Magister Manajemen

Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma

<< WEB FAKULTAS

BERITA

MAGISTER MANAJEMEN USD: Kiprah Mahasiswa MM USD di International Conference IICIES VII
12 August 2015
MAGISTER MANAJEMEN USD: Kiprah Mahasiswa MM USD di International Conference IICIES VII  :: Magister Manajemen

Delegasi MM USD: Felix Dyan dan Liendah F. Oktavia - Batch I MM USD, berhasil membuktikan kapasitas akademik dan risetnya dalam presentasinya di forum internasional yang prestisius:  The 7th Indonesia International Conference on Innovation, Entrepreneurship, and Small Business (IICIES) tanggal 4 -6 Agustus 2015, di Bandung.

IICIES merupakan  konferensi internasional  yang mempertemukan para akademisi, peneliti dari berbagai Universitas dan praktisi bisnis. Pertemuan ilmiah internasional ini sangat menarik. "Bukan hanya pengalaman baru saja yang didapatkan tetapi bertemu dengan berbagai akademisi, peneliti dan praktisi bisnis menambah wawasan dan kesempatan untuk menjalin networking baru dan lebih luas."

Felix menceritakan bahwa acara tersebut diikuti oleh mahasiswa S 2 dan S 3 dari berbagai Universitas di antaranya: Univ. Padjajaran, Institut Teknologi Bandung, Binus, Univ. Bakri dan lain-lain. Hadir juga beberapa praktisi bisnis dari beberapa bidang bisnis dan para peneliti profesional dari berbagai negara. Beberapa pembicara utama (keynote speakers) seperti dari Yamaguchi University (Japan), Google Inc, Profesor of Barkeley (USA), University of Ulster (UK), Halal Club (Belgium), The Tech Garden (USA) dan lain-lain sungguh sangat inspiratif.

Konferensi dibagi menjadi dua bagian yaitu plenary seasons dan pararel sesions. Plennary seasons merupakan kesempayan bagi  keynote speakers untuk mempresentasikan papernya. Selanjutnya para partisipan konferensi internasional melakukan presentasi paper (penelitiannya) sesuai dengan tema masing-masing (pararel season) dan dibagi dalam beberapa ruang seminar. Bagi para peserta bisa menjadi audience dengan memilih tema (klaster) seminar yang diinginkan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh panitia penyelenggara. Dengan demikian partisipan juga dapat mengikuti secara aktif presentasi dari peserta yang lain. Felix dan Lindah menyatakan memperoleh banyak pengetahuan dari para peneliti lain. Sebab setiap presentor berdasarkan hasil penelitiannya memberikan pengetahuan dan pengalaman suatu hal yang sangat menarik. Lebih-lebih selain presentasi ada sesi  tanya-jawab yang terbuka bagi siapapun peserta konferensi.

Felix dan Lindapun menjumpai ada beragam penelitian yang dipresentasikan, mulai dari penelitian tentang hal-hal yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari, misalnya penelitian tentang pengelolaan bisnis pedagang kaki lima (UKM) sampai dengan penelitian bisnis property, dan lain-lain.  Lalu ada penelitian terkait penggemar musik Tulus berdasarkan berbagai aspek, penelitian minat pembelian helm apakah berdasarkan utilitarian function, hedonic atau symbolic, penelitian perilaku pembelian untuk produk batik, hingga penelitian tentang pemanfaatan sosial media untuk media promosi daerah tujuan wisata. Dan masih banyak lagi presentasi penelitian dengan berbagai macam judul yang bisa kita ikuti.  Setiap penelitian juga menampilkan berbagai macam metode penelitian yang berbeda-beda sesuai kebutuhan penelitian itu sendiri. Tentu saja semua penelitian tetap berpedoman pada isu utama yaitu: inovation, entrepreunership and small business.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya (29 Juli 2015), mengenai kiprah mahasiswa MM USD dalam The 7th Indonesia International Conference on Innovation, Entrepreneurship, and Small Business (IICIES) sungguh berhasil dilaksanakan oleh delegasi MM USD yakni Felix dan Lindah. Mereka mempresentasikan paper berjudul “The Effects of Negative Incentives, Positive Incentives, and Consumer Charaterisrics on Digital Music Piracy.” Presentasi mereka mendapat sambutan menarik dari peserta konferensi dibuktikan dengan berbagai pertanyaan dan tanggapan yang muncul seperti terlihat pada gambar di bawah. "Visual talks better" - beberapa gambar mendeskripsikan kiprah Felix dan LIendah --  "Luar Biasa!" yang mereka katakan setelah kembali ke Jogja.. Last, GOOD JOB! Awal yang baik, terbuka kesempatan bagi setiap mahasiswa dan dosen MM berkiprah di forum-forum ilmiah internasional. VIVA MM USD!

 

 

Acara pembukaan oleh Bapak Dwi Larso , PhD (IICIES Conferenece Chair)

 

 

Para Presenter Utama (Keynote Speakers)

 

 

Felix dan Liendah Nampang Dulu Sebelum Acara Dimulai (keren juga nich red.)

 

 Presentasi dan sesi Tanya jawab (meyakinkan red.)

 

Written by : Ipo MM USD

hal. 1  ...  22  23  24  25  
© 2024 - Magister Manajemen - Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta