menjadi bekal yang berharga ketika kelak terjun ke dunia kerja. Saya memilih Magister Management karena saya tertarik untuk mengetahui ilmu selain bidang kefarmasian yang saya pelajari. Saya merasa bahwa ilmu manajemen sangat berguna ketika memasuki dunia kerja. Mahasiswa yang mengikuti perkuliahan ini memiliki background dari berbagai displin ilmu sehingga saya berharap dapat memperoleh banyak ilmu dari mereka. Saya dapat belajar bagaimana mengambil keputusan yang tepat ketika menghadapi suatu kasus. Oleh karena itu, keputusan memilih mengikuti kuliah di MM adalah tepat.

 
 
Gregoria Novalia Ambarani
regiambarani@gmail.com / 085643130002
Testimonial :: Magister Manajemen USD

Tempat Asal: Magelang - Jawa Tengah

Saya mengambil mata kuliah Magister Manajemen etika bisnis sebagai pilihan dalam kuliah profesi apoteker. Selama saya mengikuti proses belajarnya saya merasa mendapat hal yang baru karena saya belum pernah mengikuti mata kuliah manajemen. Saya belajar banyak mengenai etika dalam dunia bisnis, mana yang baik dilakukan dan mana yang tidak baik dilakukan menurut teori-teori yang ada. Dosen yang mengampu mata kuliah ini juga menyampaikan materi  kuliah dengan santai sehingga saya dapat mengerti walaupun hal tersebut hal baru bagi saya. Namun terkadang saya kurang mengerti dengan istilah-istilah yang ada dalam perkuliahan ini, di samping itu saya juga belum mengenali lapangan kerja yang sesungguhnya sehingga tidak dapat membandingkan bagaimana teori dan realita yang ada di masyarakat. Saya memilih mata kuliah etika bisnis ini karena saya ingin menambah pengetahuan saya mengenai etika dalam dunia bisnis. Saya yang nantinya akan berprofesi menjadi seorang apoteker tidak menutup kemungkinanan akan terjun ke bidang bisnis apotek. Sebuah apotek juga membutuhkan suatu manajemen yang baik agar mampu memberikan pelayanan ke masyarakat dan juga tetap menghasilkan keuntungan dari bisnis apotek tersebut. Oleh karena itu saya sebagai seorang calon apoteker merasa membutuhkan dasar-dasar manajemen untuk kepentingan pekerjaan saya nantinya. Setelah saya bekerja sebagai apoteker saya juga ingin melanjutkan studi saya terutama mengenai manajemen farmasi.

 

 
 
Andre Salim
runeca5tle@yahoo.com / 085750724671
Testimonial :: Magister Manajemen USD

Tempat Asal: Pontianak

Cukup menarik, mulai dari awal penasaran dengan gedung pasca sarjana di USD. MM USD ternyata cukup mantap dipersiapkan untuk mahasiswa yang ingin mengambil S2. Terlihat bahwa ada perhatian khusus dari Universitas agar MM USD bisa memberikan yang terbaik. Ternyata kuliah S2 memang terasa berbeda dibanding S1, dari tugas yang semakin menantang ditambah deadline yang semakin cepat. Memang tidak bisa sembarangan jika mau mengambil S2. Ini tempat khusus orang-orang yang memiliki minat belajar tinggi dan berpengalaman. Menyenangkan juga bisa merasakan kuliah S2 di MM USD, walaupun butuh kerja extra.  Kenapa pilih MM? Karena dari awal sudah ditanamkan bahwa pentingnya ilmu manajemen dalam bidang profesi apoteker. Manajemen memang penting dan sangat banyak dipakai dalam banyak segi di kehidupan. Memilih MM agar bisa memperoleh bekal dalam menghadapi masa depan. Untuk menjadi apoteker yang baik perlu juga menguasai manajemen. Pengalaman mempelajari ilmu baru di MM juga menjadi suatu hal yang menarik untuk dipilih.

 

 
 
Fransisca Setyaningsih
sisca.setyani@rocketmail.com
Testimonial :: Magister Manajemen USD

Tempat Asal: Tarakan - Kalimantan Utara

Pada program pasca sarjana yang saya tempuh, saya memilih salah satu mata kuliah program Magister Manajemen, yakni mata kuliah Etika Bisnis yang diampu oleh Rm. Haryatmoko sebagai mata kuliah pilihan dalam program pasca sarjana profesi Apoteker. Etika Bisnis mengajarkan bahwa dalam mengelola atau menjalankan suatu perusahaan atau sebuah organisasi baik kecil maupun besar perlu mempertimbangkan etika dalam proses manajemen dari sistem yang ada. Dalam Etika Bisnis diketahui bahwa terdapat beberapa teori-teori mengenai cara menyelesaikan masalah dalam suatu perusahaan. Teori pertama adalah dengan melihat manusia sebagai sarana dalam menyelesaikan masalah, dengan membuat score untuk menilai setiap solusi permasalahan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak dan efektif atau tidak. Teori kedua adalah bagaimana menyelesaikan masalah dengan tidak menggunakan manusia sebagai sarana, dimana tinggi rendahnya jabatan sangat berpengaruh dalam pengambilan keputusan atau tindakan sebagai solusi suatu permasalahan. Etika Bisnis juga mengajarkan beberapa manajemen yang perlu dilakukan untuk dapat membuat kode etik yang menjadi panduan suatu perusahaan dalam menjalankan bisnis yang berperikemanusiaan dan sesuai dengan norma yang ada.

Manajemen secara sadar ataupun tidak sadar menjadi salah satu hal yang berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Pada bidang yang saya tekuni, manajemen diperlukan sebagai panduan untuk pengelolaan baik sarana, prasarana, dan sumber daya manusia. Contohnya saja pada berbagai pengelolaan yang terjadi di dunia kefarmasian, seperti di Rumah Sakit, Apotek, Industri obat-obatan, dan Pedagang Besar Farmasi sebagai distributor obat. Dengan adanya manajemen, sistem yang ada dalam suatu komunitas atau instansi ataupun perusahaan dapat berjalan dengan baik, tertata, dan terstruktur. Jika tidak ada manajemen, suatu komunitas atau instansi ataupun perusahaan tidak dapat berkembang dan pasti akan hancur dengan sendirinya karena tidak ada sistem yang menentukan bagaimana pola yang seharusnya dijalankan.

 
 
Yohana Mutiara Sakti
ymutiara94@gmail.com / 081215775641
Testimonial :: Magister Manajemen USD

Tempat asal: Karanganyar

Pengalaman selama belajar di MM USD: Pengetahuan dan wawasan menjadi lebih luas, karena belajar di MM tidak hanya belajar dengan teman seangkatan, namun juga dengan teman yang sudah merasakan dunia kerja. Kenapa saya pilih belajar di MM karena ingin tahu tentang dunia manajemen.

 
 
Clara Dewi Anggraeni
claradewianggraeni@hotmail.co.id / 081392709701
Testimonial :: Magister Manajemen USD

Tempat asal: Tangerang Selatan

Pengalaman selama belajar di MM USD adalah di MM USD saya mengikuti etika bisnis. Saya tertarik dengan mata kuliah ini karena saya rasa hal ini penting untuk saya terapkan di dunia kerja ke depannya terutama saya akan bekerja di bidang kesehatan yang sangat memerlukan ketajaman kemampuan dan di satu sisi nurani yang hidup. Etika bisnis dapat membantu saya memahami dan mengambil keputusan saya ke depannya tentang baik dan buruknya resiko yang akan saya hadapi demi menjaga integrasi saya sebagai pribadi. Pengalaman di kelas saya rasa sangat menyenangkan, penyampaian materi sangat menarik dan tidak membosankan. Saya akui memahami etika tidak semudah memahami logika tapi saya merasa dibimbing dengan baik oleh Romo Haryatmoko dengan contoh-contoh dan kasus analisis yang membuka sudut pandang dan memilih cara yang paling tepat, yang terpenting apa yang saya dapatkan dapat saya aplikasikan ke depannya.

 
 
Hal.  5 
© 2018 - Magister Manajemen - Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta