Magister Manajemen

Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma

<< WEB FAKULTAS

BERITA

MM USD: Diskusi Mengenai Pengembangan MM USD dan Pengalaman di SAUT
24 July 2015
MM USD: Diskusi Mengenai Pengembangan MM USD dan Pengalaman di SAUT :: Magister Manajemen

Pada hari Rabu, 22 Juli 2015 Rev. Fr. James J. Spillane, SJ,MA, Ph.D. berkunjung ke kantor Magister Management Universitas Sanata Dharma dalam rangka berdiskusi mengenai pengembangan MM dan berbagi pengalaman di Saint Augustine University of Tanzania (SAUT). Diskusi tersebut berlangsung santai dan menarik dihadiri beberapa dosen MM USD, yakni ibu Ike J. Dewi, bapak A. Triwanggono, ibu Fr. Ninik Yudianti dan bapak Drs.T.Handono Eko Prabowo, MBA, Ph.D. Di tengah kunjungan ke Indonesia ia akan memberikan materi 2 Sesi di PRA MM dan sebagai keynote speaker pada Diskuis Ilmiah di MM USD tanggal 12 September 2015.

Seperti diketahui Romo Spillane panggilan akrabnya merupakan salah satu dosen tetap di MM USD. Namun mulai 11 Januari 2010 beliau mendapat tugas dari Provinsial Jesuit untuk berkarya di Tanzania. Di Tanzania lebih tepatnya di SAUT (St. Augustine University of Tanzania) yang merupakan wilayah  Mwanza, Romo James dengan segala keterbatasan dan ketekunan yang luar biasa, ia telah berhasil merintis didirikannya Faculty of Business Administration dengan Study Program Department of Tourism and Hospitality Management. Perlu diketahui SAUT merupakan universitas ke dua di Mwanza yang berdiri sejak tahun 2002. Tanzania yang memiliki bahasa nasional Kiswahili atau Swahili, negara cantik yang terletak di Afrika bagian Timur, beriklim tropis, memiliki penduduk 51,25 juta (2015) dengan sangat sedikit jumlah perguruan tinggi baik negeri maupun swastanya.

Romo Spillane berpengalaman luas dalam bidang ekonomi, pariwisata dan pendidikan. Beliau pernah mengajar di beberapa universitas termasuk tugas di Irak, Jamaika, Iran, Kolombia, Korea, Amerika Serikat dan Indonesia. Beliau juga pernah mengajar Ekonomi di Gregorian University di Roma, Italia, kemudian di UGM dan Universitas Sanata Dharma. Latar beIakang pendidikannya, ia memperoleh gelar B.S. dalam bidang sastra dan Matematika dari Boston College (1964 dan 1966), Ph.D di Internasional Ekonomi dari New York University (1972) dan M. Div nya. dari Weston Sekolah Teologi di Cambridge, Mass. USA (1976). Ia telah menulis artikel dan buku dalam bahasa Inggris dan Indonesia tentang nilai-nilai ekonomi internasional,  pendidikan, etika bisnis dan peran pariwisata dalam perekonomian Indonesia. Hasil karya yang merupakan kerjasama dengan mahasiswa diantaranya adalah buku ilmiah Ekonomi Pariwisata, Ekonomi Regional, Ekonomi Komoditi Karet, Ekonomi Komoditi Kopi, Ekonomi Teh, Ekonomi Komoditi Kakao, Metodologi Penelitian Bisnis, Manajemen Profesional Biro Perjalanan Wisata dan Ekonomi Farmasi. (ipo) 

hal. 1  ...  16  17  18  19  
© 2019 - Magister Manajemen - Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta