Magister Manajemen

Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma

<< WEB FAKULTAS

BERITA

MM USD: Partisipasi Mahasiswa MM USD dalam Forum International IICIES VII
29 July 2015
MM USD: Partisipasi Mahasiswa MM USD dalam Forum International IICIES VII  :: Magister Manajemen

Ditemui Rabu 29 Juli 2015 di kantor Magister Manajemen USD, Felix Dyan Aristianto menceritakan persiapan partisipasinya dalam Forum Indonesia International Conference on Innovation, Enterpreneurship & Small (IICIES) VII. Forum Ilmiah tersebut akan berlangsung  pada tanggal 4 -6 Agustus 2015 di School of Bussiness & management ITB. Felix bersama Liendah F. Oktavia yang sama-sama mahasiswa MM USD Angkatan I sebagai salah satu pemakalah. Felix mengatakan bahwa Indonesia International Conference on Innovation adalah semi internasional forum karena akan dihadiri oleh akademisi, peneliti dan mahasiswa dari beberapa negara se-Asia Tenggara.

Felix dan Liendah akan memperesentasikan bagian dari thesis mereka yang mengkangkat topik pembajakan musik di Indonesia. Penelitian yang dilakukan dibawah bimbingan ibu Ike Janita Dewi, SE., MBA., Ph.D. Sampai sejauh ini Felix mengatakan bahwa timnya siap mempresentasikan temuannya tersebut. Penelitian tersebut di latar belakangi oleh maraknya pembajakan dunia musik dan pemasukan penjualan kaset dan CD hanya 4,5 triliun per 2013 (menurut data kompas). Hal ini diperkuat dengan data dari Asosiasi rekaman Indonesia 2008 penjualan hanya 10 juta kaset dan CD di indonesia. Ironisnya download illegal terjadi 10 juta kali per hari di tahun 2011 sedangkan penegakan hukum tentang hak cipta masih belum begitu kuat. Pada bagian presentasinya yang merupakan temuan risetnya terdapat 6 hipotesis yakni insentif positif, insentif negatif, karakteristik, materialisme, kesadaran, serta sikap untuk membantu mengetahui pengaruh dari adanya illegal downloading.

Felix menceritakan tentang mengapa dirinya tertarik untuk mengikuti IICIES karena 4 alasan menarik. Pertama adalah karena ia akan mendapatkan hal baru dan wawasan baru, kedua karena ia bukan lagi akan melakukan presentasi dihadapan dosen dan teman-teman mahasiswa di kampus tetapi sudah memasuki lingkup luar kampus, menggunakan bahasa inggris dengan audience dari negara-negara lain. Alasan ketiga adalah karena kesempatan mendapatkan kenalan baru, utamanya jika dapat menjalin relasi (network) dengan banyak pihak tentu akan sangat menguntungkan.

Pada bagian akhir  Felix menyampaikan harapannya terhadap mahasiswa MM USD lainnya, "Saya berharap next time MM USD bukan lagi hanya mengirim menjadi partisipan saja tetapi kalau bisa juga menjadi tuan rumah… karena manfaatnya pasti dapat dirasakan lebih luas." (ipo)

hal. 1  ...  16  17  18  19  
© 2019 - Magister Manajemen - Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta