Magister Manajemen

Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma

<< WEB FAKULTAS

PROFILE

PESAN PENGELOLA PROGRAM MM USD
Dr. Titus O. Kusumajati, MA.Selamat datang di Program Magister Manajemen, Universitas Sanata Dharma.

Dalam era kemajuan yang pesat di berbagai bidang, organisasi pemerintah maupun swasta menghadapi tantangan yang semakin kompleks. Oleh karena itu, dibutuhkan para profesional yang memiliki kemampuan managerial dan kepemimpinan yang inovatif, profesional, unggul dan humanis. Universitas Sanata Dharma (USD) sebagai lembaga pendidikan yang memiliki pengalaman dan sumber daya yang kuat, berkomitmen untuk merespons kebutuhan tersebut dengan menawarkan Program Magister Manajemen USD (MM USD) yang memberikan kesempatan kepada lulusan S1 untuk memperoleh pendidikan profesional. Dalam program ini, para peserta akan dididik untuk menjadi pemimpin yang mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan bisnis yang dinamis, sehingga mampu memberikan kontribusi positif bagi organisasi dan masyarakat.

Salah satu tujuan utama Program Magister Manajemen Universitas Sanata Dharma (MM USD) adalah untuk menjadi sekolah bisnis yang unggul dan humanis dalam mengembangkan pengetahuan manajemen dan mendidik mahasiswa menjadi middle manager/leader yang inovatif, kreatif, dan profesional dalam mengelola organisasi bisnis, pemerintahan, dan sosial. Keunggulan MM USD terletak pada kekhasan yang didesain secara khusus untuk memasukkan etika bisnis sebagai unsur utama dalam setiap aktivitasnya, sehingga dapat memberikan kontribusi yang signifikan dan melengkapi kesenjangan yang ada di antara ratusan program magister manajemen di Indonesia. Selain itu, Prodi MM USD terintegrasi dengan lebih dari 100 sekolah bisnis Jesuit di seluruh dunia melalui International Association of Jesuit Business School (IAJBS), yang mempersiapkan lulusannya untuk mampu bersaing di era disruptive dan persaingan bisnis global yang semakin intens. Selama pandemi COVID-19, Prodi MM USD telah terbukti dapat menyelenggarakan kegiatan belajar-mengajar secara online melalui Learning Management System (LMS) USD di laman belajar.usd.ac.id.

Program Magister Manajemen Universitas Sanata Dharma (MM USD) diselenggarakan di Kampus II USD, tepatnya di Heritage Realino Mrican. Program ini didukung oleh tenaga pengajar yang terdiri dari praktisi bisnis, non-bisnis, kependidikan, pemerintah, dan organisasi sosial kemasyarakatan, serta dosen tamu dari Perguruan Tinggi anggota IAJBS. Prodi MM USD menawarkan tiga program, yaitu Professional Regular Program (PRP), School Management and Leadership (SML), dan Magister Management in International Tourism (MMIT). Para mahasiswa akan dididik para tenaga pengajar yang profesional, sehingga dapat mempersiapkan diri untuk menjadi pemimpin dan manajer yang handal.

Professional Regular Program (PRP) adalah program pendidikan khusus yang ditawarkan oleh Program Magister Manajemen USD (MM USD) untuk mencetak pemimpin dan manajer menengah yang inovatif, kreatif, dan profesional dalam mengelola organisasi bisnis, pemerintah, dan sosial. Tujuan utamanya adalah memandirikan organisasi demi terwujudnya kesejahteraan bersama. PRP menawarkan lima konsentrasi studi, yaitu Microfinance, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Akuntansi Manajemen. Dengan mengikuti PRP, para mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin dan manajer yang kompeten di berbagai bidang, dan siap untuk menghadapi tantangan di era globalisasi dan persaingan bisnis yang semakin ketat.

Program School Management and Leadership (SML) ditujukan khusus bagi para pimpinan sekolah, pengelola lembaga pendidikan, dan aktivis pendidikan. Dikembangkan melalui kolaborasi antara Fakultas Ekonomi dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, program ini bertujuan mempersiapkan peserta dengan pengetahuan dan keterampilan kepemimpinan yang dibutuhkan untuk mengelola sekolah dan lembaga pendidikan secara efektif dan efisien. Para peserta akan belajar tentang manajemen sekolah, kepemimpinan, pengembangan staf, manajemen sumber daya, dan lainnya. SML diharapkan dapat menghasilkan para pemimpin pendidikan yang visioner, inovatif, dan mampu menciptakan perubahan positif di bidang pendidikan.

Program Magister Management in International Tourism (MMIT) ditujukan khusus bagi para professional/calon professional di industri pariwisata yang ingin meningkatkan penguasaan ilmu manajemen dan keterampilan manajerial mereka. Program ini mengkombinasikan teori dan praktik dalam pengelolaan pariwisata global, dan menawarkan kesempatan untuk mempelajari tentang berbagai aspek dalam industri pariwisata. Seluruh perkuliahan dalam program ini disampaikan dalam Bahasa Inggris untuk mempersiapkan peserta dalam lingkungan bisnis pariwisata yang semakin global. Para peserta diharapkan dapat menjadi pemimpin masa depan dalam industri pariwisata yang lebih inovatif dan berkelanjutan.

Kami sangat bersyukur atas kepercayaan Pemerintah melalui Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 380/E/O/2013 pada tanggal 10 September 2013 yang telahmemberikan izin penyelenggaraan Magister Manajemen (S2) di Universitas Sanata Dharma. Selain itu, Prodi MM USD juga memperoleh hasil akreditasi Baik Sekali berdasarkan Surat Keputusan Perkumpulan Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi Nomor: 096/DE/A.5/AR.10/XII/2022 tertanggal 22 Desember 2022. Hasil akreditasi ini menunjukkan kepercayaan pemerintah dan masyarakat terhadap Prodi MM USD serta menjadi bentuk akuntabilitas kepada publik.

Dengan hasil akreditasi Baik Sekali, semua pihak yang terlibat dalam Prodi MM USD dapat melangkah lebih maju lagi dengan berbagai macam inovasi dan kolaborasi yang akan memberikan dampak nyata bagi masyarakat melalui pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pembelajaran di program ini menggabungkan studi teori, studi kasus, dan kajian lapangan melalui kegiatan mandiri, diskusi, dan seminar langsung yang dipimpin oleh para dosen, dengan bantuan sistem manajemen pembelajaran (LMS) dan teknologi informasi yang unggul di Universitas Sanata Dharma. Diharapkan, program inovatif ini akan menghasilkan lulusan yang menjadi pionir Fakultas Ekonomi USD, yaitu menjadi middle manager/leader yang profesional dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat, sektor swasta, dan pemerintah.

Dr. Titus Odong Kusumajati, MA
Pengelola Program Magister Manajemen
Universitas Sanata Dharma

 

 

© 2024 - Magister Manajemen - Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta